29.4 C
Padang
Minggu, Juni 20, 2021
Beritasumbar.com

Dinas Kesehatan Pessel: Masyarakat Berpuasa Agar Menjaga Pola Makan
D

Kategori -

Painan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengingatkan masyarakat kabupaten setempat khususnya umat muslim yang tengah melaksanakan ibadah puasa agar senantiasa menjaga pola makan.

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Syahrizal Antoni di Painan, Jumat, mengatakan menjaga pola makan apalagi bagi umat muslim yang tengah melaksanakan ibadah puasa saat ini sangat diperlukan guna menjaga kesehatan usus dan lambung.

“Agar kesehatan selalu terjaga dalam menjalankan ibadah puasa maka diingatkan untuk tidak terlalu ekstrim dalam mengonsumsi makanan dan minuman karena kesehatan usus dan lambung sangat tergantung dengan pola makan dan minuman yang dikonsumsi, ” katanya.

Menurutnya, selama berpuasa tentu saja terjadi perubahan jadwal makan. Khusus makan nasi, dari biasanya tiga kali sehari, kini hanya dua kali sehari yaitu saat buka dan sahur sedangkan pada siang hari terjadi kekosongan.

Maka itu berupayalah menerapkan pola makan yang wajar dan tidak berlebihan supaya kesehatan selalu terjaga.

Dengan menjaga pola makan tersebut maka kesehatan lambung dan usus bisa terjaga serta dapat beradaptasi dengan kondisi puasa.

Mengonsumsi sayur dan buah segar serta berbuka dengan makanan dan minuman yang manis-manis sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Ini tidak lain juga bertujuan agar kesehatan usus dan lambung tetap terjaga dengan baik.

“Kita harus dapat mengatur pola makan, maka itu saat berbuka puasa, makan atau minumlah dengan wajar dan jangan berlebihan karena jika berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, bahkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan lambung dan usus katanya.

Katanya, makanan sehat tentunya mengandung gizi empat sehat lima sempurna dan ini diharapkan menjadi perhatian bagi yang berpuasa.

Penyakit yang sering terjadi pada masyarakat selama berpuasa seperti kelainan lambung (maag) dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Penyakit tersebut, seringkali disebabkan oleh pola makan yang berubah selama bulan berpuasa.

Selain itu masyarakat juga diimbau untuk bisa menjaga kebersihan baik diri sendiri maupun lingkungan tempat tinggal. Masyarakat yang berpuasa juga agar dapat banyak istirahat dan mengonsumsi makanan yang bergizi pada malam harinya.

Sedangkan, makanan yang baik untuk sahur adalah makanan yang dapat bertahan lama di tubuh dan bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu agar dapat mengurangi makanan pemicu kadar gula darah cepat turun karena menyebabkan timbulnya rasa lapar lebih cepat.

(Antara/Oleh Junisman)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tingkatkan Kompetensi Guru Madrasah, MTsN 2 Padang Pariaman Gelar Lokakarya di Bukittinggi

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,_Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Pariaman gelar Kegiatan Lokakarya Peningkatan Kompetensi Guru di Hotel Pusako Bukittinggi, Sabtu (19/06/2021)
- Advertisement -

Kankemenag Padang Panjang Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang,Senin (14/06/2021)

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...
- Advertisement -

RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi, Kamis 17 Juni 2021.

Efendri Eka Saputra Sukses Memasyarakatkan Jaksa

Sijunjung,BeritaSumbar.com,-Meskipun baru menjabat 3 bulan sebagai Kepala Kejari Sijunjung, nama Efendri Eka Putra tidak asing lagi di telinga masyarakat Sijunjung.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ketua IPW Tutup Usia, Yakub ismail: Indonesia Kehilangan Salah Satu Tokoh Kritis

JAKARTA | Ketua Umum Ikatan Media Online Indonesia (IMO-Indonesia), Yakub Ismail mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) H. Neta Saputra Pane pada Rabu (16/6) sekira pukul 10.40 Wib di RS Mitra Keluarga, Bekasi Barat.

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Empat ASN Kemenag Kota Padang Panjag Terima Sertifikat Bimtek Fasilitator Keluarga Sakinah

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Sebanyak Empat ASN Kementerian Agama Kota Padang Panjang terima Sertifikat Bimtek Fasilitator Keluarga Sakinah

Peduli Ekonomi Daerah PK IMM Kasman Singodimedjo Kunjungi Ketua Umum KADIN SUMBAR

Padang,BeritaSumbar.com,- PK IMM Kasman Singodimedjo berkunjung dan audiensi dengan Ketua Umum Kamar Dagang Industri (KADIN) Sumatera Barat, Jumat (28/05) di sekretariat KADIN. Dalam pertemuan ini membahas tentang apa peranan mahasiswa dan pemuda dalam membantu membangkitkan perekonomian daerah.

KPU Apresiasi Kerja Nova Indra Sebagai Penyelenggara Pemilu

Padang Panjang, beritasumbar.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengapresiasi kerja Komisioner KPU Sumbar Almarhum Nova Indra sebagai penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu). Anggota KPU...

163 Narapidana Lapas Sijunjung Dapat Remisi Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 163 narapidana di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas ll B Muaro Sijunjung mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. Kepala...

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.
- Advertisement -