24 C
Padang
Rabu, September 29, 2021
Beritasumbar.com

Fakultas Pertanian Unand Bangun Kawasan Konservasi Bunga Bangkai di Tilatang Kamang Kabupaten Agam
F

Oleh : Ryan Budi Setiawan, SP, M.Si
Dosen Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Andalas

Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum Becc.) merupakan spesies bunga terbesar di dunia dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 2 meter dengan diameter lebih dari 1 meter.

Spesies  ini  endemik yang hanya ditemukan di Indonesia dan ditemukan pertama kali oleh Ilmuwan asal Italia bernama Odoardo Becchari pada tahun 1878 di kawasan hutan Lembah Anai Provinsi Sumatera Barat. Data dari Redlist IUCN (International Union for Conservation of Nature) tahun  2020 melaporkan populasi bunga bangkai terus mengalami penurunan. Berdasarkan peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018, dilaporkan bunga bangkai termasuk ke dalam flora yang dilindungi karena rentan terhadap kepunahan

Banyak faktor yang menyebabkan kelangkaan tumbuhan ini diantaranya : Eksploitasi umbi untuk dijual sebagai bahan pangan atau dijadikan koleksi penghobi tanaman langka, Deforestasi akibat pembukaan lahan untuk perkebunan dan pemukiman, umbi dirusak oleh binatang,  dan perburuan burung rangkok yang bertugas untuk menyebarkan benih di alam.

Oleh karena itu upaya pencegahan penurunan populasi harus dilakukan untuk melestarikan tanaman ini baik secara insitu maupun exsitu dengan membangun kawasan penanaman bunga bangkai.

Sejak 2 tahun terakhir Penulis dan Tim Dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas telah melakukan penelitian untuk perbanyakan bunga bangkai baik menggunakan metode konvensional melalui perkecambahan, setek batang, setek rachis dan menggunakan metode kultur Invitro

Saat ini penulis dan Tim peneliti dari Dosen dan Mahasiswa telah berhasil menemukan metode perbanyakan untuk konservasi bunga bangkai secara efektif dan efisien. 

“Keberhasilan perbanyakan bibit ini memberikan angin segar dalam upaya pelestarian bunga bangkai, kedepan bibit bunga bangkai yang telah kami perbanyak akan ditanam dialam untuk konservasi jangka panjang”, Ungkap Prof Aswaldi Anwar yang merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Benih di Faperta Unand.

“Saat ini kami telah bekerja sama dengan Pemerintahan Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam untuk mengembangkan kawasan Agroekowisata berbasis konservasi bunga bangkai sebagai upaya pelestarian flora langka ini”, tambah Beliau.

 Ade Harlien selaku Camat di Kecamatan Tilatang Kamang menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh tim Faperta Unand ini.

“Fakultas Pertanian Unand telah menjalin kerjasama dengan Kecamatan Tilatang Kamang sejak satu tahun terakhir. Kami selaku Camat sangat senang dan terbuka dengan program pengabdian yang digagas oleh Faperta Unand. Kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan memberikan dampak positif terhadap pertanian,  lingkungan dan perekonomian masyarakat dimasa mendatang”, ungkap Beliau

Dalam rangka diseminasi Iptek hasil riset maka pada tanggal 14 Agustus 2021 tim peneliti telah menyerahkan dan menanam sekitar 100 bibit bunga bangkai berumur 6 bulan di Kecamatan Tilatang Kamang

“Kami berharap konservasi ini berhasil dan  dapat tumbuh dengan baik sehingga kita bisa menikmati mekar bunganya beberapa tahun lagi. Target jangka panjang kami Kecamaran Tilatang Kamang menjadi Daerah Agroekowisata yang terus berkembang” Ujar Afrima Sari seorang dosen muda di Faperta Unand”

Prof Zulfadly Syarif yang merupakan Guru Besar di Bidang Hortikultura di Faperta Unand mengatakan Konservasi yang dipadukan dengan konsep Agroekowisata tidak hanya bertujuan untuk melestarikan bunga bangkai, namun juga menjadi sarana edukasi untuk masyarakat, pelajar, mahasiswa dan peneliti, Menambah kawasan wisata untuk meningkatkan wisatawan dan pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan masyarakat.

” Kami ingin kawasan ini menjadi objek percontohan untuk Konservasi bunga bangkai dan berharap dapat membangun kawasan konservasi bunga bangkai di daerah lain di Sumatera Barat. Bunga Bangkai harusnya menjadi icon unik Sumatera Barat mengingat Spesies ini pertama kali ditemukan di Sumatera Barat. Jika Bengkulu terkenal dengan Rafflesia arnoldii nya, lantas kenapa Sumatera Barat tidak “membranding” Bunga Bangkai ini sebagai salah satu flora identitas daerah?”, ujar Beliau

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lapas Sijunjung Gelar Simulasi Cegah kebakaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mencegah terjadinya kebakaran Jajaran Lembaga Permasyarakatan Kelas ll B Muaro Sijunjung bekerjasama dengan Dinas Damkar setempat melakukan simulasi memadamkan kebakaran di...
- Advertisement -

LPPKI Selenggarakan Legal Training Buat Insan Perbankan

Solok -BeritaSumbar.com,-Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) menyelenggarakan Legal Training buat insan Perbankan yaitu Bank Prekreditan Rakyat (BPR) yang diikuti oleh perwakilan BPR se Kota dan Kabupaten Solok serta Solok Selatan yang diadakan di hotel Taufina Kota Solok, pada Kamis 23 September 2021.

Minang Diaspora Bantu Sembako Korban Kebakaran Pasar Baso

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Minang Diaspora memberikan bantuan sembako kepada korban kebakaran Pasar Baso, Kabupaten Agam, Jumat sore (24/9/2021). Bantuan sembako langsung diserahkan Wakil Bendahara Minang...
- Advertisement -

Kiat Melawan Hoaks Dikupas Tajam di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com — Machroni Kusuma, Founder Berita Indonesia Link menjelaskan cara membedakan hoaks atau bukan diantaranya sumber berita yang tidak jelas, disain yang aneh, bahasa yang provokatif, diminta untuk viralkan dan banyak tanda seru dan huruf besar.

LPPKI Selenggarakan Legal Training Buat Insan Perbankan

Solok -BeritaSumbar.com,-Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) menyelenggarakan Legal Training buat insan Perbankan yaitu Bank Prekreditan Rakyat (BPR) yang diikuti oleh perwakilan BPR se Kota dan Kabupaten Solok serta Solok Selatan yang diadakan di hotel Taufina Kota Solok, pada Kamis 23 September 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Edukasi Universal Precaution Pada Masyarakat Oleh Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Sejak kemunculan infeksi coronavirus novel (2019-nCoV) pada bulan Desember tahun 2019 di Wuhan, infeksi ini menyebar dengan cepat ke seluruh Cina dan banyak negara lain. Penyakit 2019-nCoV dan telah menjadi masalah kesehatan global utama di dunia

Minang Diaspora Bantu Sembako Korban Kebakaran Pasar Baso

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Minang Diaspora memberikan bantuan sembako kepada korban kebakaran Pasar Baso, Kabupaten Agam, Jumat sore (24/9/2021). Bantuan sembako langsung diserahkan Wakil Bendahara Minang...

Kepala Disdikbud Agam Beberkan Manfaat Literasi Digital

Agam,BeritaSumbar.com, — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam, Isra menyebut literasi digital sebagai sarana mewariskan budaya.

Benarkah Masa Pandemi Covid-19 itu Ibarat Pisau Bermata Dua dan Berkah Bagi Sektor Pertanian” Kita ?

Berbicara tentang pandemi Covid-19, hampir pasti di semua kita langsung tersirat makna negatif setelah mendengar kata “Covid” tersebut. Padahal kenyataannya tidak. Masa pandemi Covid-19 ibaratkan seperti pisau bermata dua. Bagaimana tidak? Ingin tahu kenapa..padahal artikel ini akan kita kupas mengenai itu.

Literasi Digital di Agam, Ini Kata Kepsek SMAN 1 Palembayan

Agam,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Palembayan, Kabupaten Agam, Harpizon Astani menyebut kebebasan berekspresi yang termaktub dalam pasal 28 UUD 45 dan merupakan hak azasi manusia.

Cara Bijak Memaksimalkan Marketplace Online Dibahas di Agam

Agam,BeritaSumbar.com, — Pandemi membuat masyarakat membeli seluruh kebutuhannya melalui online di marketplace. Barang yang paling banyak dicari di e-commerce ialah, pakaian dan produk kecantikan, elektronik, serta travel dan akomodasi.

Jabatan Itu Amanah, Jangan Kau Minta Apalagi Beli

Rasulullah Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis melarang umatnya untuk meminta jabatan. Rasulullah juga enggan memberikan jabatan kepada orang yang meminta jabatan dan rakus.

Warga Agam Diminta Pahami Rekam Jejak Era Digital

Agam,BeritaSumbar.com, — Psikolog dan Dosen Universitas Presiden, Grace Amin membeberkan bahwa rekam jejak digital di internet berpotensi menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Dosen Unand Beri Pelatihan Teknik Relaksasi benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia

Dosen Universitas Andalas dari Fakultas Keperawatan, memberikan pelatihan tentang “Teknik Relaksasi Benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia” Kegiatan ini dilaksanakan di Panti jompo Wisma Cinta Kasih kota Padang. Dosen-dosen tersebut ialah Gusti Sumarsih Agoes, S.Kp, M.Biomed, Ns. Arif Rohman Mansur, M.Kep dan Ns. Windy Freska, M.Kep

Jangan Asal Klik di Internet, Ini Penjelasan Pakar Informatika Agam

Agam,BeritaSumbar.com, — Guru Informatika SMAN 1 Lubuk Basung, Wery Milasari, meminta masyarakat untuk tidak asal-asalan dalam membuka situs internet.
- Advertisement -