25 C
Padang
Sunday, November 29, 2020
Beritasumbar.com

Betulkah Ranperda Pelayanan Publik Akan Akomodir Segala Permasalahan?
B

Kategori -

Padang – Anggota Komisi V DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Darmon mengatakan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pelayanan Publik akan mengakomodasi segala permasalahan layanan publik yang tengah berkembang saat ini.

Ia di Padang, Kamis, mengatakan selama ini masih banyak pengaduan masyarakat atas kurangnya pelayanan publik pada lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Masih banyak terdapat pengaduan masyarakat akan kurangnya pelayanan publik di beberapa lembaga pemerintahan. Seperti dalam hal pelayanan kesehatan di beberapa RSUD di Sumbar,” ujarnya yang juga ketua Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Pelayanan Publik.

Menurutnya, timbulnya permasalahan tersebut dikarenakan kurangnya standar pelayanan publik di RSUD bersangkutan. Hal itu juga disebabkan minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan kurangnya sarana serta prasarana rumah sakit yang memadahi sehingga berdampak pada pelayanan kepada masyarakat.

“Yang terlihat saat ini yakni kebanyakan terjadi pada fasilitas ruang tunggu pasien, sampai jumlah dokter yang kurang dari yang seharusnya sehingga membuat pasien harus menunggu lebih lama,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Darmon, persoalan pelayanan publik juga terlihat pada kantor pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sumbar. Hingga saat ini keberadaan calo di instansi tersebut masih belum bisa ditutaskan.

“Calo pajak yang masih berkeliaran tentu akan berdampak pada pelayanan yang sah pada masyarakat dalam pembayaran pajak. Ini masih belum bisa di tertibkan,” katanya.

Ia mengatakan, Pansus ranperda akan terus mencari dan membahas berbagai persoalan riil yang terjadi di lapangan sebagai referensi dalam pembasan ranperda.

Dari beberapa persoalan yang terlihat, ia mengimbau agar SKPD dan lembaga lainnya untuk memasang atau memaklumatkan Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Standar Operasional (SOP) agar warga mengetahui dan memdapat pelayanan yang layak.

Sementara itu, Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Sumbar mengakui maraknya aksi calo masih terjadi di UPTD Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sumbar.

“Mungkin sulit untuk diberantas habis, padahal telah jelas-jelas diberi peringatan. Namun yang calo tersebut masih saja menutup mata,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebenarnya sistem yang diterapkan saat ini sangat memudahkan masyarakat, tanpa harus mempercayakan kepada calo lagi.

“Namun tetap saja, kondisi di lapangan saat membayar langsung ke kantor Samsat tetap memakai perantara dengan berbagai cara,” katanya.

(Antara/Oleh M R Denya Utama)
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Andes : “Warga Harau dan Kecamatan Payakumbuh Pilih Darman Sahladi-Maskar No Urut 2”

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gerakan politisi yang satu ini untuk kemenangan Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo, patut diacungi jempol. Yaitu Marsanova Andesra.

Rangkaian HUT Kota Payakumbuh, Wako Riza Minta Jajarannya Siapkan Informasi Pelayanan P3K, Minimalisir Keramaian

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi, Rabu (25/11) menyebut telah memberi arahan agar iven peringatan 50 tahun hari jadi Kota Payakumbuh dilaksanakan dengan...

Indikasi Bunuh Diri Relawan Covid-19 China di Brasil, Ada apa dengan Pengujian Klinis Vaksin Covid-19?

Oleh : Ramadhila Sari - Penulis adalah Mahasiswa Biologi Universitas Andalas Kasus infeksi Covid-19 meningkat di 80 negara sebagian...

Heboh Video Gantung Diri Di Lintau, Ini Klarifikasi Kapolsek Lintau Buo Utara

Tanah Datar, Beritasumbar.com - Masyarakat di Lintau IX Koto di hebohkan dengan beredarnya Video gantung diri berdurasi 30 detik,Rabu 25/11/2020.

Nagari Koto Bangun Wakili Limapuluh Kota Dalam Lomba Transparansi Pengelolaan Dana Desa

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Dalam pengelolaan dana Desa setiap tahun anggaran sangat diperlukan adanya transparansi perencanaan dan pelaksanaan dana Desa/Nagari yang dikucurkan pemerintah pusat...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

SMP Muhammadiyah 6 Padang Ukir Prestasi Lewat Pembinaan Bakat Siswa

Keberadaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 6 Padang termasuk salah satu sekolah yang diperhitungkan di Sumatera Barat, karena prestasi yang diraih oleh para siswanya di berbagai ajang perlombaan. Selain membekali dengan ilmu agama, sekolah ini juga membina dan menyalurkan bakat dan keterampilan para siswanya.

Temukan Pungli Di Padang Panjang, Segera Lapor Ke Rumah Aspirasi

Padang Panjang, beritasumbar.com - Kepala Kejaksaan Negeri Kota Padang Panjang Dwi Indrayati, SH, MH melalui Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara, Minang...

Dua Minggu Menghilang,Juragan Padi Di Temukan Meninggal Dunia, Diduga Gantung Diri.

Tanah Datar,beritasumbar.com - Dua minggu pergi dari rumah,juragan padi di Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar di temukan tidak bernyawa dan sudah...

Bappeda Sumbar Gelar FGD di Payakumbuh Timur untuk Susun Profil Daerah Irigasi Batang Agam

Payakumbuh, BeritaSumbar - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumatera Barat menggelar fokus grup diskusi (FGD) dalam rangka penyusunan profil sosial ekonomi teknik...

Pasar Ekraf Payakumbuh Berikan Peluang Bagi Pelaku Kuliner Tradisional Saat Pandemi Covid-19

Payakumbuh, Beritasumbar.com - Pasar ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tidak hanya untuk promosi wisata, tapi juga berdampak kepada pelaku...

Zusneli Zubir Saat Seminar BPNB Sumbar Angkat Keberadaan Kerajaan Jambu Lipo di Sijunjung

Berdasarkan memori kolektif dan tradisi yang masih lestari di tengah masyarakat Kanagarian Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, terungkap, bahwa pernah berdiri Kerajaan Jambu Lipo di daerah tersebut. Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Ketua Tim Peneliti bersama para anggotanya: Efrianto, SS., dan Rismadona, S.Sos. melaporkan hasil kajian mereka tentang keberadaan Kerajaan Jambu Lipo pada Seminar Hasil Kajian Nilai Budaya, digelar oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) pada Senin 16 - 17 November 2020 di Kyriad Bumiminang Hotel, Jalan Bundo Kanduang No. 20 - 28, Padang.

Meski Defisit Anggaran, Payakumbuh Tetap Alokasikan Insentif Guru Mengaji-Tahfiz

Payakumbuh, beritasumbar.com- Meski mengalami defisit anggaran pada 2021 karena adanya pemotongan akibat Pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh memastikan tetap menganggarkan intensif bagi...

Tingkat Pelayanan Kesehatan Di Payakumbuh Empat kali Jumlah Penduduk

Payakumbuh, beritasumbar.com -Tingkat pelayanan kesehatan di Kota Payakumbuh melebihi jumlah penduduk, bahkan angkanya mencapai empat kali lipat dari jumlah penduduk 138.000 jiwa,...

Ratna Dewi Pettalolo Resmikan Pusat Layanan Informasi Publik Bawaslu 50 Kota

Limapuluh Kota, beritasumbar.com – Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Ratna Dewi Pettalolo mengunjungi Luak Limopuluah dalam rangka kunjungan kerja sekaligus meresmikan...

Peminat KPPS Di Kecamatan VII Koto Padang Pariaman Melimpah

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan VII Koto Sungai Sariak menyerahkan hasil seleksi calon Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) oleh...
- Advertisement -