30 C
Padang
Jumat, Juni 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dinas Perkim-LH Sijunjung Verifikasi Usulan IBM Sanitasi
D

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Dinas Perkim-LH Kabupaten Sijunjung melakukan Verifikasi Usulan IBM Sanitasi, kata Kadis Dinas Perkim-LH Arief Maigayanto yang didampingi Kabid PAM PLP Alindra Eka Putra, diruang kerja, Rabu (6/12).

Menurut Kadis, verifikasi ini bersama dengan Tim BBPW Sumatera Barat. tentang Usulan IBM Sanimas terhadap Penerima Manfaat yang sudah di usulkan. Kegiatan verifikasi ini dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai tanggal 28 s.d 30 November 2023 yang lalu.

Salah satu Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat adalah program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) yang bertujuan untuk meningkatkan sarana akses sanitasi yang lebih luas guna meningkatkan akses kebersihan serta Kesehatan lingkungan, sarana jamban dan penanggulangan pencemaran sumber air tanah yang dalam. Pelaksanaannya dilapangan melibatkan KSM yang didampingi oleh Tenaga Fasilitaror Lapangan (TFL).

Kodisi sanitasi masyarakat menjadi salah satu faktor pemicu angka stunting di daerah. Untuk mengintervensi keluarga yang memiliki anak stunting di Kabupaten Sijunjung khususnya dalam menyediakan sanitasi yang layak, maka pada tahun 2024 telah diusulkan kepada pemerintah pusat melalui BPPW Sumbar untuk penyediaan sanitasi yang layak berupa jamban individu bagi masyarakat yang termasuk dalam data stunting.

Terhadap usulan dimaksud, maka Dinas Perkim-LH melakukan verifikasi terhadap sasaran yang betul-betul layak mendapatkan bantuan ini, kata Arief.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya dari pemerintah daerah dalam mengintervensi angka stunting di Kabupaten Sijunjung. Adapun yang menjadi kriteria penerima manfaat dari program IBM Sanimas ini adalah Keluarga yg memiliki ibu hamil dan termasuk MBR, keluarga yang memiliki anak Stunting, kelurga yang masih melakukan BABS dan tidak mempunyai akses sanitasi berupa tangki septik dan toilet yang layak, memiliki sumber air bersih disekitar lokasi serta pembangunan baru bagi rumah yang belum memiliki jamban sama sekali.
Diharapkan dengan adanya Program Infrstruktur Berbasis Masyarakat Sanimas membawa manfaat bagi masyarakat kabupaten Sijunjung, sehingga dapat menjadi lingkungan kabupaten Sijunjung yang bersih, sehat, aman, dan nyaman serta dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Sijunjung,harap Kadis.( Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img