25.5 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

F-Kep Unand Melakukan Program Kemitraan Masyarakat melalui Pemberdayaan Ibu dalam Deteksi dini Tumbuh Kembang Balita
F

Kategori -

Padang,-Kesehatan dan perkembangan anak merupakan salah tujuan pembangunan kesehatan dalam Sustainable Development Goals targets (SDGs) 2015. Gangguan pertumbuhan mempunyai hubungan yang kuat dengan angka kesakitan dan kematian pada anak usia dibawah 5 tahun, sementara keterlambatan perkembangan berhubungan dengan masalah psikososial, perkembangan intelektual dan kemampuan belajar.

Perawat memainkan peranan yang penting dalam memberikan program pelatihan terhadap orang tua untuk mempertahankan kesehatan dan perkembangan anak. Ibu merupakan bagian yang terpenting dalam pengasuhan anak. Saat ini masih banyak ibu-ibu yang belum mengetahui tentang tentang klasifikasi status gizi pada anak dan tentang pola perkembangan yang normal pada anak sesuai usia.

Berdasarkan hasil survey di Jorong Guguak Randah Nagari Guguak Tabek Sarojo, Ibu-ibu yang memiliki anak balita masih memiliki pengetahuan yang terbatas terkait deteksi dini pada pertumbuhan dan perkembangan anak serta stimulasi yang dapat dilakukan untuk merangsang perkembangan pada bayi balita mereka.

Kurangnya pengetahuan dan pemahaman serta ketrampilan ibu dalam melakukan deteksi dini terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, dapat berakibat pada gangguan kesehatan dan masalah perkembangan pada anak di kemudian hari. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu program pelatihan yang berkelanjutan kepada ibu-ibu yang memiliki balita tentang deteksi dan stimulasi tumbuh kembang anak. Program ini dapat dimulai dari melatih kader posyandu yang merupakan anggota masyarakat yang secara sukarela dalam menyelenggarakan kegiatan posyandu. 

Dengan diadakan pelatihan ini diharapkan kader memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang deteksi dini dan stimulasi tumbuh kembang anak sehingga dapat memotivasi ibu yang memiliki balita untuk membawa balita mereka ke Posyandu.

Program pelatihan tersebut menjadi bagian dari program kemitraan berbasis masyarakat tim dosen Fakultas Keperawatan Anak yang dilakukan oleh Hermalinda, Yanti Puspita Sari dan Arif Rahman Mansyur. Pada tahap awal program pelatihan tersebut dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas IV Koto Kabupaten Agam.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada hari: Minggu, tanggal 02 Agustus 2020 di posyandu melati. Kegiatan ini diikuti oleh 11 orang kader dan 11 orang ibu yang memiliki anak usia 1-3 tahun.  Kegiatan dimulai dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 12.30 WIB. Sebelum kegiatan dimulai, tim melakukan pre test untuk menilai pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang anak, deteksi dini dan stimulasi dini tumbuh kembang anak.

Setelah melakukan pre test, kegiatan pendidikan kesehatan dimulai dengan pemberian materi mengenai konsep tumbuh kembang pada anak, pemantuan tumbuh kembang pada anak dan deteksi dini tumbuh kembang anak. Setelah memberikan edukasi, tim pelaksana (narasumber) melakukan simulasi tentang pemantuan tumbuh kembang anak, mendampingi dan membimbing kader untuk melakukan deteksi dini tumbuh kembang kepada anak usia 1-3 tahun secara langsung dan memberikan edukasi kepada ibu untuk melakukan tindakan stimulasi tumbuh kembang anak. Setelah kegiatan dilaksanakan, tim melakukan evaluasi dengan memberikan kuesioner post test tentang pengetahuan, sikap dan tindakan deteksi dini tumbuh kembang anak.

Deteksi dini tumbuh kembang balita

Kegiatan ini ditutup pada pukul 12.30, dengan memberikan kenang-kenangan kepada posyandu berupa peralatan untuk deteksi dini tumbuh kembang anak (alat tersebut berupa timbangan dan alat skrining perkembangan anak). Program pelatihan tentang deteksi dini tumbuh kembang anak dapat terlaksana sesuai dengan perencanaan dan berjalan dengan lancar.

Kader dan ibu yang mempunyai anak usia 1-3 tahun, dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai dengan akhir dan memberikan umpan balik yang positif terhadap materi yang telah disampaikan narasumber. Hasil dari kegiatan seminar dapat dilihat sebagai bahwa terdapat peningkatan pengetahuan, sikap dan ketrampilan kader serta ibu yang mempunyai anak usia 1-3 tahun dalam deteksi dini tumbuh kembang anak.

Penulis: Hermalinda

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Santri Ponpes Al Jauhar IKHD Kota Duri Senang Ke Sentra IKM Randang Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini Kota Payakumbuh dengan brandingnya The City of Randang sudah menjadi bagian dari destinasi wisata bagi semua kalangan, baik berasal dari dalam maupun luar Sumatera Barat.
- Advertisement -

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.
- Advertisement -

Indonesia Records Rilis 3 Versi Lagu ‘Bahagia Untukmu’ dari Rara Zen, Luddy Roos, dan Nay X Zul

Indonesia Records akan mengukir sejarah baru di industri musik Indonesia. Label musik tersebut merilis lagu Bahagia Untukmu karya Bagus Aryanto, Musisi asal Kota Malang, Jawa Timur. Lagu tersebut dirilis secara serentak dalam 3 versi pada 23 April 2021 di platform YouTube dan digital musik stores.

Menjadi Ikon Basket Sumbar, Riza Falepi Berlaga Dengan Perbasi Kota Solok

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi dan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Payakumbuh dijamu Perbasi Kota Solok dalam pertandingan persahabatan yang digelar di Sport Centre Hall Indoor Kota Solok, Sabtu (3/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).

SIKOCI Helat Festival Mentari

Hari ini Selasa (6/4) sekitar pukul 10.00 WIB, Festival Mentari yang ditaja oleh Serikat Koreografer Cinta Indonesia (Sekoci) akan dibuka di Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Padang. Sepuluh koreografer muda Sumbar siap menampilkan karya terbaik mereka dalam iven tersebut

Boy Rafli Lakukan Orasi Kebangsaan di Malam Anugerah Padang TV Award 2021

Sumatera Barat dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kerukunan antar warganya. Agar selalu terjaga, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar diminta melakukan orasi kebangsaan untuk kemajuan Sumatera Barat saat menghadiri Malam Anugerah Padang Tv Award 2021 yang digelar pada Jumat, 26 Maret 2021 dari pukul 19.00 - 24.00 WIB di Ballroom - Hotel Pangeran Beach, Jalan Ir. H. Juanda No. 79, Padang.

Gema Keadilan Sumatera Barat Ajak Pemuda Bergerak Bersama Membangun Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,- Bertempat di Kupi Batigo, Gema Keadilan Sumatera Barat mengadakan kegiatan talkshow dengan tema Bergerak Bersama Membangun Sumbar dan Indonesia. Kegiatan ini di hadiri oleh Organisasi Kepemudaan (OKP) dan aktivis mahasiswa yang ada di Sumatera Barat. Adapun pembicara pada kegiatan ini Yanuar Arif Wibowo Pembina DPP Gema Keadilan, Reido Deskumar Ketua DPW Gema Keadilan Sumatera Barat, dan Marta Suhendra Sekretaris KNPI Sumatera Barat.

DPN LPPKI Teken MoU Dengan Universitas Slamet Riyadi

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN-LPPKI) yang berkantor pusat di Kota Padang Sumbar menandatangani perjanjian kerjasama (MOU) dengan Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta Propinsi Jawa Tengah, pada hari Rabu 24 Maret 2021

Para Penerima Beasiswa Cendikia Baznas Gelar Pertemuan Dengan Gubernur Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan program temu tokoh Beasiswa Cendekia BAZNAS, para penerima Beasiswa Cendekia BAZNAS aktivis muda Universitas Andalas bersama Reido Deskumar sebagai mentor mengadakan pertemuan dengan orang yang sangat berpengaruh di Sumatera Barat yaitu Buya Mahyeldi yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat.

DPN LPPKI Menandatangani Perjanjian Kerja Sama Dengan Universitas Nadhlatul Ulama Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN-LPPKI) melakukan Perjanjian kerjasama dengan Fakultas Sosial dan Humaniora Univerisitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat dalam Bidang pendidikan pengajaran dan pelatihan tentang pemberdayaan dan perlindungan konsumen. Penandatanganan MOU Kerjasama tersebut berlangsung di Kota Padang Sumbar, Pada hari Sabtu 13/3/ 2021 kemaren.

Gubernur Mahyeldi Minta ASN Dukung Konversi Bank Nagari Menjadi Syariah

Padang,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka percepatan konversi Bank Pembangunam Daerah Sumatera Barat (Sumbar) atau Bank Nagari menjadi bank syariah, Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi, meminta dukungan kepada seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar.

Menjabat diperiodesasi Berat, DPRD Berharap Gubernur Punya Terobosan dan Sinergitas

Padang,BeritaSumbar.com,-Menjadi Gubernur dimasa pandemi dan minimnya anggaran bukanlah suatu yang mudah. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi, berharap pasangan Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi dan Audy Joinaldy memiliki terobosan dan sinergitas dengan pelaku usaha serta masyarakat di ranah maupun di rantau.

Pantun Karya ‘Lifya’ Guru SLB Negeri 1 Padang Masuk Buku Rekor MURI Dunia

Padang, - BeritaSumbar.com - Lifya kesehariannya adalah seorang guru di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Padang. Dari kebiasaan menulis, ia telah merilis puluhan...
- Advertisement -