Genjot Kunjungan Wisatawan,Tiga Ivent Besar Akan di Helat Di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,Beritasumbar.com-Walau masih terkendala oleh aturan aturan dari BKSDA yang mengikat sebagian besar kawasan Limapuluh Kota masuk hutan Lindung. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat Pemkab daerah ini untuk terus mempromosikan keindahan dan budaya untuk menggenjot kunjungan wisatawan.

Program Harau menuju Dunia terus di promosikan dengan berbagai kegiatan. Tahun ini dalam agenda ada tiga kegiatan besar akan di adakan di Luak Nan Bungsu ini. Kegiatan ini Selain untuk mendongkrak kunjungan wisatawan juga untuk menyemarakkan hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota yang ke 176 yang jatuh pada Bulan April mendatang. Ketiga Ivent itu diantaranya, Pekan Budaya, Pasa Harau Alt & Culture Festival serta Kemilau Lembah Harau.

“ Guna membangun daerah dan memperkuat budaya di Kabupaten ini, dalam waktu dekat akan ada tiga ivent seni dan budaya, untuk itu saya mohon dukungannya agar kegiatan terlaksana dengan baik” ujar Irfendi Arbi  ketika dicoba konfirmasi akan kegiatan ini.

Dijelaskannya, Pada acara Pekan Budaya yang digelar pada pertengahan April mendatang akan menampilkan berbagai macam budaya, seni, serta menyuguhkan produk unggulan daerah, sekaligus ajang promosi produk lokal milik Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Limapuluh Kota. “ Yang jelas kegiatan tahunan ini, bakal lebih menarik lagi pada tahun sebelumnya” ujar Bupati.

Selain Pekan budaya, pada bulan Agustus mendatang juga digelar Pasa Harau dan Kemilau Lembah Harau, pada kegiatan yang digagas komunitas Harau ini, turis manca Negara dan turis lokal akan menyaksikan  berbagai macam seni tradisi minangkabau.  “ Ini merupakan salah satu program mengembangkan potensi wisata lembah Harau. Diharapkan, memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomi masyarakat Limapuluh Kota, khususnya Nagari Harau,” ungkap Irfendi Arbi.

Sementara itu, menurut panitia Pasa Harau dalam promo  acara mereka di media sosialnya mengatakan, dalam kegiatan ini, pengunjung Pasa Harau nantinya bakal merasakan dahsyatnya berkampung halaman di Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Pasalnya, selama Tiga hari Dua malam pengunjung bakal disuguhkan berbagai rangkaian acara dan makan terbaik di Lembah Harau.

Diantaranya, kegiatan pacu jawi, pacu itiak, pacu cakau baluik dan buru babi khas masyarakat minang, selain itu pengunjung nantinya juga bakal menjadi bagian dari permainan rakyat minang.

Bagi penikmat musik juga bakal diadakan panggung Haraukustik yang akan menghadirkan grup-grup temporer, bagi pengunjung penyuka alam panitia juga bakal menggelar kegiatan tracking, panjat tebing dan tour keliling lembah harau.” Penasaran dengan kegitan kegiatan ini, datang saja pada acara Pasa harau yang akan dihelat 25-27 Agustus mendatang, bakal ada kegiatan kegiatan menarik lainya.