29 C
Padang
Selasa, Agustus 9, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dalam Pilkada,Niniak Mamak harus mampu jadi lentera Nagari tanpa keberpihakan praktis
D

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,Beritasumbar.com-Usai pengumuman hasil pleno rekapitulasi tahap I calon perorangan untuk pilkada Kota Payakumbuh Sabtu 10/9 oleh KPU, Dukungan akan pasangan Wendra yunaldi dan Ennaidi Datuak Ongguang Nan Pandak semakin bertambah.

Hafit Gusman salah seorang tokoh muda dari Payakumbuh utara mengatakan dukungan untuk pasangan ini di Pilkada 2017 nanti. Dukungan foto copy ktp yang teruji di saat verifikasi faktual membuktikan adanya dukungan masyarakat,ujar Hafit Gusman di Payakumbuh Minggu 11/9 malam.

Hal senada juga di sampaikan oleh beberapa niniak mamak di kenagarian Koto Nan Gadang yang tidak ingin namanya di publis. Niniak mamak yang memberi dukungan ini tidak ingin di publis namanya hanya menghidari gesekan di tengah masyarakat saja. Kita tidak ingin di kotak kotakan dan pilkada ini, Dan berharap Siapapun calon yang akan di dukung sebaiknya KAN yang ada di Kota Payakumbuh bisa mengambil posisi netral.

Bagaimanapun calon yang maju di Pilkada Kota Payakumbuh mendatang merupakan warga masyarakat kita juga,anak kemenakan dan juga niniak mamak di nagari kita. Sayang jika ada KAN yang merupakan orgasisasi berkumpulnya para Niniak Mamak untuk membangun dan menjadi mitra pemerintah dengan anak nagari berani menyatakan sikap atau dengan bahasa lapangan pasang badan dengan satu calon atau kandidat.

Dan jika itu terjadi,itu telah mengingkari sifat dasar yang harus di miliki seorang pemangku adat/niniak mamak. Arif dan Bijaksana yang sifat dasar seorang pemangku adat adalah watak seorang negarawan.

Hal ini mengingat tidak sedikit para pemangku adat yang berkecimpung di dunia politik dengan bendera partai yang berbeda,bagaimana penyatuan sikap akan berjalan aman tampa gesekan.

Ady Surya SH,salah satu praktisi hukum juga mengaharapkan para niniak mamak mampu menjadi lentera penerang nagari yang memberikan pencerahan kepada anak kemenakan,tanpa ada keberpihakan secara praktis,.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img