25.4 C
Padang
Friday, October 30, 2020

Camat Payakumbuh Selatan Minta Warga Jangan Kasari PSM

Payakumbuh,Beritasumbar.com,– Camat Payakumbuh Selatan Junaidi menyebutkan saat ini kecamatan sedang merangkum data warga penerima bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah provinsi Sumatera Barat.
“Sebelumnya data dari penerima bantuan sosial (bansos) Kementerian Sosial Republik Indonesia sudah kelar dan masyarakat sudah menerima bantuan tersebut dengan menjemputnya ke kantor pos, nilai dari bantuan tersebut Rp600.000 selama 3 bulan berturut-turut,” kata Camat Junaidi saat dihubungi bia telepon, Sabtu (16/5).
Dari pantuan media, saat ini terjadi gejolak di masyarakat, adanya beberapa masyarakat yang merasa masuk dalam kriteria penerima bantuan dampak sosial Covid-19, namun belum menerima bantuan, sehingga muncul opini publik yang menyebut penerima bantuan tidak tepat sasaran.
baca juga: Hari Ini 3 Sembuh, 3 Penambahan Data Positif Covid-19 Di Sumbar
“Bahkan pekerja sosial masyarakat (PSM) yang bertugas mendata turut mendapat serangan dari masyarakat, sampai-sampai ada berupa kalimat yang tidak enak untuk didengar oleh telinga, kasihan kita,” kata Camat.
Menanggapi hal ini, Camat mengatakan Pemerintah Kota Payakumbuh telah berkomitmen untuk membantu 60% KK yang ada di Kota Payakumbuh selama wabah virus Corona. Kalau dihitung-hitung, ada 24.000 KK yang bakal dicover.
“PSM itu bekerja siang malam bersama aparat Kelurahan untuk mendata masyarakat yang bakal dapat bantuan, tentu data yang mereka ambil itu sesuai dengan kondisi riil di lapangan,” kata Camat.
Diterangkannya, apabila saat ini masyarakat belum tercover bantuan pemerintah pusat, mereka sedang menunggu antrian untuk menerima bantuan dari pemerintah provinsi Sumatera Barat. Data itu saat ini sedang melalui proses verifikasi di dinas sosial. Yang belum mendapatkan, datanya itu sudah masuk.
baca juga: 2 Warga Payakumbuh Yang Terinfeksi Covid-19 Sembuh
“Jadi kita minta kepada masyarakat untuk bersabar dan tidak terpicu emosinya karena yang baru keluar saat ini hanya bantuan dari Kementerian Sosial dan bantuan pemerintah provinsi baru keluar di beberapa kecamatan, beberapa kelurahan kita ada yang dipending karena ditemukan penerima ganda dengan bantuan sembako,” kata Camat Junaidi.
Di Kecamatan Payakumbuh Selatan, untuk bantuan pemerintah provinsi sedang menunggu verifikasi datanya selesai. Nah apabila ada juga masyarakat yang belum menerima bantuan dari provinsi maka nanti mereka akan dimasukan ke penerima bantuan dari Pemerintah Kota Payakumbuh.
“Semuanya ada regulasinya, kami berharap masyarakat dapat bersabar dan jangan ada yang saling menyalahkan karena data itu pertanggungjawabannya jelas, tidak ada yang namanya pemalsuan data penerima bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kota,” tambahnya.
Sementara itu salah satu PSM di Kelurahan Padang Karambia Wilda wati ketika diwawancara wartawan mengakui sedikit kewalahan dalam melakukan pendataan kepada masyarakat dirinya juga bercerita Bagaimana waktunya banyak habis di lapangan dan kurang waktunya untuk di rumah bersama kelaurga.
“Bahkan kita untuk anak dan suami mungkin perhatian kami kurang di rumah, tapi itulah tugasnya kami sebagai PSM, mengabdi untuk kepentingan masyarakat, jangan sampai pribadi kami diserang, menyakitkan rasanya saat kita berjuang namun dinilai jelek terus sampai ada lontaran ancaman,” terang Wilda. (Tim)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Selama 3 Hari, Guru PAUD Payakumbuh Dibimtek Lewat Virtual

Payakumbuh -- Ratusan kepala dan tenaga pendidik PAUD di Kota Payakumbuh mengikuti bimbingan teknis secara virtual untuk peningkatan kapasitas penyelenggaraan PAUD Holistik...

3 Kabag Sekretariat Daerah Jadi Kepala Dinas

Payakumbuh --- Tiga posisi kepala dinas yang sebelumnya kosong di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh telah terisi kembali. Tahapan demi tahapan penilaian cukup...

MTQ Di Tengah Pandemi, 5 Camat Di Payakumbuh Optimis Sukses Dan Saling Bersaing Sehat Raih Juara Umum

Payakumbuh --- Semangat 5 camat dalam mensukseskan MTQ Nasional ke XXXIX tingkat Kota Payakumbuh pada tahun 2020 sangat luar biasa. Setelah rapat...

SMA N 2 Lintau Buo Lakukan Kerjasama Pembinaan Informasi Kampus Dan Beasiswa Dengan IPMI

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka pembinaan informasi kampus dan beasiswa di dalam maupun luar nageri,SMA Negeri 2 Lintau Buo lakukan kerjasama Dengan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Tanah Datar Selalu Imbau Pengunjung Pasar Batusangkar Gunakan Masker

Tanah Datar, www.beritasumbar.com- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres tanah Datar selalu mengimbau pengunjung Pasar Batusangkar agar tetap memakai masker, guna mencegah penyebaran...

Polres Limapuluh Kota Berhasil Mengamankan Dua Tersangka yang Miliki 135 Paket Besar Ganja

Limapuluh Kota, www.beritasumbar.com - Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota berhasil mengamankan dua tersangka penyalahgunaan narkotika berinisial RS dan YFA yang miliki 135...

Bawaslu Limapuluh Kota Telah Keluarkan Enam Peringatan Selama Masa Kampanye

Limapuluh Kota, BeritaSumbar - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota telah mengeluarkan enam peringatan tertulis kepada calon yang maju dalam Pilkada...

Peringati Sumpah Pemuda, Kodim 0310/SSD Gelar Penegakan Protokol Kesehatan

Sijunjung, www.beritasumbar.com - Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-92 tahun 2020 jajaran Komando Distrik Militer (KODIM) 0310/SSD menggelar penegakan disiplin protokol kesehatan kepada...
- Advertisement -