29.4 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

Danlantamal II Teluk Bayur Siap Kerjasama Kembangkan Kampung Bahari Di Kawasan Mandeh
D

Kategori -

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Komandan Pangkalan Utama TNI AL/II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E.,M.M.,M.Si memastikan siap jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hal pengembangan potensi budidaya ikan kerapu di kawasan objek wisata bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. 

Hal itu disampaikan Danlantamal II Padang saat berkunjung di kediaman rumah dinas Bupati Pesisir Selatan, Kamis (8/4). Kedatangan rombongan Danlantamal II Padang disambut langsung Bupati Pessel Drs. Rusma Yul Anwar, Wakil Bupati Apt. Rudi Hariyansyah, Dandim 0311 Pessel Letkol Inf.Gamma Arthadilla Sakti, Wakapolres Pessel Kompol Taufiq Isra, dan Kepala OPD terkait.

Kepada sejumlah awak media,  Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E.,M.M.,M.Si mengatakan, potensi kawasan bahari mandeh cukup  strategis dalam pengembangan budidaya ikan kerapuh. Bersama Bupati Pesisir Selatan, Pemkab Pessel Lantamal II Padang siap bekerjasama.

Kampung Bahari Nusantara di kawasan Mandeh kita akan dirikan, tentu saja tujuan KBN ini untuk membantu ekonomi UMKM dan masyarakat, seperti pendampingan pelatihan teknis penyelaman (sertifikat). 

” Kita bersama Pemkab Pessel akan gairahkan kembali potensi budidaya ikan kerapuh, mitigasi pengawasan pantai, serta pengembangan tanaman mangrove yang selama ini tidak produktif,” tegas Hargianto.

Dengan pelatihan penyelaman ini, kedepan UMKM bisa mandiri, membuka lapangan pekerjaan sehingga roda ekonomi masyarakat di kawasan mandeh bisa berjalan. Untuk kesehjateraan masyarakat di Pesisir Selatan.

Lantamal II Padang bersama Dinas terkait siap melakukan pengawasan, juga penegakan hukum bagi oknum masyarakat ataupun orang tidak bertanggung jawab yang beraktifitas melakukan penangkapan ikan menggunakan alat tangkap dilarang oleh Undang – Undang, maupun Pemerintah. Yang, dapat merusak ekosistem ikan dan terumbu karang di laut. 

Disebutkannya, potensi kemaritiman yang merupakan hasil sumber daya laut itu jangan sampai dirusak oknum-oknum yang ingin merusak dan mengambil keuntungan sepihak, di antaranya merusak lingkungan, menggunakan cara-cara yang dilarang untuk menangkap ikan, mengotori laut dengan sampah plastik, dan lainnya.

” Jika, Kita temukan hal itu dilapangan. Kita akan lakukan tindakan tegas sesuai aturan berlaku,” katanya.

Untuk itu Komandan Pangkalan Utama TNI AL/II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E.,M.M.,M.Si mengajak Pemkab Pessel, serta masyarakat untuk bersama – sama menjaga potensi kemaritiman harus dijaga secara maksimal agar bisa dimanfaatkan masyarakat. ( Rio)

Teks Foto : Kedatangan rombongan Danlantamal II Padang disambut langsung Bupati Pessel Drs. Rusma Yul Anwar, Wakil Bupati Apt. Rudi Hariyansyah, Dandim 0311 Pessel Letkol Inf.Gamma Arthadilla Sakti, Wakapolres Pessel Kompol Taufiq Isra, dan Kepala OPD terkait

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...
- Advertisement -

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.
- Advertisement -

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap

Bukannya Tobat, Malah Minta Dikirim Sabu

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Bulan Ramadhan bulan penuh ampunan dan berkah ternyata bukan dimanfaatkan bertobat. Namun tidak bagi Risky (21) tahanan narkoba Polres Pessel ini malah memesan kiriman narkotika dari temannya

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.

Ustadz Orange, Sampaikan Tausiah di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Ustadz Narlis Nazar, yang dikenal dengan Ustadz Orange ini, memberikan Tausiah agama di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Kamis (8/4).

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Polres Pesisir Selatan mengadakan Survei Tata Kelola Eksternal Polres 2021 intuk mendorong perbaikan kinerja Kepolisian Republik Indonesia, khususnya di jajaran Polres Pesisir Selata. Penilaian Indeks Tata Kelola (ITK) tersebut bertempat di aula pertemuan Mapolres Pessel, Kamis (8/4/2021).

Tersangka Jambret, Dibekuk Tim Opsnal Macan Kumbang

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Satu tersangka jambret berinisial " IM ' (23) warga Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hitungan jam berhasil dibekuk Tim Opsnal Macan Kumbang Satreskrim. Senin (22/3) pukul 15.00 Wib.

Kodim 0311/ Pessel gelar Vaksinasi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama dua hari, Kodim 0311/ Pessel mengadakan kegiatan Vaksinasi Covid - 19. Kegiatan tersebut Kodim 0311/ Pessel menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Pessel.

Peringatan HPI, Lisda Hendrajoni momen penting meningkatkan kapasitas perempuan Indonesia

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Peringatan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari Senin (8/3) mendapat tanggapan dari Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Nasional Demokrat Lisda Hendrajoni.

Bersama IKAB Pessel, Wabup Sambut Kunjungan IKAB Kota Palembang

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Jarak bukan menjadi halangan dalam menjalin Silaturrahmi, ini dilakukan Ikatan Keluarga Agam Bukit Tinggi ( IKAB) Kota Palembang, dengan Ikatan Keluarga Agam Bukit Tinggi ( IKAB), Kabupaten Pesisir Selatan. Kemarin, Minggu (7/3) kemaren.

Kapolda Sumbar Gelar Safari Kambtibmas Ke Polres Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol.Drs.Toni Harmanto, M.H melakukan kunjungan safari Kamtibmas ke Polres Pesisir Selatan, Kamis (4/3) pukul 08.00 Wib. Yang berlangsung di Aula Bhayangkara Endra Dharmalaksana Polres Pesisir Selatan diikuti pejabat tinggi Polda Sumbar.
- Advertisement -