24 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Gugatan Pasangan Asyirwan-Ilson Terdaftar di Mahkamah Konstitusi
G

Kategori -

Sarilamak – Gugatan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Sumatera Barat (Sumbar) Asyirwan Yunus-Ilson Cong sudah terdaftar Mahkamah Konstitusi.

Informasi yang disiarkan pada website Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan gugatan itu telah terdaftar pada Senin (4/1) dengan nomor perkara 7-PHP-BUP-XIV-2016.

Inti permohonan pasangan tersebut adalah meminta majelis hakim MK membatalkan keputusan KPU Limapuluh Kota Nomor: 88/BA/XII/2015 tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara yang ditetapkan pada 16 Desember 2015 dan keputusan KPU Nomor: 118 tahun 2015 tentang penetapan hasil penghitungan suara hasil pemilihan bupati dan wakil bupati setempat 2015.

Pasangan tersebut juga menuding perolehan suara pasangan nomor urut satu Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan diperoleh dengan cara-cara yang melanggar undang-undang serta melanggar asas-asas pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang langsung, umum, bebas, dan rahasia (luber) serta jujur dan adil (Jurdil).

Pasangan itu juga menganggap pasangan nomor urut satu secara administrasi tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati.

Terakhir, pasangan nomor urut dua itu menuding pasangan nomor urut satu melakukan kampanye dengan cara mengajak masyarakat makan bersama di Makam Pahlawan Kecamatan Situjuah Limo Nagari serta memberi pakain seragam kepada anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa kecamatan, yakni Lareh Sago Halaban, Guguak, Situjuah, Luhak dan Payakumbuh.

Dalam permohonan itu, Asyirwan Yunus-Ilson Cong meminta MK menyatakan diskualifikasi terhadap pasangan Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan.

Ketua KPU Limapuluh Kota Ismet Aldjannata di Tanjung Pati, Senin, mengatakan pihaknya mengaku siap menghadapi gugatan itu.

“Intinya, seluruh tahapan pilkada sudah dilaksanakan dengan baik, termasuk masalah surat dukungan PPP pimpinan Djan Faridz sudah kami lakukan konfirmasi ke pengurus Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPP pimpinan Djan Faridz di Sumbar,” kata dia.

Menurutnya, tidak ada keharusan KPU melakukan klarifikasi Pimpinan Pusat PPP kubu Djan Faridz, karena rekomendasi yang dikeluarkan pengurus DPW PPP pimpinan Djan Faridz Sumbar sudah memberi rekomendasi dukungan untuk pasangan Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan.

“Tapi yang jelas, KPU sudah mempersiapkan bahan bersama pengacara untuk menghadapi gugatan yang diajukan pasangan Asyirwan Yunus-Ilson Cong tersebut,” kata dia.

Salah seorang warga Limapuluh Kota Beni menilai motto “pilkada badunsanak” yang diikrarkan semua pasangan calon belum terlaksana dengan baik, hal itu terbukti pasangan yang kalah belum dapat menerima hasil pilkada tersebut dengan baik. (Ant/Oleh M R Denya Utama)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.
- Advertisement -

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Buntut Tertangkapnya Pembunuh OK, Warga Tanjung Gadang Datangi Mapolres

Buntut dari penangkapan tersangka pembunuhan Ok, Warga Nagari Tanjung Gadang mendatangi Mapolres Sijunjung, Rabu (20/1).
- Advertisement -

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Pembelajaran Tatap Muka Di Kabupaten Sijunjung Berjalan Lancar

Proses belajar tatap muka berjalan lancar, di Kabupaten Sijunjung sampai saat ini. Pelaksanaan dilapangan dengan sistem 50 persen anak yang masuk ke dalam kelas, dengan bergantian hari.Pokoknya kita patuhi protokol kesehatan secara ketat dan baik untuk menjaga kelangsungan proses pembelajaran berjalan sesuai harapan kita bersama, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Ramler,SH.MM, diruang kerjanya, Senen (25/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.
- Advertisement -