32 C
Padang
Jumat, Mei 17, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Corona Minggat, Keluarga Tanaman Rimpang Mampu Mengusir Virus, Benarkah?
C

Kategori -
- Advertisement -

Apa kabar vaksin? Huru hara masyarakat akan datangnya vaksin yang tak kunjung memiliki anginbaik, sehingga membuat masyarakat benar-benar mampu untuk beradaptasi dengan kondisi pandemic yang semakin hari semakin menjadi-jadi. Disatu sisi, vaksin yang katanya akan didistribusikan akhir tahun ini diharapkan mampu untuk menekan penyebaran covid 19 dan juga masalah ekonomi yang tak kunjung henti dan semakin memburuk.

Namun, disisi lain masyarakat perlu merasa was was dan takut akan pendistribusian vaksin yang masih belum sempurna dan tergesa gesa dimana vaksin yang baik dan sempurna menurut WHO paling tidak selesai pada pertengahan tahun 2021. Lalu, jika pendistribusian vaksin ini terlalu tergesa gesa dan malah berdampak buruk untuk kesehatan manusia, bagaimana dengan nyawa manusia? Apakah hanya untuk dipermainkan? Entahlah.

Bimbang pastinya, tentu sangatbanyak hal yang harus dipertimbangkan dan dikaji oleh pemerintah agar pendistribusian vaksin yang cepat ini tidak membawa efek buruk untuk tubuh manusia. Banyak hal yang diperhatikan oleh pemerintah seperti pendidikan dan ekonomi sangat terdampak oleh covid-19 ini, sehingga membuat pemerintah harus terdesak dan segera dalam mendistribusikan vaksin agar kondisi yang memburuk saat sekarang ini dapat ditekan dan dihentikan.

Disamping itu, menerka nerka dan menunggu akan datangnya vaksin yang tidak tahu entah kapan datangnya dan seberapa efektivitasnya akan lebih baik jika kita tetap menjaga dan meningkatkanimun agar terhindar oleh covid-19. Sebagian masyarakat telah berupaya untuk meningkatkan imunitasnya dengan menggunakan tanaman herbal sebagai alternative untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Family dari Zingiberaceae atau dikenal dengan tanaman rimpang ini menjadi incaran oleh banyak orang dan dipercaya dapat untuk meningkatkan imun tubuh.

Sejak dulu masyarakat telah menggunakan tanamanyang dijadikan obattradisional untuk mencegah virus seperti virus influenza. Masyarakat di Indonesia sebenarnya telah menggunakan tanaman sebagai obat flu seperti kunyit, jahe dan bawang merah. Dalam beberapa penelitian telah dilaporkan bahwa tanaman yang mengandung polifenol mempunyai aktivitas antivirus dan secara efektif mampu mengurangi risiko resistensi dan relatif aman bagi tubuh manusia.

Kunyit (Curcuma longa L)dijadikan obatan dan dianggapsebagai salah satu herba yang sangat bernilai karena bisa digunakan sebagai bahan antibiotik dan berguna untuk memudahkan proses pencernaan dan memperbaiki perjalanan usus dalam tubuh. Lalu, apakah tanaman rimpang ini mampu untuk menangkal virus corona? Akhir akhir ini beredar kabar bahwa tanamanherbal mampu untuk menangkal corona. Pernyatan ini tidak sepenuhnya benar dan tidak juga salah karena memang senyawa yang ada dalam tanaman rimpang mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas orang dan jika imun seseorang baik maka tubuh juga akan bisa menangkal virus corona.

Akan tetapi belum terdapat penelitian bahwa dengan penggunaansenyawanya mampu untuk menyembuhkan virus corona.Tanaman rimpang mengandung senyawa antioksidan, antivirus, antibakteri, antiinflamasi dan antifungi. Manfaat dari senyawa yang terkandung pada tanaman rimpang dinilai bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga orang-orang berasumsi dengan mengonsumsi olahan dari tanaman rimpang seperti jahe, kunyit, kencur dan temulawak bisa mencegah tertularnya covid-19. Selain itu kandungan minyak Atsiri memberikan efek hangat pada tubuh. Yang mana virus tidak dapat bertahan pada keadaan yang panas. Kajian penelitian secara ilmiah belum bisa memastikan asumsi mengonsumsi tanaman rimpang menghindari covid-19 itu benar.

Maka sebaiknya informasi mengenai kebenaran khasiat yang beredar disikapi secara bijak.Wakil Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia(PD-IAI) menyatakan jahe, kunyit dan temulawak paling disarankan di dalam formularium obat tradisional. Jahe memiliki kandungan utama, yakni gingerol dan shogaol. Kedua kandungan inilah yang menyebabkan jahe terasa pedas dan hangat, sehingga sangat baik untuk metabolisme tubuh, pencernaan dan mengurangi rasa mual. Jahe juga memiliki efek sebagai antiinflamasi, antiradang, antibakteri dan antioksidan.

Umumnya rimpang memiliki kandungan antioksidan yang tahan pada pemanasan. Itulah yang membuatnya populer dan dicari. Begitu pula kunyit, memiliki kandungan utama yang membuat kunyit memiliki kemampuan antioksidan paling kuat karena adanya kandungan curcumin dan kunyit juga memiliki efek sebagai antiradang, antinyeri dan anti penggumpalan darah. Temulawak memiliki kandungan utama tumerol dimana punya kemampuan antioksidan, antiradang, antibakteri dan melancarkan metabolisme tubuh.Sehingga itulah yang membuatkenapa rimpang menjadi booming di masyarakat. Karena perpaduan di dalam rimpang sangat baik sebagai peningkatan daya tahan tubuh di masa pandemi Covid-19.

Walaupun belum terbukti bahwa tanaman rimpang mampu untuk menyembuhkan corona setidaknya dengan mengkonsumsi olahan dari tanaman rimpang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Badan yang sehat dapat memperkecil kemungkinan masuknya penyakit melalui virus bakteri maupun kuman. dengan mengkonsumsi bahan-bahan tradisional dapat dijadikan kebiasaan untuk pola hidup sehat di tengah pandemi dan setelah pandemi. Biar lebih efektif mencegah virus Corona makapatuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan memakai masker dan jaga jarak.

Penulis: Dika Putri Sehati & Shania Refka Fandesti
Mahasiswa Biologi, FMIPA, Universitas Andalas

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img