27.9 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

DPRD Hearing Dengan Tokoh Masyarakat Bahas Mesjid Agung, Ketua LKAAM Harapkan Kobek Padi Jo Daun
D

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebelum pembangunan Mesjid Agung Payakumbuh dilaksanakan pada awal tahun 2021 mendatang, dilaksanakanlah Hearing atau dengar pendapat antara DPRD Kota Payakumbuh dengan tokoh keagamaan dan adat se Kota Payakumbuh bersama Dinas PUPR selaku pelaksana teknisnya.
Tampak hadir Ketua DPRD Hamdi Agus, Wakil Ketua Armen Faindal, Ketua Badan Kehormatan YB. Dt Parmato Alam, Ketua Bapemperda Ahmad Ridha, serta anggota dewan lainnya, MUI Kota Payakumbuh, Ketua LKAM, DPD LPM Kota Payakumbuh, Ketua LPM se-Kota Payakumbuh, Ketua KAN 10 Nagari, dan Ketua Bundo Kanduang 10 Nagari di Ruang Sidang DPRD Kota Payakumbuh, Senin (3/8).
Kepala Dinas PUPR Muslim didampingi jajarannya memaparkan konsep pembangunan Mesjid Agung di atas tanah seluas 4,56 hektar ini kepada hadirin. Dimana pemko sudah melakukan pembebasan lahan kepada 46 petak sawah dengan 27 pemilik. Terintegtasi dengan Batang Agam.
Di lokasi mesjid agung sendiri, direncanakan ada bangunan lain dibangun disamping bangunan utama mesjid sebagai sarana penunjang, seperti aula berkapasitas 300 hingga 400 orang. Disini bisa dilaksanakan walimah (syukuran pernikahan).
“Kita buatkan juga fasilitas kantor keagamaan untuk beraktifitas disana, seperti kantor MUI dan Baznas, saat ini mereka masih menumpang-numpang, maka kita fasilitasi di area mesjid agung,” papar Muslim.
Ketua DPRD Hamdi Agus menyebut dewan mendukung penuh pembangunan mesjid agung yang diinisiasi oleh Wali Kota Riza Falepi mewujudkan keinginan warga Payakumbuh selama ini untuk memiliki mesjid yang megah.
“Kami dari DPRD siap mengawal prosesnya mulai dari pembebasan lahan, hingga nanti pembangunan mesjidnya, insyaallah nanti akan digelar rapat paripurna persetujuan DPRD terhadap pembangunan mesjid agung ini,” kata Hamdi Agus yang juga dari Fraksi PKS.
Sementara itu, Srikandi DPRD dari Fraksi Gerindra, Yernita menyebutkan keberadaan mesjid agung ini nanti diharapkan dapat menjadikan Payakumbuh sebagai kota tujuan, kota destinasi sehingga menumbuhkembangkan pelaku UMKM di Kota Payakumbuh.
“Kita sangat berharap pembangunan mesjid agung berdampak besar kepada warga kita, apalagi jika nilai adat istiadat dimunculkan, selain memuaskan sisi keaagamaan, dari sisi perekonomian ada pelaku UMKM bisa hidup, karena berdekatan dengan area wisata Ngalau Indah dan Batang Agam,” ujarnya.
Di sisi masyarakat, Ketua LKAAM Kota Payakumbuh W. Dt. Paduko Bosa Marajo menyampaikan seluruh warga Payakumbuh sudah pasti mendukung terlaksananya pembangunan mesjid agung. Dengan kesatuan antara adat dan islam (adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah) tak perlu terintegrasi dalam bangunan, setidaknya bagaimana kantor lembaga adat berdampingan dengan kantor lembaga keagamaan disana.
“Bangunan-bangunan LKAAM dan Bundo Kanduang itu jan disolek.an sajo lotaknyo, tapi harus betul-betul rancak, layak, dan representatif mendampingi bangunan mesjid utama dalam satu lokasi, sehingga orang berkunjung dapat melihat bagaimana pembangunan agama dan adat di Payakumbuh, tergambarlah wujud adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” ujarnya.
Disamping wisata alam di area Ngalau, ada wisata religi di mesjid raya termasuk wisata budaya, sehingga pengelolaannya melalui dinas terkait, dapat menjadikan potensi penambahan kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam integrasi ini.
“Istilah niniak mamak, pembiayaan mesjid agung melalui APBD yang mendatangkan PAD, bisa kobek padi jo daun,” ungkapnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...
- Advertisement -

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.
- Advertisement -