27 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Buru Gelar Bergengsi ke 4, FORUM KOTA SEHAT DUKUNG PEMKO REBUT SWATISABA WISTARA
B

Kategori -

Kota Payakumbuh tahun ini berburu Kota Sehat kategori paling bergengsi Swatisaba Wistara atau Tingkat Pengembangan,  untuk keempat  kalinya. Tanggung jawab ini bukan berada di tangan Dinas Kesehatan semata, tapi juga menjadi tanggung jawab moral Forum Kota Sehat (FKS) bersama warga kota ini.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi di rumah dinas kediamannya, Minggu (8/3), menginformasikan, seluruh jajaran Dinas Kesehatan dan stakeholder, sudah bertekad mempertahankan  gelar Kota Sehat Swatisaba Wistara atau Tingkat Pengembangan.  Gelar bergengsi ini sudah tiga kali direbut Payakumbuh, dari tahun 2009, 2011 dan  2013.

“Gelar Kota Sehat  Swatisaba Wistara penuh gengsi itu harus dipertahankan kembali. Kita tak ingin lepas dalam perebutan tahun ini. Karena, sudah  menjadi komitmen pemko dalam membudayakan prilaku hidup sehat di tengah masyarakat, ujar walikota.

Walikota Riza, mengaku senang dan puas, di bawah pimpinan Kepala Bappeda Rida Ananda, selaku Ketua Tim Pembina Kota,  sudah meningkatkan intensitasnya turun ke lapangan, mensosialisasikan program kesehatan dan kebersihan ke tengah masyarakat. Forum Kota Sehat bersama organisasi lainnya, seperti TP-PKK juga disertakan, mengajak keterlibatan warga kelurahan dalam program ini.

Malahan, Walikota Riza memberikan apresiasi tindakan tegas Forum Kota Sehat bersama pihak kelurahan, membongkar jamban yang berada di atas permukaan kolam ikan dan di pinggir sungai. Sebagai kota penyandang gelar Kota Sehat, jamban yang berada di atas kolam ikan, jelas sesuatu yang merusak pemandangan dan tidak sesuai dengan kaedah kesehatan. “Kota Payakumbuh harus bebas dari prilaku tradisional, buang air disembarangan tempat,” tegasnya.

Tim penilai Provinsi Sumatera Barat, dikatakan, akan melakukan verifikasi ke Payakumbuh. Seluruh dokumen penunjang akan dilihat tim. Penilaian akan dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan di tingkat kota.

Menurut Rida Ananda dan Kepala Dinas Kesehatan Elzadaswarman, secara teknis, aspek penilaian Kota Sehat, 30 % pada pencapaian 5 pilar, di antaranya  STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat),  Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), tidak buang air besar sembarangan tempat, serta pemanfaatan sarana air bersih. Terhadap pencapaian 5 pilar itu, boleh dikatakan sudah membudaya di kota ini. Malahan, pemanfaatan air bersih PDAM sudah mencapai 98% dari jumlah penduduk. Tinggal lagi, membebaskan seluruh kelurahan dari buang air besar pada sembarangan tempat, tambah Elzadaswarman.

Sekarang ini, tambah Rida,  di 62 kelurahan, proses prilaku hidup sehat di tengah masyarakat, sudah bergeser menjadi kultur budaya yang baik. Meski belum 100%, tapi sosialisasi terus dipergencar jajaran kesehatan dan Forum Kota Sehat, termasuk ke sekolah-sekolah dan pasar tradisional.  Dalam beberapa tahun terakhir, Payakumbuh juga telah memperoleh gelar juara UKS Nasional dan Piala Adiwiyata,  ungkapnya.

Menurut  Elzadaswarman,  sejak 2004, Payakumbuh sudah menerima penghargaan dari Presiden RI sebagai Kota Sehat. Dimulai dari tingkat terendah, yaitu tingkat pemantapan, tingkat pembinaan dan tingkat pengembangan. Khusus tingkat pengembangan,  sudah tiga kali berturut-turut 2009, 2011 dan terakhir 2013 diraih Payakumbuh. Gelar keempat di tahun 2015 ini, harus kita rebut lagi, tegasnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.
- Advertisement -

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...
- Advertisement -