25 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

Calon Doktor Ekonomi Berdarah Minang yang Penuh Prestasi
C

Kategori -

Di usianya yang baru akan menginjak 24 tahun, Rully Prasetya bersiap untuk menempuh pendidikan doktoral di University College London (UCL). Saat ini, Rully—biasa dia disapa—telah menggenggam dua gelar master dari UCL dan National University of Singapore (NUS). Kepada generasi emas seperti Rully inilah, negara melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan beasiswa.

Rully yang saat ini bekerja sebagai peneliti di Economics Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA), dibesarkan dalam keluarga yang bersahaja. Ayahnya merupakan Mantan Kepala Sekolah Menengah Pertama yang kini bekerja di Dinas Kearsipan Kabupaten Darmasraya, Sumatera Barat. Sementara sang ibu adalah seorang bidan. Rully memiliki satu kakak dan dua adik

Anak muda kelahiran Solok. 2 Februari 1990 itu sudah terbiasa hidup mandiri sejak di bangku Madrasah Tsanawiyah I Padangpanjang (setingkat SMP). Di kabupaten itu, dia menyelesaikan pendidikan hingga lulus dari SMA 1 Padangpanjang. Kampus Universitas Indonesia (UI) kemudian menjadi almamater tempatnya menempuh pendidikan sarjana akuntansi.

Sejak duduk di bangku sekolah, Rully sudah menjadi anak muda yang berprestasi. Di antara segudang pencapaiannya, kesempatan mengikuti pertukaran pelajar selama satu semester di University of Utah, Amerika Serikat lah yang membuka pandangan Rully tentang pentingnya menempuh pendidikan tinggi di luar negeri. Program pertukaran pelajar itu dijalani Rully dengan beasiswa Fullbright. Setelah kembali ke Indonesia, Rully mendapatkan beasiswa dari NUS untuk menyelesaikan program magister dual degree di Public Policy Programme The Lee Kuan Yew School of Public Policy, NUS, Singapura dan Graduate School of Public Policy, The University of Tokyo, Jepang.

Tak tanggung-tanggung, Rully menambah gelar MSc. in Economics dari University of College London tak lama sesudahnya. Di Inggris, dia belajar dengan beasiswa dari LPDP. Karena berhasil lulus dengan sangat memuaskan ( distinction ), Rully langsung diterima di program doktor ilmu ekonomi UCL, kembali dengan beasiswa LPDP. Pada bulan September tahun ini, Rully akan kembali terbang ke London.

Prestasi akademik dan organisasi

Menurut Rully, salah satu kunci untuk meraih beasiswa adalah memiliki prestasi akademik dan pengalaman organisasi yang seimbang. “Ketika kuliah, pastikan kita aktif di kampus, misalnya dengan memanfaatkan seminar dan kesempatan berorganisasi. Itu sangat baik untuk melatih diri,” kata Rully. Selama belajar di UI, Rully termasuk aktif dalam pergerakan mahasiswa. Bahkan tak jarang terlibat dalam aksi demonstrasi.

Menurut Rully, dengan bekal prestasi dan pengalaman organisasi, kesempatan meraih beasiswa lebih terbuka.“LPDP pun mencari orang-orang yang pengalaman organisasinya banyak dan berprestasi,” ujar Rully. Untuk menjadi mahasiswa yang aktif, kemampuan mengatur waktu menjadi kunci. Rully terbiasa mencatat semua jadwal kegiatannya setiap hari dengan sangat detail dalam secarik kertas.”Saat kuliah saya sangat-sangat sibuk,” kata Rully. Dia pernah menjadi pengurus inti dalam lima organisasi sekaligus.

Jual donat

Di antara kesibukan kuliah dan berorganisasi, Rully mengaku sempat berjualan donat di koperasi kampus Fakultas Ekonomi UI. Yang menarik, aktivitas itu dilakukannya bukan untuk memenuhi biaya kuliah atau biaya hidup sebagai mahasiswa perantauan. Keuntungan 80 hingga 90 ribu yang dia dapatkan dari berjualan donat seringkali disumbangkan atau digunakan untuk menambah biaya organisasi. “Waktu itu, setiap subuh saya harus ambil donat ke pabrik dan kemudian menitipkannya di koperasi,” kata Rully.

Terbiasa memiliki segudang aktivitas sejak masih di Indonesia berlanjut saat menempuh pendidikan di London. Tantangannya, menurut Rully, kurikulum ekonomi program magister di sana dirasakan sangat sulit. Setiap hari, Rully harus menghabiskan waktu 14 jam sehari, termasuk di akhir pekan, untuk belajar. Perpustakaan menjadi tempat favoritnya.“Kalau saya masuk perpustakaan dan melihat buku-buku jadi excited sendiri,” tutur Rully.

Selain kurikulum yang berat, atmosfer belajar di sana sangat kompetitif. UCL, kata Rully, merupakan salah satu dari empat kampus terbaik di dunia saat ini. Dari 120 orang mahasiswa dari berbagai negara yang mengambil program magister ekonomi, hanya ada dua orang Indonesia di dalamnya. Dalam situasi belajar yang berat itu, Rully nyatanya masih sempat bergabung dalam kegiatan-kegiatan pengajian warga Indonesia di London. Segala usaha Rully menyelesaikan pendidikan S2 di Inggris tak sia-sia. Dia berhasil lulus dengan predikat distinction dan berkesempatan langsung melanjutkan pendidikan program S3.

Berbagi inspirasi

Jika ada hal yang digemari Rully selain belajar, maka itu adalah memberikan kontribusi kepada masyarakat.“Setiap Sabtu dan Minggu saya sering diminta sharing dan mentoring dengan mahasiswa di kampus atau SMA,” ujar Rully. Setelah menyelesaikan program doktoralnya kelak, Rully mengaku ingin memberikan kontribusi penuh kepada masyarakat. Dia bercita-cita menjadi dosen atau staf ahli menteri.

Kepada anak-anak muda yang ingin meraih beasiswa LPDP, Rully memiliki pesan khusus.”Maksimalkan waktu. Saat belajar di kampus pastikan dapat ilmunya dan aktif,” ujar Rully. Optimalisasi diri dan waktu yang baik, lanjutnya, tidak hanya akan mempermudah jalan untuk meraih beasiswa.”Kalau sudah terbentuk menjadi karakter, maka itu akan sangat diperlukan di dunia kerja,” Rully menambahkan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Seluruh Jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang Ikuti Takbiran Virtual

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang, beserta seluruh jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Semarak Malam Takbiran Idhul Adha Virtual bersama Presiden Republik Indonesia, Senin (19/07/2021) Pukul 19.30 Wib secara Virtual via Zoom Meeting, Channel You Tube, Tv Nasional, dan Medsos Kementerian Agama Republik Indonesia

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -