25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Jamnas PDRI-Tour de Bela Negara Rampung
J

Kategori -
- Advertisement -

Per­siapan Jambore Nasional (Jamnas) Bela Negara PDRI 1948-1949 di Nagari Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota dan balap sepeda Tour de Bela Negara di Kota Payakumbuh, untuk memperingati Hari Bela Negara 2013 yang jatuh Kamis (19/12) ini, dipastikan rampung.

Kepastian itu disam­pai­kan panitia Jamnas Bela Ne­gara PDRI 1948-1949 dari Yayasan Peduli Perjuangan Pemerintahan Darurat Re­publik Indonesia (YPP-PDRI) dan panitia balap sepeda Tour De Bela Negara kepada war­tawan di Kota Payakumbuh, Rabu (18/12) siang.

Menurut Ketua Umum Panitia Jamnas Bela Negara PDRI 1948-1949 Wendra Yu­naldi didampingi Ketua Ha­rian Ferizal Ridwan dan Wakil Ketua Yudilfan Habib, per­siapan jambore untuk me­na­nam­kan nilai-nilai patrio­tisme dan bela negara kepada anak bangsa sudah final.

Peserta jambore yang su­dah konfirmasi atau me­mas­tikan keikutsertaan ke­pada panitia, sudah mencapai 1.500 orang dari target panitia sebanyak 1.948 orang. Para peserta itu tidak hanya para pelajar, tapi juga mahasiswa, Forum Pemuda Sumbar, ka­rang taruna, komunitas trop­per, offroad, trabas dan anak bangsa yang peduli per­jua­ngan PDRI.

”Jamnas Bela Negara ini akan dimulai Kamis (19/12) malam ini sampai Minggu (20/12). Kami mengajak se­luruh komponen yang peduli dengan perjuangan PDRI dan bela negara, agar saling ber­gandengan tangan dan saling menyukseskan acara ini,” kata Wendra Yunaldi dan Ferizal Ridwan.

Sementara, pembina pa­nitia balap sepeda Tour de Bela Negara Suwandel Muc­h­tar yang juga Wakil Wali Kota Payakumbuh, mengatakan persiapan Tour de Bela Ne­gara dengan rute Paya­kum­buh-Limapuluh Kota, sudah rampung seratus persen. ”Pe­ba­lap sepeda yang menya­takan keikutsertaan sudah 130 orang. Selain pebalap, sejumlah komunitas sepeda di Payakumbuh juga akan ikut bergabung saat pembukaan acara Jumat (20/12) besok,” kata Suwandel Muchtar di­dampingi panitia Yoserizal ”Teja”, Erwin Fairus, dan Reza Iresha Kurnia.

Suwandel menambahkan, pembukaan balap sepeda Tour de Bela Negara di depan gedung DPRD Payakumbuh, Jalan Soekarno-Hatta, Koto Nan Ompek, sesuai jadwal yang sudah diperjuangkan anggota DPR RI dari Partai Golkar HM Azwir Daini Tara, akan dihadiri Menteri Per­ta­hanan Purnomo Yusgiantoro.

Dalam kesempatan itu, Menhan bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wa­gub Muslim Kasim, Azwir Daini Tara, Wali Kota Riza Falepi, Bupati Alis Marajo, pejabat Kemenhan, perwira TNI-POLRI, dan Plt Ketua YPP-PDRI Nurberita Ben Yuza, akan membuka pula, kegiatan Jamnas Bela Negara PDRI 1948-1949.

Menurut Plt Ketua YPP-PDRI 1948-1949 Nurberita Ben Yuza yang didampingi sejumlah pelaku dan saksi sejarah PDRI, Jamnas Bela Negara PDRI 1948-1949 di Nagari Halaban, digelar un­tuk memperingati Hari Bela Negara 2013 dan merefleksi 65 tahun PDRI. ”Dengan ke­giatan ini, kita ingin mena­nam­kan semangat mem­per­ta­han­kan dan mengim­ple­me­n­tasikan empat pilar ke­bang­saan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhi­neka Tunggal Ika kepada ge­nerasi muda, sebagai kom­ponen cadangan pertahanan bangsa,” kata Nurberita Ben Yuza.

Sebelum membuka Tour de Bela Negara dan Jamnas Bela Negara PDRI 1948-1949, Menhan Purnomo Yus­gian­toro bersama Dirjen Pohan Timbul Siaahaan, Kepala Biro TU Kemenhan Brigjen Bam­bang Hertawan, juga akan berkunjung ke Nagari Ko­to­tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Limapuluh Kota. In­for­masi yang diperoleh Pa­dang Ekspres, Menhan men­darat di Ko­to­tinggi dengan helikopter. Menhan juga di­jadwalkan meninjau pem­bangunan Mo­numen Na­sio­nal Bela Negara di Nagari Kototinggi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img