24 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Camat Payakumbuh Selatan Minta Warga Jangan Kasari PSM
C

Payakumbuh,Beritasumbar.com,– Camat Payakumbuh Selatan Junaidi menyebutkan saat ini kecamatan sedang merangkum data warga penerima bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah provinsi Sumatera Barat.
“Sebelumnya data dari penerima bantuan sosial (bansos) Kementerian Sosial Republik Indonesia sudah kelar dan masyarakat sudah menerima bantuan tersebut dengan menjemputnya ke kantor pos, nilai dari bantuan tersebut Rp600.000 selama 3 bulan berturut-turut,” kata Camat Junaidi saat dihubungi bia telepon, Sabtu (16/5).
Dari pantuan media, saat ini terjadi gejolak di masyarakat, adanya beberapa masyarakat yang merasa masuk dalam kriteria penerima bantuan dampak sosial Covid-19, namun belum menerima bantuan, sehingga muncul opini publik yang menyebut penerima bantuan tidak tepat sasaran.
baca juga: Hari Ini 3 Sembuh, 3 Penambahan Data Positif Covid-19 Di Sumbar
“Bahkan pekerja sosial masyarakat (PSM) yang bertugas mendata turut mendapat serangan dari masyarakat, sampai-sampai ada berupa kalimat yang tidak enak untuk didengar oleh telinga, kasihan kita,” kata Camat.
Menanggapi hal ini, Camat mengatakan Pemerintah Kota Payakumbuh telah berkomitmen untuk membantu 60% KK yang ada di Kota Payakumbuh selama wabah virus Corona. Kalau dihitung-hitung, ada 24.000 KK yang bakal dicover.
“PSM itu bekerja siang malam bersama aparat Kelurahan untuk mendata masyarakat yang bakal dapat bantuan, tentu data yang mereka ambil itu sesuai dengan kondisi riil di lapangan,” kata Camat.
Diterangkannya, apabila saat ini masyarakat belum tercover bantuan pemerintah pusat, mereka sedang menunggu antrian untuk menerima bantuan dari pemerintah provinsi Sumatera Barat. Data itu saat ini sedang melalui proses verifikasi di dinas sosial. Yang belum mendapatkan, datanya itu sudah masuk.
baca juga: 2 Warga Payakumbuh Yang Terinfeksi Covid-19 Sembuh
“Jadi kita minta kepada masyarakat untuk bersabar dan tidak terpicu emosinya karena yang baru keluar saat ini hanya bantuan dari Kementerian Sosial dan bantuan pemerintah provinsi baru keluar di beberapa kecamatan, beberapa kelurahan kita ada yang dipending karena ditemukan penerima ganda dengan bantuan sembako,” kata Camat Junaidi.
Di Kecamatan Payakumbuh Selatan, untuk bantuan pemerintah provinsi sedang menunggu verifikasi datanya selesai. Nah apabila ada juga masyarakat yang belum menerima bantuan dari provinsi maka nanti mereka akan dimasukan ke penerima bantuan dari Pemerintah Kota Payakumbuh.
“Semuanya ada regulasinya, kami berharap masyarakat dapat bersabar dan jangan ada yang saling menyalahkan karena data itu pertanggungjawabannya jelas, tidak ada yang namanya pemalsuan data penerima bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kota,” tambahnya.
Sementara itu salah satu PSM di Kelurahan Padang Karambia Wilda wati ketika diwawancara wartawan mengakui sedikit kewalahan dalam melakukan pendataan kepada masyarakat dirinya juga bercerita Bagaimana waktunya banyak habis di lapangan dan kurang waktunya untuk di rumah bersama kelaurga.
“Bahkan kita untuk anak dan suami mungkin perhatian kami kurang di rumah, tapi itulah tugasnya kami sebagai PSM, mengabdi untuk kepentingan masyarakat, jangan sampai pribadi kami diserang, menyakitkan rasanya saat kita berjuang namun dinilai jelek terus sampai ada lontaran ancaman,” terang Wilda. (Tim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.
- Advertisement -

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Asik Ngelem Dan Bawa Sajam, 3 Pemuda Diamankan Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan warga dengan adanya beberapa remaja yang kedapatan sedang mabuk akibat menghisap lem Banteng sehingga sering meresahkan sampai terjadi perkelahian, pada Selasa (19/1) dini hari sekitar pukul 02.00, Tim Penegak Peraturan Daerah Kota Payakumbuh bergerak cepat mengamankan 3 orang pemuda di depan Mesjid Muhammadiyah, pusat Kota Payakumbuh.

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).
- Advertisement -