26 C
Padang
Selasa, April 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dosen UNP Gelar Pengabdian Masyarakat Di SMPN 4 VII Koto Sungai Sariak
D

Kategori -
- Advertisement -

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,– Dosen Departemen Keperawatan (FKEP) Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Kemitraan Masyarakat di daerah Padang Pariaman dengan mengusung tema “ Pembentukan Kader Remaja Sehat Jiwa di SMPN 4 VII Koto Sungai Sariak Guna Pencegahan Masalah Kesehatan Jiwa Pada Remaja’’ kegiatan ini dilakukakan mulai tanggal 1 Agustus 2023 sampai dengan 31 Agustus 2023 dengan empat rangkaian kegiatan yaitu 1) Penyuluhan Tentang Kesehatan Jiwa Pada Remaja; 2). Pelatihan Deteksi Dini Masalah Kesehatan Jiwa Remaja; 3) Workshop Manajemen Stres Pada Remaja; 4) Pembentukan Kader Remaja Sehat Jiwa di SMP N 4 VII Koto Sungai Sariak.

Kegiatan PKM ini dilakukan oleh Tim pengabdian dari dosen Departemen Keperawatan dan Mahasiswa DIII Keperawatan. Kegiatan Pengabdian ini di ketuai oleh Ns. Ramaita, M.Kep mengungkapkan bahwa kegiatan PKM ini merupakan implementasi dari kesepahaman bersama antara Departemen Keperawatan FPK UNP dengan Kepala sekolah SMPN 4 VII Koto Sungai Sariak untuk melakukan kerjasama Pengabdian Masyarakat.

Adapun tim Dosen dan mahasiswa dalam Pengabdian Masyarakat ini yaitu Ns. Aulia Asman, M.Biomed, Ns. Reska Handayani, M.Kep, Anisa Rahmayoni, Fikri Rizkhullah, Ridho Rahmansyah, Surya Gilang Ramadhan.

Kesehatan jiwa saat ini telah menjadi masalah kesehatan global bagi setiap negara, dimana proses globalisasi dan pesatnya kemajuan teknologi informasi memberi dampak terhadap nilai-nilai sosial dan budaya masyarakat. Masyarakat dihadapkan dengan cepatnya perubahan disegala bidang kehidupan. Perubahan tidak bisa dihindari dan harus siap menghadapi tekanan-tekanan yang ditimbulkan. Sementara tidak semua orang mempunyai kemampuan yang sama untuk menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Ini menyebabkan banyak orang tidak menyadari jika mereka mungkin mengalami masalah kesehatan jiwa dan bahkan gangguan jiwa.

Menurut Ramaita Masa remaja adalah masa-masa yang paling krusial dalam pencarian jati diri seseorang, bahkan banyak orang mengatakan bahwa remaja adalah tulang punggung sebuah negara. Dengan demikian remaja merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat menggantikan generasi-generasi terdahulu. Namun tingginya prevalensi gangguan mental emosional pada remaja menunjukkan perlunya implementasi nyata untuk mengatasi dan mengantisipasi peningkatan angka kejadian gangguan mental emosional dikalangan remaja. Pembentukan kader Remaja Sehat Jiwa merupakan salah satu pendekatan yang dilakukan untuk membantu mengoptimalkan peran remaja dalam upaya meningkatkan keterampilannya melakukan deteksi dini Kesehatan jiwa guna pencegahan masalah Kesehatan jiwa.

Psikoedukasi tentang Kesehatan jiwa pada remaja bisa menjadi salah satu solusi yang bisa diberikan kepada para remaja dalam pencegahan masalah psikososial yang mereka alami, untuk mencegah terjadi nya prilaku buruk seperti depresi hingga beresiko bunuh diri.

Adapun edukasi kesehatan mental yang disampaikan dalam kegiatan PKM ini adalah terkait pengetahuan tentang tumbuh kembang psikososial usia remaja, masalah Kesehatan mental yang sering terjadi pada remaja dan cara pencegahannya diberikan oleh Ns. Bunga Permata Wenny, M.Kep sebagai Narasumber (Pakar Keperawatan Jiwa Remaja).

Kepala Sekolah SMPN 4 VII Koto Sungai Sariak Thamrin, S.Pd, menyambut baik dengan kegiatan yang dilakukan, beliau mengatakan edukasi dan deteksi dini terkait gangguan Kesehatan jiwa, workshop Manajemen Stres pada remaja serta pembentukan kader remaja sehat jiwa penting untuk dilakukan, siswa yang menghadiri edukasi Kesehatan mental ini berjumlah 217 orang juga menyambut kegiatan ini dengan antusias, diharapkan kegiatan pengabdian Masyarakat oleh dosen Departemen keperawatan ini bisa berlanjut hendaknya tutur Thamrin.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img