26 C
Padang
Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Fadli Zon wisuda S3 ilmu Pengetahuan Budaya di UI
F

Kategori -
- Advertisement -

Beritasumbar.com-Fadli Zon,Waketum Geridra yang juga Wakil ketua DPR RI akhirnya menyelesaikan program Doktor di fakultas ilmu pengetahuan budaya Universitas Indonesia.

Dalam disertasinya politisi Gerindra putra Luak Limopuluah ini mengambil tema ‘Sejarah Pemikiran Ekonomi Muhammad Hatta’, hal ini karena kekagumannya kepada tokoh proklamator bangsa tersebut.

Fadli mengaku, cukup berat langkahnya menempuh gelar doktor lantaran kepadatan waktu yang dijalani sebagai politisi partai. Sehingga, pada saat diwisuda ia tidak dapat meraih gelar cumlaude yang terkait dengan masa tempuh penyelesaian disertasi.

Saya sebenarnya agak termasuk yang terlambat menyelesaikan disertasi karena kesibukan politik, apalagi pada 2013 sampai 2014, jadi saya enggak maksimal. Walaupun IPK saya diatas 3,8,” katanya di Gedung Rektorat UI, Sabtu (27/8)kepada okezone.com.

Fadli meraih gelar S-1 dari UI, S-2 dari Inggris, dan S-3 dari UI.

“Ini tantangan bagi saya, karena saya ambil bidang sejarah. UI sangat ketat dalam absensi waktu tahun-tahun pertama harus di atas 70 persen, ini termasuk universitas terbaik dan saya sangat senang bisa berhasil menyelesaikan studi,” ucapnya.

Fadli menjelaskan, sebagai pejabat publik, sejarah pemikiran Bung Hatta menjadi tantangan. Menurutnya, pekerjaan pemerintah membenahi perekonomian masih panjang, belum lagi arah ekonomi yang semakin liberal.

“Karena semangat Bung Hatta, ekonomi kerakyatan sudah tertuang dalam konsititusi kita pasal 33. Bahkan sudah imperatif wajib dilakukan. Saya akan terapkan apa yang ada di disertasi ini dalam bidang politik ekonomi kebijakan yang memungkinkan apa yang menjadi pemikiran Bung Hatta bisa terealisasi. Ekonomi kita makin liberal makin banyak cabang-cabang produksi kita yang dikuasai asing, bukan untuk sebesar-besarnya rakyat,” pungkasnya

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img