25 C
Padang
Minggu, Oktober 24, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Di Padang Pariaman, Kemenkominfo Ulas Tips menjadi orangtua sukses mendidik generasi alpha
D

Kategori -
- Advertisement -

Padangpariaman,BeritaSumbar.com, — Menjadi orang tua dari generasi alpha atau yang sering disebut-sebut sebagai generasi paling pintar abad ini, bukan hal yang mudah.

Hal itu disampaikan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan, Marsefio Sevyone Luhukay saat menjadi pemateri webinar Kemenkominfo di Kabupaten Padangpariaman, Senin (23/8) lalu.

“Orang tua harus memberikan bekal sejak dini pada generasi ini untuk menghadapi tantangan di masa depan,” katanya.

Marsefio menyebut cara orang tua menjaga keamanan digital generasi alpha, dapat ditempuh dengan membatasi waktu yang anak habiskan untuk gawainya.

“Jangan asal melarang, namun berikan solusi atau alternatif kegiatan lain pada anak. Orangtua harus memberi contoh yang baik dan benar, serta perhatikan dengan seksama apa yang menjadi minat anak,” terangnya.

Praktisi Pendidikan dan RTIK Indonesia, Muhammad Ridwan Arif membahas manfaat media digital untuk anak. Mencakup sarana untuk belajar dan mencari berbagai informasi, memudahkan komunikasi, membangun jejaring sosial, serta membangun kreatifitas dan media untuk berkarya.

“Ancaman media digital untuk anak, meliputi kesehatan dan perkembangan fisik anak, serta peretasan dan pencurian data pribadi,” katanya.

Narasumber lain webinar itu, Kepala SMAN 1 Enam Lingkung Padangpariaman, Ernawati membahas beberapa hal penting dalam peningkatan literasi digital bagi anak didik.

“Contoh kegiatan literasi digital di sekolah ialah pengarsipan digital, kelas virtual, dan berkomunikasi dengan warga sekolah menggunakan tekonologi digital,” ujarnya.

Dosen Universitas Negeri Padang, Hendra Naldi menyebut era digital membuat masyarakat bebas berkreasi, inovasi dan berekspresi.

“Proses kendali dalam bermedia sosial, masih mengandalkan pengaturan sistem. Misalnya mengatur akun bersifat pribadi atau publik. Sementara kendali literasi, bagaimana masyarakat punya pengetahuan dan memahami isi konten dalam media sosial, serta kemampuan itu jadi kekuatan dalam menyeleksi konten yang akan dibagikan,” jelasnya.

Sebagai penutup webinar, Influencer dengan followers 24,9 ribu, Pricilla Gita menyimpulkan hasil webinar yang sudah diangkat oleh para narasumber.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img