22 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

F-Kep Unand Melakukan Program Kemitraan Masyarakat melalui Pemberdayaan Ibu dalam Deteksi dini Tumbuh Kembang Balita
F

Kategori -

Padang,-Kesehatan dan perkembangan anak merupakan salah tujuan pembangunan kesehatan dalam Sustainable Development Goals targets (SDGs) 2015. Gangguan pertumbuhan mempunyai hubungan yang kuat dengan angka kesakitan dan kematian pada anak usia dibawah 5 tahun, sementara keterlambatan perkembangan berhubungan dengan masalah psikososial, perkembangan intelektual dan kemampuan belajar.

Perawat memainkan peranan yang penting dalam memberikan program pelatihan terhadap orang tua untuk mempertahankan kesehatan dan perkembangan anak. Ibu merupakan bagian yang terpenting dalam pengasuhan anak. Saat ini masih banyak ibu-ibu yang belum mengetahui tentang tentang klasifikasi status gizi pada anak dan tentang pola perkembangan yang normal pada anak sesuai usia.

Berdasarkan hasil survey di Jorong Guguak Randah Nagari Guguak Tabek Sarojo, Ibu-ibu yang memiliki anak balita masih memiliki pengetahuan yang terbatas terkait deteksi dini pada pertumbuhan dan perkembangan anak serta stimulasi yang dapat dilakukan untuk merangsang perkembangan pada bayi balita mereka.

Kurangnya pengetahuan dan pemahaman serta ketrampilan ibu dalam melakukan deteksi dini terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, dapat berakibat pada gangguan kesehatan dan masalah perkembangan pada anak di kemudian hari. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu program pelatihan yang berkelanjutan kepada ibu-ibu yang memiliki balita tentang deteksi dan stimulasi tumbuh kembang anak. Program ini dapat dimulai dari melatih kader posyandu yang merupakan anggota masyarakat yang secara sukarela dalam menyelenggarakan kegiatan posyandu. 

Dengan diadakan pelatihan ini diharapkan kader memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang deteksi dini dan stimulasi tumbuh kembang anak sehingga dapat memotivasi ibu yang memiliki balita untuk membawa balita mereka ke Posyandu.

Program pelatihan tersebut menjadi bagian dari program kemitraan berbasis masyarakat tim dosen Fakultas Keperawatan Anak yang dilakukan oleh Hermalinda, Yanti Puspita Sari dan Arif Rahman Mansyur. Pada tahap awal program pelatihan tersebut dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas IV Koto Kabupaten Agam.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada hari: Minggu, tanggal 02 Agustus 2020 di posyandu melati. Kegiatan ini diikuti oleh 11 orang kader dan 11 orang ibu yang memiliki anak usia 1-3 tahun.  Kegiatan dimulai dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 12.30 WIB. Sebelum kegiatan dimulai, tim melakukan pre test untuk menilai pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang anak, deteksi dini dan stimulasi dini tumbuh kembang anak.

Setelah melakukan pre test, kegiatan pendidikan kesehatan dimulai dengan pemberian materi mengenai konsep tumbuh kembang pada anak, pemantuan tumbuh kembang pada anak dan deteksi dini tumbuh kembang anak. Setelah memberikan edukasi, tim pelaksana (narasumber) melakukan simulasi tentang pemantuan tumbuh kembang anak, mendampingi dan membimbing kader untuk melakukan deteksi dini tumbuh kembang kepada anak usia 1-3 tahun secara langsung dan memberikan edukasi kepada ibu untuk melakukan tindakan stimulasi tumbuh kembang anak. Setelah kegiatan dilaksanakan, tim melakukan evaluasi dengan memberikan kuesioner post test tentang pengetahuan, sikap dan tindakan deteksi dini tumbuh kembang anak.

Deteksi dini tumbuh kembang balita

Kegiatan ini ditutup pada pukul 12.30, dengan memberikan kenang-kenangan kepada posyandu berupa peralatan untuk deteksi dini tumbuh kembang anak (alat tersebut berupa timbangan dan alat skrining perkembangan anak). Program pelatihan tentang deteksi dini tumbuh kembang anak dapat terlaksana sesuai dengan perencanaan dan berjalan dengan lancar.

Kader dan ibu yang mempunyai anak usia 1-3 tahun, dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai dengan akhir dan memberikan umpan balik yang positif terhadap materi yang telah disampaikan narasumber. Hasil dari kegiatan seminar dapat dilihat sebagai bahwa terdapat peningkatan pengetahuan, sikap dan ketrampilan kader serta ibu yang mempunyai anak usia 1-3 tahun dalam deteksi dini tumbuh kembang anak.

Penulis: Hermalinda

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...
- Advertisement -

Rolly Ferdinan Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua Harian Pengcab Perbakin Pessel

Ketua Umum Pengurus Cabang Persatuan Menembak Indonesia ( Pengcab – Perbakin), Kabupaten Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK ( Kapolres Pessel) mengapresiasi, rapat koordinasi pengurus cabang Perbakin ini penting dalam meningkatkan silahturahmi, dalam menjaga kekompakan. Diadakan gedung Endra Dharmalaksana Polres Pessel, Rabu (27/1).

Gerak Cepat, Tim Opsnal Satnarkoba Polres Pessel Ciduk Tersangka dan BB

Tidak berhenti dalam memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel kembali menciduk tersangka penyalagunaan narkoba jenis sabu - sabu, Jumat (20/1) di kampung Sikabu, Kenagarian Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.
- Advertisement -

Bambang Surya Irwan Lantik Drs. Hamdani Hasnam, M.Si Sebagai Anggota DPRD Sijunjung

Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Bambang Surya Irwan melantik dan mengambil sumpah jabatan Anggota dewan dari Kader Partai Golkar. Pelantikan dan pengucapan sumpah anggota dewan ini, Sesuai dengan surat keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 171-4-2021, tentang pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Saudara Drs. Hamdani Hasnam, M.Si, sisa masa jabatan tahun 2019-2024, dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD di Gedung DPRD Sijunjung, Selasa(26/1).

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Parlementery Treshold dan Kelansungan Demokrasi Di Indonesia

Kanal demokrasi yang sudah dibuka di era reformasi, kini kembali dibayang-bayangi upaya Untuk melakukan hegemoni kekuasaan oleh para elit kekuatan politik yang merasa dominan karena menang pada Pileg 2019 lalu. Hal itu disampaikan ketua DPD Hanura Sumatera Barat Ir Zalpandri Rabu (27/1) di Padang.

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang

HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Napak Tilas Nagari Koto Gadang, Tanah Leluhur Boy Rafli Amar

Ketua Umum Gema Santri Nusa KH. Akhmad Khambali, SE, MM bersama elemen Santri, Aktivis, Jurnalis dan Tokoh Intelektual Sumatera Barat Melakukan Napak Tilas di Nagari Koto Gadang yg sdh byk Melahirkan Tokoh Nasional dan salah Satunya adalah Komjen Pol Dr.Drs.H. Boy Rafli Amar Dt Rangkayo Basa Kepala BNPT RI.

Kunjungan Komunitas Bundo Kanduang Saniangbaka Kabupaten Solok ke Padang Disambut Orasi Kebudayaan

Kedatangan Komunitas Bundo Kanduang Saniangbaka tersebut disambut orasi kebudayaan, bertajuk 'Sinergitas Pelestarian dan Pemajuan Kebudayaan Minangkabau' yang digelar di Aula Gedung Museum Adityawarman, Jalan Diponegoro No. 10 Padang.

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Rilis Website Sekolah Luar Biasa se-Sumatera Barat

Sehubungan dengan diwajibkannya setiap sekolah memiliki website, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat meluncurkan website Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Sumatera Barat Barat pada Senin, 21 Desember 2020 dari pukul 09.00 - 12.00 WIB di Gedung 3 Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

Sumbar Raih Penghargaan Provinsi Sangat Inovatif

Jelang akhir masa jabatannya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno seakan tanpa henti menorehkan prestasi berskala nasional, khususnya guna meningkatkan daya saing daerah.

Didampingi Unand, Payo Akan Kembangkan Jeruk Dan Konservasi Bunga Bangkai

Pandemi Covid19 yang terjadi di akhir tahun 2019 telah menyebabkan berbagai masalah baik di sektor kesehatan, sosial, pendidikan, ekonomi, pariwisata dan banyak sektor lainnya. Hingga saat ini lebih dari 75.5 juta orang telah terinfeksi dengan total kematian 1.6 juta jiwa diseluruh dunia. Krisis dan resesi akan terjadi jika pertumbuhan ekonomi tidak kunjung mengalami peningkatan.
- Advertisement -