30 C
Padang
Kamis, Februari 2, 2023
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dosen UNAND beri Pelatihan Pengembangan Produk Olahan Sehat Berbahan Dasar Sayuran
D

- Advertisement -

Penulis: Fitri Mailani
Sebagai lanjutan dalam program pengabdian masyarakat skim membantu usaha berkembang tim dosen Universitas Andalas memberi pelatihan kepada mitra usaha yaitu We Farm Hidroponik terkait dengan pengembangan usaha dengan membuat makanan dan minuman olahan sehat berbahan dasar sayuran.

Makanan sehat dapat dihasilkan dari bahan yang mengandung gizi seimbang yang diolah dengan cara yang tepat. Bahan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang baik diantaranya adalah dari jenis sayuran.

Akan tetapi, pengolahan sayuran yang itu-itu saja, cenderung membuat bosan, sehingga perlu inovasi dan kreasi olahan makanan berbahan dasar sayur menjadi makanan kekinian tanpa mengurangi kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya.

Sebagai penghasil sayuran Hidroponik, We Farm mencoba mengolah sayuran menjadi produk smoothie dan jus sayuran yang lezat dan mengandung nilai gizi dan anti oksidan yang tinggi. Berbagai inovasi telah di coba dengan menambahkan beberapa campuran seperti nenas, dan jeruk nipis juga madu sebagai penghilang rasa pahit sayuran yang kurang disukai oleh banyak orang.

Melalui racikan owner Hidroponik Ns. Alwiya Rahmanoza, M.Kep, jus sayur yang dibuat terasa lezat dan tetap bernilai gizi tinggi, bahkan untuk pemanis jus hanya menggunakan madu sebagai pengganti gula.

Untuk saat ini We farm sudah memproduksi jus/ smoothie sayur Kale dan Pakcoy dan sudah di pasarkan di Padang Panjang dan Bukit Tinggi.
Selain itu, dosen dari program studi Ilmu gizi UNAND yaitu ibu Risti Kurnia Dewi, S.Gz., M.Si, dibantu oleh Ns. Fitri Mailani, M.Kep, dan Ns. Mulyanti RM, M.Kep juga memberi pelatihan terkait pengolahan makanan lain nya yang bisa dikembangkan seperti nugget sayur, dan bolu sayur. Diharapkan We Farm Hidroponik selain memproduksi sayuran sehat tetapi juga memproduksi jus dan snack sehat yang bisa dipasarkan secara luas.

Untuk meningkatkan produktifitas We Farm Hidroponik tim dosen dari UNAND membantu dengan memberi bantuan sebuah Juicer yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas produk dan kuantitas produksi jus sayur

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img