27.1 C
Padang
Tuesday, October 27, 2020

Gugatan Pasangan Asyirwan-Ilson Terdaftar di Mahkamah Konstitusi

Sarilamak – Gugatan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Sumatera Barat (Sumbar) Asyirwan Yunus-Ilson Cong sudah terdaftar Mahkamah Konstitusi.

Informasi yang disiarkan pada website Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan gugatan itu telah terdaftar pada Senin (4/1) dengan nomor perkara 7-PHP-BUP-XIV-2016.

Inti permohonan pasangan tersebut adalah meminta majelis hakim MK membatalkan keputusan KPU Limapuluh Kota Nomor: 88/BA/XII/2015 tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara yang ditetapkan pada 16 Desember 2015 dan keputusan KPU Nomor: 118 tahun 2015 tentang penetapan hasil penghitungan suara hasil pemilihan bupati dan wakil bupati setempat 2015.

Pasangan tersebut juga menuding perolehan suara pasangan nomor urut satu Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan diperoleh dengan cara-cara yang melanggar undang-undang serta melanggar asas-asas pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang langsung, umum, bebas, dan rahasia (luber) serta jujur dan adil (Jurdil).

Pasangan itu juga menganggap pasangan nomor urut satu secara administrasi tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati.

Terakhir, pasangan nomor urut dua itu menuding pasangan nomor urut satu melakukan kampanye dengan cara mengajak masyarakat makan bersama di Makam Pahlawan Kecamatan Situjuah Limo Nagari serta memberi pakain seragam kepada anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa kecamatan, yakni Lareh Sago Halaban, Guguak, Situjuah, Luhak dan Payakumbuh.

Dalam permohonan itu, Asyirwan Yunus-Ilson Cong meminta MK menyatakan diskualifikasi terhadap pasangan Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan.

Ketua KPU Limapuluh Kota Ismet Aldjannata di Tanjung Pati, Senin, mengatakan pihaknya mengaku siap menghadapi gugatan itu.

“Intinya, seluruh tahapan pilkada sudah dilaksanakan dengan baik, termasuk masalah surat dukungan PPP pimpinan Djan Faridz sudah kami lakukan konfirmasi ke pengurus Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPP pimpinan Djan Faridz di Sumbar,” kata dia.

Menurutnya, tidak ada keharusan KPU melakukan klarifikasi Pimpinan Pusat PPP kubu Djan Faridz, karena rekomendasi yang dikeluarkan pengurus DPW PPP pimpinan Djan Faridz Sumbar sudah memberi rekomendasi dukungan untuk pasangan Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan.

“Tapi yang jelas, KPU sudah mempersiapkan bahan bersama pengacara untuk menghadapi gugatan yang diajukan pasangan Asyirwan Yunus-Ilson Cong tersebut,” kata dia.

Salah seorang warga Limapuluh Kota Beni menilai motto “pilkada badunsanak” yang diikrarkan semua pasangan calon belum terlaksana dengan baik, hal itu terbukti pasangan yang kalah belum dapat menerima hasil pilkada tersebut dengan baik. (Ant/Oleh M R Denya Utama)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Para Pengemudi Layanan “Maxim” di Padang Mendonorkan Darah untuk Palang Merah Indonesia

Padang,- Pada tangga 24 Oktober, sekitar 15 pengemudi layanan dan puluhan masyarakat yang peduli di kota ini telah mengisi bank persediaan darah...

Identitas Korban Yang Ditemukan Di Jurang Dekat Jembatan Layang Kelok 9 Terungkap

Limapuluh Kota,- Sempat digegerkan dengan penemuat mayat tanpa identitas di dasar jurang jembatan layang kelok sembilan pada Minggu 25/10 sore,akhirnya pihak berwajib...

KONI Kota Payakumbuh Dan UNP Jalin Kemitraan Pembinaan Atlit

Payakumbuh,- Berolahraga menjadi hal yang penting dan harus dilakukan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Karena aktivitas olah raga dapat meningkatkan kebugaran dan...

Diusung PKS, Sultani Hadiri Wirid Yasinan Pagaruyung

Calon wakil bupati H. Sultani S.Pt yang diusung serta sekaligus kader PKS, turut hadiri wirid yasinan bersama masyarakat pagaruyung pada sabtu (...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Cuaca Ekstrim, Pemko Tata Pohon Pelindung Yang Berpotensi Tumbang Dan Patah

Payakumbuh --- Petugas kebersihan dinas lingkungan hidup Kota Payakumbuh tampak membenahi beberapa pohon pelindung yang ada di sepanjang Jalan Soekarno Hatta. Upaya...

Menteri PPN Soroti Ketersediaan Air Bersih di Pulau Jawa Pada Acara International Workshop on Coastal Reservoir

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas menjadi narasumber dalam acara International Workshop on Coastal Reservoir: “Water Availabilty, Coastal Security and Sustainability” yang...

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...

Sekolah Online Ditengah Pandemi, Masyarakat Sungai Salak Tanjung Emas Terhalang Jaringan

Tanah Datar,- Wabah virus covid 19 masih terasa efeknya hingga saat ini, bahkan kepelosok desa/ nagari sekalipun. Ditengah kasus...
- Advertisement -