31 C
Padang
Selasa, Maret 9, 2021
Beritasumbar.com

Padang Panjang Terima 48 Ekor Sapi Perah
P

Kategori -

Padang Panjang – Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, sudah menerima bantuan 48 dari 127 ekor sapi perah dari pemerintah pusat tahun anggaran 2015.

“Sapi perah itu sudah kami terima sebanyak 48 dari 127 ekor yang direncanakan oleh pemerintah pusat tahun ini,” kata Kepala Dinas Pertanian Padang Panjang, Candra di Padang Panjang, Rabu.

Dia mengatakan, bantuan tersebut merupakan perhatian pemerintah pusat terhadap Padang Panjang dalam pengembangan sapi perah di Sumbar.

“Padang Panjang merupakan sentra sapi perah. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat itu sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir,” ujarnya.

Sapi perah yang akan diterima Padang Panjang pada 2015, merupakan sapi impor dari luar negeri sebanyak 100 ekor dan 27 ekor lagi sapi lokal dari pulau Jawa.

Sapi yang sudah sampai di Padang Panjang itu kata dia, dipelihara oleh kelompok tani dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan).

Direncanakan tambah dia, keseluruhan sapi perah yang dibantu oleh pemerintah pusat itu akan dipelihara oleh kelompok tani yang ada di Padang Panjang.

“Sapi perah itu akan di pelihara oleh delapan kelompok tani yang ada di Padang Panjang sebanyak 87 ekor dan selebihnya di Puskeswan,” sebutnya.

Padang Panjang saat ini memiliki 281 ekor sapi perah, 60 persen di antaranya sudah bisa menghasilkan susu murni sebanyak 900 sampai 1.200 liter perhari.

Dia mengatakan, sapi yang bisa memproduksi susu dengan diperah tersebut berumur dua tahun ke atas dan maksimal berumur lima sampai enam tahun.

“Sapi yang bisa menghasilkan susu tersebut adalah sapi dalam keadaan setelah melahirkan, dan bisa berproduksi selama satu tahun ke depan,” katanya.

Peternak sapi perah di Kota Padang Panjang, Ridwan, mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah setempat selama ini terhadap peternak sapi perah.

“Dalam pengembangan sapi perah, Pemkot Padang Panjang sudah cukup banyak memfasilitasi peternak, baik dari sarana maupun bantuan sapi itu sendiri,” katanya. (Ant/Oleh Altas Maulana)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

UPZ Nagari Se Kecamatan Ulakan Tapakih Dilantik

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih dilantik oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk. Sulaiman, Rabu (3/3) di Aula Kantor Ulakan Tapakih. Hadir dalam acara pelantikan, semua wakil ketua BAZNAS sebanyak 4 orang yaitu Fakhri Zaki, Masri Chan, Zulfahmi dan Zulherman. Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin, Plt. Kapolsek Nan Sabaris Iptu. Zulkarnaini, Kanit Sabhara Ipda. Junaidi Salat, SH. Danramil 07/PK diwakili oleh Serda Zainal Arifin, KUA Kecamatan, Kasi Trantib Anesa Satria dan Wali Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih.
- Advertisement -

P2TP2A Kota Payakumbuh kunjungi SMPN 4 Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Saat sekarang ini bahaya yang kerap menyerang anak-anak seperti kekerasan dan eksploitasi terhadap anak semakin meningkat. Tingginya kekerasan dan eksploitasi terhadap anak dapat mengancam generasi masa depan bangsa indonesia.

Bersilaturahim dengan Masyarakat, Wawako Marfendi: Peningkatan Perekonomian Rakyat Prioritas Utama Pamerintah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Acara silaturahim Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi beserta anggota DPRD dari Fraksi PKS di aula rumah dinas wali kota dihadiri ratusan...
- Advertisement -

SLB Negeri 1 Padang Lakukan Ujian Akhir Satuan Pendidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Sempat Resahkan Warga, Seekor Harimau Dahan Masuk Perangkap BKSDA Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Beberapa hari belakangan warga Jorong Sikabu Kabu digemparkan dengan ditemukan hewan ternak mereka mati dikandang. Hewan peliharaan berupa kambing warga tersebut mati dengan luka di leher. Melihat kondisi tersebut warga lansung menduga ada binatang buas yang memangsa ternak mereka dan lansung melaporkan ke pihak Nagari dan diteruskan kepada BKSDA Limapuluh Kota.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...

Gaji THL di Payakumbuh dipastikan berkurang pada 2021

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Meski sempat mendapatkan penolakan dari seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), gaji Tenaga Harian Lepas di Kota Payakumbuh dipastikan akan...

Pasar Ekraf Payakumbuh Berikan Peluang Bagi Pelaku Kuliner Tradisional Saat Pandemi Covid-19

Payakumbuh, Beritasumbar.com - Pasar ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tidak hanya untuk promosi wisata, tapi juga berdampak kepada pelaku kuliner tradisional...

Menanam Bunga Krokot, Hobi Membawa Berkah Ditengah Pandemi Covid-19

Padang,BeritaSumbar.com,- Di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang boring akan keadaan yang tak lazimnya seperti saat ini, hanya berdiam dan hampir semua aktivitas dilakukan...

Di Hari Pahlawan Para Kooperator Indonesia Gelar Diskusi Daring Dengan Tema “Inisiasi Pendirian dan Deklarasi Partai Koperasi di Indonesia”

Bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Selasa, 10 November 2020, pukul 20.00-22.00 WIB, sejumlah aktivis koperasi atau yang biasanya disebut sebagai kooperator di Indonesia menyelenggarakan...
- Advertisement -