27.1 C
Padang
Kamis, Agustus 11, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dinas Pariwisata Sumbar Gelar Pacu Iktik Di Payakumbuh
D

Kategori -
- Advertisement -

Di dunia, pacu terbang itik (PTI) hanya ada di Luak Limopuluah, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Untuk itu, Dinas Pariwisata Sumatera Barat bersama Dinas Pariwisata pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh, menggelar iven PTI akhir tahun, dengan mengundang turis mancanegara datang ke Payakumbuh, Sabtu-Minggu (14-15/12).

Gelar PTI melibatkan sekitar 200-an itik itu, berlangsung di gelanggang tradisional Kelurahan Aur Kuning, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Dinas Pariwisata Sumbar menyediakan sejumlah paket hadiah yang cukup menarik untuk pemenang PTI. Sementara itu, kalender iven ini telah disebarluaskan keseluruh provinsi, travel biro dan ke sejumlah kantor kedutaan negara sahabat di Jakarta.

Kepala Dinas Pariwista Sumatera Barat Drs. H. Burhasman, MM, melalui Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Payakumbuh Drs. Syahnadel Khairi, menginformasikan, Jum’at (6/12), olahraga tradisional yang sudah menjadi kalender tetap Dinas Pariwisata Sumbar dan Payakumbuh itu, dalam rangka memeriahkan HUT Kota Payakumbuh ke-43.

Iven tersebut, menurut Syahnadel didampingi stafnya Nirdawati, S.Sos, olahraga tradisi yang ditunggu-tunggu wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Tamu yang datang menilai, lomba ini cukup unik, karena jarak pacu yang dilewati itik air terlatih itu, cukup jauh, mulai dari jarak 800 sampai jarak paling jauh 3.000 meter.

Selain kecepatan itik, ketepatan itik mendarat dalam garis finis yang sudah ditentukan, menjadi penilaian dalam PTI. “Meski seekor itik terbang lebih cepat, jika mendarat tidak pada lokasi pendaratan yang ditentukan, tidak akan menang. Disinilah unik lomba atau pacu terbang itik,” kata Syahnadel.

Menurut Syahnadel, peternak itik peserta lomba sejak jauh hari telah mulai melakukan persiapan dalam menghadapi PTI HUT Kota Payakumbuh ini. Menurutnya, usai lomba, itik-itik yang merebut gelar juara, biasanya nilai jualnya langsung meroket, jutaan rupiah. Itik berprestasi itu, gengsinya berdampak kepada pemiliknya, sebagai peternak dan pemilihara itik pacu yang sukses, simpulnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img