27 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

DPRD Hearing Dengan Tokoh Masyarakat Bahas Mesjid Agung, Ketua LKAAM Harapkan Kobek Padi Jo Daun
D

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebelum pembangunan Mesjid Agung Payakumbuh dilaksanakan pada awal tahun 2021 mendatang, dilaksanakanlah Hearing atau dengar pendapat antara DPRD Kota Payakumbuh dengan tokoh keagamaan dan adat se Kota Payakumbuh bersama Dinas PUPR selaku pelaksana teknisnya.
Tampak hadir Ketua DPRD Hamdi Agus, Wakil Ketua Armen Faindal, Ketua Badan Kehormatan YB. Dt Parmato Alam, Ketua Bapemperda Ahmad Ridha, serta anggota dewan lainnya, MUI Kota Payakumbuh, Ketua LKAM, DPD LPM Kota Payakumbuh, Ketua LPM se-Kota Payakumbuh, Ketua KAN 10 Nagari, dan Ketua Bundo Kanduang 10 Nagari di Ruang Sidang DPRD Kota Payakumbuh, Senin (3/8).
Kepala Dinas PUPR Muslim didampingi jajarannya memaparkan konsep pembangunan Mesjid Agung di atas tanah seluas 4,56 hektar ini kepada hadirin. Dimana pemko sudah melakukan pembebasan lahan kepada 46 petak sawah dengan 27 pemilik. Terintegtasi dengan Batang Agam.
Di lokasi mesjid agung sendiri, direncanakan ada bangunan lain dibangun disamping bangunan utama mesjid sebagai sarana penunjang, seperti aula berkapasitas 300 hingga 400 orang. Disini bisa dilaksanakan walimah (syukuran pernikahan).
“Kita buatkan juga fasilitas kantor keagamaan untuk beraktifitas disana, seperti kantor MUI dan Baznas, saat ini mereka masih menumpang-numpang, maka kita fasilitasi di area mesjid agung,” papar Muslim.
Ketua DPRD Hamdi Agus menyebut dewan mendukung penuh pembangunan mesjid agung yang diinisiasi oleh Wali Kota Riza Falepi mewujudkan keinginan warga Payakumbuh selama ini untuk memiliki mesjid yang megah.
“Kami dari DPRD siap mengawal prosesnya mulai dari pembebasan lahan, hingga nanti pembangunan mesjidnya, insyaallah nanti akan digelar rapat paripurna persetujuan DPRD terhadap pembangunan mesjid agung ini,” kata Hamdi Agus yang juga dari Fraksi PKS.
Sementara itu, Srikandi DPRD dari Fraksi Gerindra, Yernita menyebutkan keberadaan mesjid agung ini nanti diharapkan dapat menjadikan Payakumbuh sebagai kota tujuan, kota destinasi sehingga menumbuhkembangkan pelaku UMKM di Kota Payakumbuh.
“Kita sangat berharap pembangunan mesjid agung berdampak besar kepada warga kita, apalagi jika nilai adat istiadat dimunculkan, selain memuaskan sisi keaagamaan, dari sisi perekonomian ada pelaku UMKM bisa hidup, karena berdekatan dengan area wisata Ngalau Indah dan Batang Agam,” ujarnya.
Di sisi masyarakat, Ketua LKAAM Kota Payakumbuh W. Dt. Paduko Bosa Marajo menyampaikan seluruh warga Payakumbuh sudah pasti mendukung terlaksananya pembangunan mesjid agung. Dengan kesatuan antara adat dan islam (adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah) tak perlu terintegrasi dalam bangunan, setidaknya bagaimana kantor lembaga adat berdampingan dengan kantor lembaga keagamaan disana.
“Bangunan-bangunan LKAAM dan Bundo Kanduang itu jan disolek.an sajo lotaknyo, tapi harus betul-betul rancak, layak, dan representatif mendampingi bangunan mesjid utama dalam satu lokasi, sehingga orang berkunjung dapat melihat bagaimana pembangunan agama dan adat di Payakumbuh, tergambarlah wujud adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” ujarnya.
Disamping wisata alam di area Ngalau, ada wisata religi di mesjid raya termasuk wisata budaya, sehingga pengelolaannya melalui dinas terkait, dapat menjadikan potensi penambahan kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam integrasi ini.
“Istilah niniak mamak, pembiayaan mesjid agung melalui APBD yang mendatangkan PAD, bisa kobek padi jo daun,” ungkapnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.
- Advertisement -

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).
- Advertisement -

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -