32 C
Padang
Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dinas Perkim-LH melakukan Validasi KLHS RPJPD Tahun 2025-2045 di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat
D

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.com.,-Dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sijunjung tahun 2025-2045 maka harus didahului dengan penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) sebagai dokumen wajib yang menjadi masukan. KLHS RPJMD sebagai instrumen pembangunan berkelanjutan untuk dapat diintegrasikan ke dalam dokumen perencanaan daerah.kata kadis Perkim Kabupaten sijunjung Arif Meigayanto diruang kerjanya Selasa (19/12).

Pemerintah daerah, dalam penyusunan KLHS RPJPD dan RPJMD, mempedomani Permendagri 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan KLHS RPJMD yang mana muatan pada KLHS terdiri dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, daya dukung daya tampung, dan isu daerah lainnya

Rangkaian kegiatan penyusunan KLHS RPJPD ini telah diawali sejak awal Tahun 2023 berupa pembentukan Tim Pembuat KLHS RPJPD yang terdiri berbagai unsur serta dibantu oleh Tim Ahli dari PSLH Unand, kata Arif.
Tahapan selanjutnya adalah verifikasi dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) pada bulan April 2023, Konsultasi Publik I untuk penjaruingan isi Pembangunan Berkelanjutan pada Bulan Mei 2023, Penajaman Isu pada Bulan Juni 2023, Perumusan Skenario Pembangunan Berkelanjutan (konsinyering) pada bulan Juli 2023, FGD Arah kebijakan pada bulan Agustus dan Konsultasi Publik II pada Bulan September 2023.

Tahapan akhir yang harus dilalui adalah validasi Oleh Gubernur, yang dalam hal ini dikoordinasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi. Sumbar. Adapun Tim Validasi terdiri dari beberapa OPD terkait diantaranya Dinas BMCKTR, Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kesehatan, Dinas Perkim, Dinas Sosial, Dinas Kehutanan, serta Akademisi dari Perguruan Tinggi.

Kegiatan validasi diawali dengan Pemaparan Oleh Kadis Perkim LH Kabupaten. Sijunjung selaku Ketua Tim Pembuat KLHS RPJPD yang didampingi oleh Tim Pembuat dan Tim Ahli dari PSLH Unand. Berdasarkan paparan oleh Ketua Tim maka dilakukan pembahasan dan pendalaman lebih lanjut oleh masing-masing anggota Tim Validasi Provinsi. Seluruh masukan dan kajian dari Tim dibuat dalam berita acara dan menjadi pedoman bagi Kabupaten Sijunjung dalam menyempurnakan Dokumen KLHS RPJPD Tahun 2025-2045.

Perbaikan dokumen disepakati untuk disampaikan Kembali ke Sekretariat Tim melalui Dinas LH Provinsi pada Minggu Ke IV Desember 2023 yang selanjutnya akan diperoleh surat hasil Validasi Gubernur untuk dilakukan pengintegrasian kedalam dokumen RPJPD yang diantaranya bertujuan agar isu-isu strategis daerah terutama yang berkaitan dengan lingkungan, dapat terakomodir di dalam RPJPD Kabupaten Sijunjung nantinya.(Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img