28 C
Padang
Rabu, Juni 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dukung Nurkhalis, Fauzi Bahar : Dedikasi Beliau Pada Petani Luar Biasa
D

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com, – Ketua Kerapakatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat, Fauzi Bahar secara terbuka mendukung tokoh petani Sumatera Barat, Nurkhalis untuk bisa duduk di Senayan melalui jalur DPD RI dalam Pileg 14 Februari 2024 Mendatang.

Dukungan ini disampaikan saat pengukuhan 100 Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) tingkat Kota Padang, Sabtu (2/12/2023).

Mantan Walikota Padang 2 periode ini menilai Sumatera Barat butuh orang yang peduli dengan petani. Dengan meningkatkan kesejahteraan petani, ekonomi dipastikan akan stabil dan masyarakat di perkotaan juga tidak pusing dengan naik turun harga pangan yang signifikan.

“Orang seperti Nurkhalis inilah yang dibutuhkan untuk duduk di DPD RI. Beliau paham bagaimana cara mensejahterakan petani. Jika petani kehidupan petani tak lagi sulit, harga pangan untuk masyarakat di Kota tidak bakal naik terus,” kata Fauzi Bahar.

Pengalaman sebagai Walikota Padang selama 10 tahun, Fauzi Bahar paham betul bagaimana sosial dan ekonomi masyarakat di Ibukota Sumatera Barat ini. Butuh kolaborasi antara masyarakat desa dan masyarakat perkotaan agar ekonomi seimbang.

“Warga di perkotaan butuh kolaborasi dengan masyarakat Desa. Nurkhalis adalah tokoh yang terus menggenjot kesejahteraan masyarakat desa, khususnya petani. Dedikasinya sangat luar biasa,” kata Fauzi Bahar lagi.

Penilaian ini didasari dari pengamatan Fauzi Bahar yang kerap berkeliling Sumbar. Dirinya melihat bagaimana kelompok-kelompok tani binaan Nurkhalis mampu mendongkrak hasil pertanian.

Nurkhalis juga memiliki relasi ke pemerintah pusat agar bantuan dan program agar manfaatnya bisa diterima langsung oleh petani dan tepat sasaran.

“”Saya telah berkunjung ke petani binaan Nurkhalis di sejumlah daerah di Sumbar ini. Luar biasa pengabdian adinda saya ini, untuk kemajuan pertanian Sumatera Barat,” ungkapnya.

Diketahui, Nurkhalis merupakan Koordinator Wilayah Gerakan Pemuda Tani (Korwil Gempita) Sumatera Barat.
Sejak aktif di Gempita Sumbar, Nurkhalis tak henti berkeliling Sumbar untuk memperjuangkan petani. Termasuk mengedukasi anak muda untuk aktif bertani.

Di tahun 2018, Nurkhalis dinobatkan sebagai tokoh petani nasional dan Gempita Sumbar sebagai 5 organisasi petani terbaik di Indonesia.

Prestasi ini diperoleh karena keberhasilan Nurkhalis mengubah 10 ribu hektar lahan tidur menjadi priduktif. Kemudian ditanami denga. Jagung, padi dan palawija.

Pada Pemilu 2024 ini, Nurkhalis merupakan salah seorang kandidat calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk daerah pemilihan Sumatera Barat.

Sementara itu, dihadapan Tim 100 Bakorsi Padang, Nurkhalis menyebutkan, dirinya bersama sejumlah elemen pemuda tani Sumatera Barat, sejak tahun 2022 lalu telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang paling layak memimpin bangsa ini kedepan.

“Rekam jejak digitalnya ada. Silahkan cari di google. Tapi, karena di Pemilu 2024 ini saya merupakan salah seorang peserta, tentunya tak bisa terlibat aktif di kontestasi Pemilu presiden dan wakil presiden,” terang Nurkhalis yang juga Ketua Al Washliyah Sumbar ini. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img