25.5 C
Padang
Minggu, Mei 9, 2021
Beritasumbar.com

Calon Doktor Ekonomi Berdarah Minang yang Penuh Prestasi
C

Kategori -

Di usianya yang baru akan menginjak 24 tahun, Rully Prasetya bersiap untuk menempuh pendidikan doktoral di University College London (UCL). Saat ini, Rully—biasa dia disapa—telah menggenggam dua gelar master dari UCL dan National University of Singapore (NUS). Kepada generasi emas seperti Rully inilah, negara melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan beasiswa.

Rully yang saat ini bekerja sebagai peneliti di Economics Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA), dibesarkan dalam keluarga yang bersahaja. Ayahnya merupakan Mantan Kepala Sekolah Menengah Pertama yang kini bekerja di Dinas Kearsipan Kabupaten Darmasraya, Sumatera Barat. Sementara sang ibu adalah seorang bidan. Rully memiliki satu kakak dan dua adik

Anak muda kelahiran Solok. 2 Februari 1990 itu sudah terbiasa hidup mandiri sejak di bangku Madrasah Tsanawiyah I Padangpanjang (setingkat SMP). Di kabupaten itu, dia menyelesaikan pendidikan hingga lulus dari SMA 1 Padangpanjang. Kampus Universitas Indonesia (UI) kemudian menjadi almamater tempatnya menempuh pendidikan sarjana akuntansi.

Sejak duduk di bangku sekolah, Rully sudah menjadi anak muda yang berprestasi. Di antara segudang pencapaiannya, kesempatan mengikuti pertukaran pelajar selama satu semester di University of Utah, Amerika Serikat lah yang membuka pandangan Rully tentang pentingnya menempuh pendidikan tinggi di luar negeri. Program pertukaran pelajar itu dijalani Rully dengan beasiswa Fullbright. Setelah kembali ke Indonesia, Rully mendapatkan beasiswa dari NUS untuk menyelesaikan program magister dual degree di Public Policy Programme The Lee Kuan Yew School of Public Policy, NUS, Singapura dan Graduate School of Public Policy, The University of Tokyo, Jepang.

Tak tanggung-tanggung, Rully menambah gelar MSc. in Economics dari University of College London tak lama sesudahnya. Di Inggris, dia belajar dengan beasiswa dari LPDP. Karena berhasil lulus dengan sangat memuaskan ( distinction ), Rully langsung diterima di program doktor ilmu ekonomi UCL, kembali dengan beasiswa LPDP. Pada bulan September tahun ini, Rully akan kembali terbang ke London.

Prestasi akademik dan organisasi

Menurut Rully, salah satu kunci untuk meraih beasiswa adalah memiliki prestasi akademik dan pengalaman organisasi yang seimbang. “Ketika kuliah, pastikan kita aktif di kampus, misalnya dengan memanfaatkan seminar dan kesempatan berorganisasi. Itu sangat baik untuk melatih diri,” kata Rully. Selama belajar di UI, Rully termasuk aktif dalam pergerakan mahasiswa. Bahkan tak jarang terlibat dalam aksi demonstrasi.

Menurut Rully, dengan bekal prestasi dan pengalaman organisasi, kesempatan meraih beasiswa lebih terbuka.“LPDP pun mencari orang-orang yang pengalaman organisasinya banyak dan berprestasi,” ujar Rully. Untuk menjadi mahasiswa yang aktif, kemampuan mengatur waktu menjadi kunci. Rully terbiasa mencatat semua jadwal kegiatannya setiap hari dengan sangat detail dalam secarik kertas.”Saat kuliah saya sangat-sangat sibuk,” kata Rully. Dia pernah menjadi pengurus inti dalam lima organisasi sekaligus.

Jual donat

Di antara kesibukan kuliah dan berorganisasi, Rully mengaku sempat berjualan donat di koperasi kampus Fakultas Ekonomi UI. Yang menarik, aktivitas itu dilakukannya bukan untuk memenuhi biaya kuliah atau biaya hidup sebagai mahasiswa perantauan. Keuntungan 80 hingga 90 ribu yang dia dapatkan dari berjualan donat seringkali disumbangkan atau digunakan untuk menambah biaya organisasi. “Waktu itu, setiap subuh saya harus ambil donat ke pabrik dan kemudian menitipkannya di koperasi,” kata Rully.

Terbiasa memiliki segudang aktivitas sejak masih di Indonesia berlanjut saat menempuh pendidikan di London. Tantangannya, menurut Rully, kurikulum ekonomi program magister di sana dirasakan sangat sulit. Setiap hari, Rully harus menghabiskan waktu 14 jam sehari, termasuk di akhir pekan, untuk belajar. Perpustakaan menjadi tempat favoritnya.“Kalau saya masuk perpustakaan dan melihat buku-buku jadi excited sendiri,” tutur Rully.

Selain kurikulum yang berat, atmosfer belajar di sana sangat kompetitif. UCL, kata Rully, merupakan salah satu dari empat kampus terbaik di dunia saat ini. Dari 120 orang mahasiswa dari berbagai negara yang mengambil program magister ekonomi, hanya ada dua orang Indonesia di dalamnya. Dalam situasi belajar yang berat itu, Rully nyatanya masih sempat bergabung dalam kegiatan-kegiatan pengajian warga Indonesia di London. Segala usaha Rully menyelesaikan pendidikan S2 di Inggris tak sia-sia. Dia berhasil lulus dengan predikat distinction dan berkesempatan langsung melanjutkan pendidikan program S3.

Berbagi inspirasi

Jika ada hal yang digemari Rully selain belajar, maka itu adalah memberikan kontribusi kepada masyarakat.“Setiap Sabtu dan Minggu saya sering diminta sharing dan mentoring dengan mahasiswa di kampus atau SMA,” ujar Rully. Setelah menyelesaikan program doktoralnya kelak, Rully mengaku ingin memberikan kontribusi penuh kepada masyarakat. Dia bercita-cita menjadi dosen atau staf ahli menteri.

Kepada anak-anak muda yang ingin meraih beasiswa LPDP, Rully memiliki pesan khusus.”Maksimalkan waktu. Saat belajar di kampus pastikan dapat ilmunya dan aktif,” ujar Rully. Optimalisasi diri dan waktu yang baik, lanjutnya, tidak hanya akan mempermudah jalan untuk meraih beasiswa.”Kalau sudah terbentuk menjadi karakter, maka itu akan sangat diperlukan di dunia kerja,” Rully menambahkan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...
- Advertisement -

DWP Payakumbuh Gelar Bagi Sembako

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Darma Wanita Persatuan (DWP) Payakumbuh melalui program DWP peduli memberikan bantuan sembako untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan I, II A, THL serta masyarakat kurang mampu yang tidak mendapatkan BLT dari pemerintah.

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).
- Advertisement -

Tim Yustisi Penegak Perda Kota Payakumbuh Gelar Razia

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Razia yang dilakukan Tim Yustisi penegakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru terus dilaksanakan di Payakumbuh, mengingat saat ini kasus Covid-19 terus meningkat.

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...
- Advertisement -