24 C
Padang
Senin, Oktober 25, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung
W

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.

Puji yang menjadi narasumber webinar Kemenkominfo di Kabupaten Sijunjung Sabtu (21/8) menyebut, ada 2 jenis jejak digital yaitu jejak aktif dan jejak pasif.

“Jejak aktif, secara sadar kita mengisi atau menambahkan konten, komentar, posting video dan lain lain. Jejak pasif misalnya browser history, cookies, IP Address, locaction dan sebagainya,” kata Puji.

Region Supervisor of Padang YBM BRI, Abdul Azis Nasta secara singkat menerangkan bahwa warga harus selalu produktif dengan menentukan mana yang lebih prioritas, menentukan target dan tujuan, disiplin dan tidak berhenti untuk belajar.

Hal produktif yang dapat dilakukan di media sosial menurut Abdul Azis antara lain mempromosikan usaha, menyimpan portfolio dan menjalin serta memperbanyak relasi.

Narasumber terakhir, Kepala SMA Negeri 2 Sijunjung, Harnetti menjabarkan beragam hal negatif yang bisa ditimbulkan internet. Seperti perundungan siber, hoax, posting foto yang memalukan, pesan ancaman, serta paksaan mengirim gambar sensual.

“Untuk mengatasinya, laporkan, tenangkan korban, dan menghubungi konselor,” sebutnya.

Pada webinar itu, Sevira Elda seorang Konten Kreator memberikan sharing session dari hasil tema yang sudah diangkat oleh para narasumber.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img