26 C
Padang
Jumat, Juni 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Wali Kota Erman Safar Kunjungi Posko Evakuasi Erupsi Gunung Marapi
W

Kategori -
- Advertisement -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar kunjungi posko evakuasi terhadap survivor letusan Gunung Marapi di Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, Selasa (5/12/2023).

Di lokasi Posko, Wako Erman Safar didampingi sejumlah OPD di Pemko Bukittinggi ini, melihat langsung kesiapsiagaan tim gabungan dan para relawan.

Erman Safar ungkap duka mendalam atas musibah erupsi gunung marapi.

“Berbagai upaya akan dilakukan Pemko Bukittinggi untuk membantu proses evakuasi para pendaki yang masih berada di atas gunung,” ujarnya.

“Pemko juga kerahkan BPBD Bukittinggi untuk bantu tambahan personil, agar proses evakuasi korban yang ada di Gunung Marapi cepat selesai,” tuturnya.

Diketahui, bantu telah diberikan Pemko Bukittinggi seperti dari Dinas Sosial Bukittinggi, yang mana sudah mengirim bantuan logistik ditujukan pada relawan dan tim sar gabungan.

Termasuk juga Dinas Kesehatan juga telah berikan bantuan, berupa makanan kering, masker, hand sanitizer, obat obatan, vitamin, hand scoon dan air mineral serta kantong jenazah.

Gunung Marapi setinggi 2.891 meter di atas permukaan laut ini, pada Minggu (3/12/2023), mengalami erupsi sekitar pukul 14:54 WIB.

Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara, lebih kurang 4 menit 41 detik.
Saat ini Gunung Marapi berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi.

Masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki pada radius 3 km dari kawah atau puncak. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img