29 C
Padang
Sabtu, Januari 22, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Distanhortbun Pesisir Selatan Ajak Masyarakat Terapkan Tanam Sejajar Legowo
D

- Advertisement -

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Kabupaten Pesisir Selatan ajak masyarakat petani di daerah itu menerapkan sistem tanam jajar legowo.
Hal itu disampaikan, sebab melalui sitem tanam jajar legowo itu, populasi padi bisa bertambah sebanyak 30 persen, dan tingkat produksipun meningkat 12 hingga 20 persen bila dibandingkan dengan sistem konvensional.
Kepala Distanhortbun Pessel, Nusirwan mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Kamis (30/4) bahwa hingga saat ini sebagian besar masyarakat petani di daerah itu masih menerapkan pola tanam sistem konvensional.
“Karena menerapkan sistem jajar legowo ini sangat menguntungkan secara ekonomi, sehingga kita mengajak dan mendorong semua petani agar menerapkan sistem jajar legowo ini,” katanya.
Dia menjelaskan bahwa terhadap lahan yang lumpurnya dalam atau di atas lutut, penanaman bisa dilakukan secara manual.
Sebab penanaman dengan sistem jajar legowo ini hanya mengatur cara tanam yang tujuanya untuk meningkatkan jumlah anakan dan jumlah produksi.
“Pola penanaman sistem tanam jajar legowo ini sekarang sudah mulai diterapkan oleh petani di Kecamatan Lingo Sari Baganti. Saya berharap ini juga diikuti oleh petani lainya di seluruh kecamatan di daerah ini,” harapnya.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img