30 C
Padang
Minggu, September 25, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dua Keltan Terima Bantuan Hand Tractor
D

Kategori -
- Advertisement -

Dinas Pertanian Kota Payakumbuh berikan bantuan dua hand tractor untuk Kelompok Tani Bukik Palano Kelurahan Payolansek dan Kelompok Tani Lakuang Perpati Kelurahan Parit Rantang, keduanya di Kecamatan Payakumbuh. Kedua hand tractor itu diserahkan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dalam acara Menanam Pohon di Kelurahan Payolansek, Senin lalu.

Kepala Dinas Pertanian Payakumbuh Iqbal Bermawi, menginformasikan, Minggu (22/12), bantuan hand tractor untuk kedua kelompok tani tersebut berasal dari APBN 2013, lewat dana alokasi khusus (DAK). Bantuan itu sangat diperlukan kelompok tani, guna memacu produktifitas petani dalam meningkatkan hasil usaha pertanian.

Harapan kita, sebut Iqbal, kelompok tani penerima bantuan, benar-benar memelihara hand tractor itu dengan baik. Karena, untuk mendapatkan mesin pembajak sawah itu sulit diperoleh, karena cukup banyaknya kelompok tani yang berharap bantuan yang sama. “Kita tak ingin, kelompok tani lalai memelihara mesin tersebut, sehingga haus tak punya pelumas,” jelas Iqbal.

Dikatakan, tahun anggaran 2014, pihaknya juga akan berusaha untuk mendapatkan bantuan yang sama. Di kota ini, jelasnya, baru sekitar 10% kelompok tani yang mendapatkan bantuan yang sama, dari sekitar 300 kelompok yang ada.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img