26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Ditengah Bencana Landa Sumbar, Tagar #SaveBNPB Trending di Kalangan Influencer
D

Kategori -

PADANG – Tanda pagar atau tagar #SaveBNPB tiba-tiba muncul dalam cuitan beberapa orang influencer dan blogger di Sumbar. Hal ini menyusul adanya pemberitaan terkait adanya isu bahwa pemerintah ingin menghapuskan BNPB di Rancangan Undang Undang (RUU) Penanggulangan Bencana.

Seperti dikutip dari republika.co.id, Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto mengkritik pemerintah yang tak mencantumkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam pandangannya terkait revisi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. Padahal, maksud RUU ini adalah untuk memperkuat kewenangan lembaga tersebut.

Hasil pantauan di akun media sosial Twitter, akun @UniEbby berkata bahwa di tengah pandemi ini dibutuhkan lembaga yang fokus untuk penanggulangan bencana. Kemudian menurutnya BNPB seharusnya diperkuat, bukan di bubarkan.

“Sebagai masyarakat yang sering merasakan dampak dari bencana alam, saya sangat resah dengan keputusan pemerintah yang ingin menghapus lembaga yang sangat berjasa dalam penanggulangan Bencana Alam #SaveBNPB #IndonesiabutuhBNPB,” tulisnya dalam akun Twitter yang memiliki pengikut sebanyak 1.509 pengikut tersebut.

Ia menyebutkan bahwa saat ini pemerintah tengah merevisi UU No 24 tahun 2007 dan kelembagaan BNPB tidak di cantumkan di dalam draft tersebut. Lebih lanjut dikatakannya, jika pun dibentuk badan lain dengan fungsi yang sama maka di butuhkan masa transisi, dimana mana kalau terjadi bencana maka penanggulangan tidak sesigap BNPB sekarang.

Sementara itu, Bayu Haryanto yang dikenal sebagai blogger dan founder Padang Heritage ini juga berkicau di akun twitternya terkait #SaveBNPB. Pemilik akun @beyubaystory dengan jumlah pengikut 2.226 pengikut ini menjelaskan keresahannya saat BNPB dihapuskan atau dibubarkan.

“Mengejutkannya ada rencana untuk penghapusan lembaga kebencanaan ini, padahal di tengah kondisi saat ini peran lembaga ini sangat penting loh. Duh, jadi sedih kan jika itu terjadi. lantas, kenapa BNPB jangan sampai dihapuskan? Ya, tentunya lembaga ini hadir untuk menjamin keselamatan masyarakat terhadap kebencanaan yang ada di Indonesia #saveBNPB,” kata Bayu.

Ia menambahkan bahwa jika terjadi penggantian undang-undang maka sistemnya kebencanaan akan melemah dan tidak mengenal waktu kapan datang bencana itu. Sebab menurutnya bencana tidak mengenal batas wilayah (disaster without border) dan jika BNPB dihilangkan, maka sistem kebencanaan akan dimulai lagi dari nol serta status penanggulangan bencana akan menjadi rancu dan tak jelas arahnya.

“Selama ini Alm. Bapak Sutopo telah memperjuangkan untuk mengenalkan kesiapsiagaan bencana yang baik bagi seluruh masyarakat Indonesia akan kembali lagi dari Nol atau Zero Condition. Don’t set back to zero #SaveBNPB Disaster Without Border,” tulis Bayu yang akrab disapa Ubay ini. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Cello Elby Rilis Video Lirik Lagu ‘Bebas’ Bersama Chossy Pratama Production untuk Ajak Generasimuda Percaya Diri

Tahun baru 2021 jadi awal bagi Cello Elby dalam memasuki industri musik profesional. Jebolan The Voice Kids Indonesia tersebut merilis video lirik single perdananya yang berjudul Bebas pada Kamis (7/1/2021) di kanal YouTube Chossy Pratama Production.
- Advertisement -

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.
- Advertisement -

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Pakan Sinayan Perdana Gelar Musrenbang Di Tahun 2021

Mengawali tahun 2021, Kelurahan Pakan Sinayan Payakumbuh Barat menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Tingkat Kelurahan, Senin, 11 Januari 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Napak Tilas Nagari Koto Gadang, Tanah Leluhur Boy Rafli Amar

Ketua Umum Gema Santri Nusa KH. Akhmad Khambali, SE, MM bersama elemen Santri, Aktivis, Jurnalis dan Tokoh Intelektual Sumatera Barat Melakukan Napak Tilas di Nagari Koto Gadang yg sdh byk Melahirkan Tokoh Nasional dan salah Satunya adalah Komjen Pol Dr.Drs.H. Boy Rafli Amar Dt Rangkayo Basa Kepala BNPT RI.

Kunjungan Komunitas Bundo Kanduang Saniangbaka Kabupaten Solok ke Padang Disambut Orasi Kebudayaan

Kedatangan Komunitas Bundo Kanduang Saniangbaka tersebut disambut orasi kebudayaan, bertajuk 'Sinergitas Pelestarian dan Pemajuan Kebudayaan Minangkabau' yang digelar di Aula Gedung Museum Adityawarman, Jalan Diponegoro No. 10 Padang.

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Rilis Website Sekolah Luar Biasa se-Sumatera Barat

Sehubungan dengan diwajibkannya setiap sekolah memiliki website, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat meluncurkan website Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Sumatera Barat Barat pada Senin, 21 Desember 2020 dari pukul 09.00 - 12.00 WIB di Gedung 3 Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

Sumbar Raih Penghargaan Provinsi Sangat Inovatif

Jelang akhir masa jabatannya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno seakan tanpa henti menorehkan prestasi berskala nasional, khususnya guna meningkatkan daya saing daerah.

Didampingi Unand, Payo Akan Kembangkan Jeruk Dan Konservasi Bunga Bangkai

Pandemi Covid19 yang terjadi di akhir tahun 2019 telah menyebabkan berbagai masalah baik di sektor kesehatan, sosial, pendidikan, ekonomi, pariwisata dan banyak sektor lainnya. Hingga saat ini lebih dari 75.5 juta orang telah terinfeksi dengan total kematian 1.6 juta jiwa diseluruh dunia. Krisis dan resesi akan terjadi jika pertumbuhan ekonomi tidak kunjung mengalami peningkatan.

Hidroponik 55 siap unggul dalam produksi sayuran sehat dan berkembang menuju kawasan Eco-eduwisata

Sayuran hidroponik adalah sayuran yang tumbuh dengan bantuan cairan yang mengandung mineral yang diperlukan oleh sayuran untuk tumbuh. Berbeda dengan sayuran lainnya yang membutuhkan tanah untuk tumbuh, tanaman hidroponik hanya membutuhkan air bermineral untuk tumbuh. Air yang digunakan untuk menanam sayuran ini pun bisa didaur ulang.

FAPERTA Unand Berhasil Bibitkan Bunga Bangkai

Indonesia dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi didunia (megabiodiversi). Secara biogeografis yang terletak diantara dua samudra dan dua benua menyebabkan Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, diduga lebih tinggi dibandingkan Brazil jika keanekaragaman hayati indonesia baik di daratan maupun di lautan telah teridentifikasi.

BWS Sumatera V Padang Lakukan Serah Terima Pekerjaan Pelaksanaan P3-TGAI Tahap IV TA 2020

Hari ini BWS Sumatera V Padang kembali melaksanakan serah terima pekerjaan P3-TGAI Tahap IV TA 2020. Kegiatan ini merupakan penyerahan aset berupa saluran irigasi tersier yang diwakili oleh 40 P3A yang terlibat pada tahap IV yang tersebar pada 8 kabupaten di Provinsi Sumatera Barat.

HRS Ditahan, PMM Minta Jangan Pertontonkan Ambisi Berburuan Kursi Kapolri

Polisi Secara resmi menahan Habib Rizieq Shihab, tersangka kasus dugaan penghasutan dan melawan petugas terkait kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat (Jakpus). Sebelum melakukan penahanan, polisi menyatakan telah memenuhi hak Habib Rizieq di dalam pemeriksaan.
- Advertisement -