24 C
Padang
Senin, November 29, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dengan Budidaya Jamur tingkatkan Pendapatan Keluarga
D

- Advertisement -

Payakumbuh,Beritasumbar.com- Selain memiliki khasiat yang banyak ternyata jamur tiram juga mampu meningkatkan pendapatan keluarga. Dengan membudidayakan jamur ini anggota kelompuk Usaha Togak Basamo bisa menambah pemasukan bagi rumah tangga mereka. Terutama kaum ibu.
baca juga http://beritasumbar.com/manfaat-jamur-tiram-bagi-tubuh/
Kelompok Usaha Jamur tiram Togak Basamo yang berada di kelurahan Togo Koto Dibaruah Payakumbu Utara sudah memulai budidaya jamur ini smenjak 2008. Kegigihan dalam belajar dan memasarkan hasil panen pun mulai menampakan hasil.

Pemko Payakumbuh melalui instansi terkait melihat kegigihan anggota kelompok usaha Togak Basamo pun turun tangan dalam pembimbingan baik teknis maupun non teknis. Dan usaha kelompok ini sekarang sudah bisa membentu koperasi dan Kelompok Tani Wanita (KWT).

Saat beritasumbar.com mencoba menelusuri kerumah salah satu warga anggota Usaha Jamur Tagak Basamo didapt cerita menarik akan perkembangan usaha ini. Nen dan Jon pasangan suami istri yang sudah semenjak awal ikut  budidaya jamur. Bahkan keluarga ini salah satu perintis usaha bersama ini.

Jamur ini usianya 40 hari. dan dipanen pagi dan siang . hasil panen saat ini di jual ke pasar Ibuah Payakumbuh dan ada juga yang di kirim ke daerah lain di Sumbar tapi tidak setiap hari. Cerita Erizon(jon) suami Nen kepada beritasumbar.com saat ngobrol di rumahnya.

Yang kita pasarkan tidak hanya yang kita punya tapi juga tetangga yang ikut budidaya jamur timpal Nen. Saat di tnya untuk pemasaran keluar provinsi Jon mengatakan masih dalam tahap penjajakn,bahkan sudah mengirim sample keluar negri. Kita juga ada dapat pembinaan dari pusat ujar jon,saat ini pembina kita tersebut juga ikut membantu mencari pasar jamur tiram ini. Yang sudah mulai minta untuk pengiriman di bulan april ini baru Moskow Rusia itu masih di kisaran 350 kg per bulan dan pengirimannya tidak sekaligus imbuh Jon dan Nen.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img