24.9 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Dana Gelap Pesta Rakyat
D

Kategori -

Sejak pukul sembilan pagi Senin saat pelantikan presiden lalu, warga mulai tumplek di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Makin siang, suasana kian sesak oleh warga mau melihat langsung Presiden dan Wakil Presiden baru dilantik, Joko Widodo dan Muhammad Jusuf Kalla.

Sesuai jadwal, Jokowi-JK, sapaan akrab keduanya, bakal diarak dengan kereta kencana dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Merdeka. Sebagai suguhannya, pesta rakyat itu menyediakan makanan gratis bagi warga. Mulai dari ketoprak hingga bakso bisa disantap tanpa fulus.

Hasan, 45 tahun, pedagang bakwan Malang, merupakan salah satu dari sekian banyak pedagang disewa untuk meramaikan pesta rakyat itu. Dia mengatakan seminggu sebelumnya dirinya sudah dipesan untuk ikut meramaikan dengan memberi makanan gratis kepada warga saat pesta rakyat.

Imbalannya, Hasan diberi uang Rp 350 ribu sebagai jasa sewa gerobak dan tenaga. “Jadi ini gerobak sama tenaganya yang disewa. Seharian dikasih Rp 350 ribu,” kata Hasan kepada merdeka.com Senin pekan lalu.

Hasan datang ke Monas sehari sebelumnya. Dia dijemput pihak panitia “Syukuran Rakyat” bersama rekannya sesama pedagang bakwan Malang di Teluk Gong, Pluit, Jakarta Utara. “Bahan-bahan dari mereka (panitia) semua,” ujarnya. “Jadi kami ini semua berangkat bareng dari Kapuk lalu didrop di sini kemarin malam.”

Rezeki ini rupanya dinikmati oleh sebagian warga. Nur salah satunya. Perempuan bedomisili di Jakarta Barat ini memang berniat hadir mendatangi acara pesta rakyat. Nur mengaku beruntung bisa menikmati makanan gratisan disuguhkan panitia di sepanjang Bundaran Hotel Indonesia. “Alhamdulilah makan gratis,” tuturnya.

Namun di balik acara itu, sumber merdeka.com, seorang pengusaha, memberikan keterangan mencengangkan. Dia mengungkapkan dana pesta rakyat ini didapat dari perusahan daerah milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. “Ya perusahaan daerah dipalakin,” katanya.

Dia tidak mengetahui berapa jumlah fulus diturunkan perusahaan daerah dalam pesta rakyat itu. Namun ada dua perusahaan daerah di DKI Jakarta menggelontorkan dana buat pesta rakyat. “Totalnya nggak tahu berapa, tapi dari jumlah makanan gratis bisa diperkirakan,” ujarnya.

Seorang pendukung yang juga dekat dengan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membenarkan pengusaha itu. Dia mengatakan banyak yang menanti imbalan dari aksi dukungan itu. “Kalau sekarang belum kelihatan, nanti kalau nggak kebagian, baru kelihatan,” tuturnya.

Bahkan saat dipancing, pendukung itu mengatakan banyak posisi komisaris perusahaan di BUMN lowong. “Kan banyak posisi kosong, paling nggak jadi komisaris lah,” katanya meyakinkan.

Namun juru bicara PDIP Eva Kusuma Sundari membantah tudingan soal dana dari Badan Usaha Milik Daerah DKI. Dia mengakui sebelumnya ada perusahaan daerah mau menyumbang untuk acara pesta rakyat. “Kami tolak,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon selulernya kemarin..

Eva menjelaskan semua dana buat menggelar pesta rakyat merupakan urunan dari relawan. Dia mencontohkan makanan gratis kemarin memang dibayar oleh para donatur. Bahkan Eva membenarkan ada uang dari pengusaha buat membiayai hajatan itu. “Kalau pengusaha mungkin dari relawan. Karena pengusaha juga ada yang bergabung dengan relawan,” tuturnya.

Dia mencontohkan drum band dibayar oleh Partai Hati Nurani Rakyat. “Sedangkan beberapa asosiasi pedagang memang menghubungi saya tapi saya serahkan ke divisi kuliner acara pesta rakyat. Dan itu semua sudah dibayar oleh donatur.” (merdeka.com/Arbi Sumandoyo)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Banyaknya Keluhan Tentang Konsumen, DPW LPPKI DKI Jakarta Dibentuk

JAKARTA - LPPKI (Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia) terus bergerak melakukan pengembangan organisasi, baik ditingkat Provinsi (DPW), maupun ditingkat Kabupaten Kota (DPC).

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Ranperda Tentang Mars Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, 01 Juli 2021. Melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dilaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang Mars Sumatera Barat yang akan ditetapkan menjadi Mars Daerah dengan judul Mars Sumatera Barat yang diciptakan oleh B. Andoeska.
- Advertisement -