26 C
Padang
Kamis, September 16, 2021
Beritasumbar.com

DPRD Pasaman: RAPBD 2016 Capai 1,004 Triliun Rupiah
D

Kategori -

Lubuk Sikaping – DPRD Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menyatakan, dalam pembahasan yang telah dilakukan untuk Rancangan APBD 2016 mencapai 1,004 triliun.

Ketua DPRD Kabupaten Pasaman, Yasri di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan, pembahasan RAPBD 2016 oleh Badan Anggaran (Banggar), di Bukittinggi, dengan SKPD untuk membahas anggaran daerah, yang menjadi prioritas diselesaikan, dan ditarget 10 hari kerja dapat selesai, ditetapkan RAPB daerah ini mencapai 1,004 triliun.

“Kami menarget pengesahan APBD 2016 itu sebelum deadline yang diberikan oleh Pejabat Gubernur, yaitu 30 November 2015 ini, jika tidak berhasil mengesahkan pada waktu tersebut, maka yang rugi kita Kabupaten Pasaman, dan juga anggota legislatifnya,” kata Yasri.

Ia menambahkan, APBD 2016, naik menjadi Rp1 triliun lebih, dibanding APBD 2015 yang hanya Rp837.626.193.000, hal ini disebabkan terjadinya kenaikan pendapatan pada setiap sektor pendapatan daerah.

Ketua DPRD setempat menjelaskan, sebagai contoh untuk PAD, salah satu SKPD yang mendongkrak naik sekitar Rp7,2 miliar, karena target retribusi dari RSUD Lubuk Sikaping dan Dinas PU juga dinaikan.

“Tahun 2016, RSUD Lubuk Sikaping berubah status pengelolaan menjadi Badan Layanan Umum (BLU), mereka membuat dasar pendapatan dan belanjanya menjadi Rencana Bisnis Anggaran (RBA), masa iya sudah menjadi bisnis kok diturunkan. Maka, retribusi dinaikan di RSUD itu sekitar Rp1,5 miliar,” jelasnya.

Demikian juga dengan Dinas PU Pasaman yang ditargetkan PAD, dari galian C. Menurut Yasri, semakin banyak proyek infrastruktur maka semakin banyak galian C yang digunakan. Dinas PU mesti punya tanggung jawab untuk menghimpun retribusi dari galian C tersebut, katanya.

Sehubungan dengan itu, meski RAPBD naik, namun defisit daerah pun besar, naik dari Rp34,939 miliar menjadi Rp38,754 miliar (defisit naik Rp3,815 miliar). Penerimaan pembiayaan mengalami penurunan dari Rp44,439 miliar menjadi Rp39,754 miliar, atau turun Rp4,6 miliar, yang tertuang dalam laporan Badan Anggaran DPRD setempat.

Pada tahun 2015, APBD Kabupaten Pasaman berjumlah sebesar Rp837.626.193.000, yang terdiri dari PAD sebesar Rp58,048 miliar, dan untuk RAPBD 2016 naik PAD menjadi Rp65,262 miliar.

Dana Perimbangan sebesar Rp637,220 miliar pada 2015 naik menjadi Rp739,929 miliar pada 2016, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah sebesar Rp142,356 miliar pada 2015 juga mengalami kenaikan menjadi Rp198,9 miliar pada 2016.

Selain itu, porsi belanja dalam laporan banggar untuk RAPBD 2016, didapatkan belanja tidak langsung sebesar Rp545,079 miliar dan belanja langsung sebesar Rp497,768 miliar. Dengan demikian, Kabupaten Pasaman mengalami kekurangan anggaran (defisit) Rp38,754 miliar, kekurangan anggaran tersebut, ditutupi dengan penerimaan pembiayaan daerah dengan jumlah yang sama, Rp38,754 miliar. (Ant/Oleh Eko Fajri)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.
- Advertisement -

Perda APBD Perubahan Kota Payakumbuh TA 2021 Disahkan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2021 disahkan menjadi Peraturan Daerah dalam rapat paripurna di ruang sidang rapat paripurna DPRD setempat, Sabtu (11/9).

Kadisdik Pasaman Barat jadi Narasumber Webinar Kemenkominfo

Pasaman Barat ,BeritaSumbar.com,— Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo RI) kembali menggelar Literasi Digital di Kabupaten Pasaman Barat, Rabu 18 Agustus 2021 lalu. Agenda itu dihelat secara virtual dalam sebuah webinar dengan narasumber berkompeten.
- Advertisement -

Hadiri Evaluasi PPKM Level 3, Begini Persiapan MTQ XXXIX Di Kota Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Padang Panjang Alizar Datuak Sindo Nan Tongga menghadiri Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 di...

Ikut Prihatin Atas Kebakaran Pasar Bawah, Partai Gerindra Bantu 200 Nasi Bungkus

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Kebakaran menghanguskan ratusan los tempat menjual berbagai macam kebutuhan harian di Pasar Bawah Kota Bukittinggi, Sabtu (11/9/2021) dini hari, telah menimbulkan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Semakin Dekat Dengan Konsumen, Oli Mobil Evalube Perluas Layanan Ganti Oli Bersama Capella Daihatsu dan Isuzu

Padang, September 2021 – Oli mobil Evalube menghadirkan program kerja sama layanan ganti oli dengan Capella Daihatsu dan Isuzu. Hingga saat ini, layanan kerja sama ini sudah memberikan kemudahan bagi pelanggan yang tersebar di wilayah Sumatera (Medan, Padang, Aceh, Pekanbaru, dan Batam)

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...
- Advertisement -