30 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Buru Gelar Bergengsi ke 4, FORUM KOTA SEHAT DUKUNG PEMKO REBUT SWATISABA WISTARA
B

Kategori -

Kota Payakumbuh tahun ini berburu Kota Sehat kategori paling bergengsi Swatisaba Wistara atau Tingkat Pengembangan,  untuk keempat  kalinya. Tanggung jawab ini bukan berada di tangan Dinas Kesehatan semata, tapi juga menjadi tanggung jawab moral Forum Kota Sehat (FKS) bersama warga kota ini.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi di rumah dinas kediamannya, Minggu (8/3), menginformasikan, seluruh jajaran Dinas Kesehatan dan stakeholder, sudah bertekad mempertahankan  gelar Kota Sehat Swatisaba Wistara atau Tingkat Pengembangan.  Gelar bergengsi ini sudah tiga kali direbut Payakumbuh, dari tahun 2009, 2011 dan  2013.

“Gelar Kota Sehat  Swatisaba Wistara penuh gengsi itu harus dipertahankan kembali. Kita tak ingin lepas dalam perebutan tahun ini. Karena, sudah  menjadi komitmen pemko dalam membudayakan prilaku hidup sehat di tengah masyarakat, ujar walikota.

Walikota Riza, mengaku senang dan puas, di bawah pimpinan Kepala Bappeda Rida Ananda, selaku Ketua Tim Pembina Kota,  sudah meningkatkan intensitasnya turun ke lapangan, mensosialisasikan program kesehatan dan kebersihan ke tengah masyarakat. Forum Kota Sehat bersama organisasi lainnya, seperti TP-PKK juga disertakan, mengajak keterlibatan warga kelurahan dalam program ini.

Malahan, Walikota Riza memberikan apresiasi tindakan tegas Forum Kota Sehat bersama pihak kelurahan, membongkar jamban yang berada di atas permukaan kolam ikan dan di pinggir sungai. Sebagai kota penyandang gelar Kota Sehat, jamban yang berada di atas kolam ikan, jelas sesuatu yang merusak pemandangan dan tidak sesuai dengan kaedah kesehatan. “Kota Payakumbuh harus bebas dari prilaku tradisional, buang air disembarangan tempat,” tegasnya.

Tim penilai Provinsi Sumatera Barat, dikatakan, akan melakukan verifikasi ke Payakumbuh. Seluruh dokumen penunjang akan dilihat tim. Penilaian akan dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan di tingkat kota.

Menurut Rida Ananda dan Kepala Dinas Kesehatan Elzadaswarman, secara teknis, aspek penilaian Kota Sehat, 30 % pada pencapaian 5 pilar, di antaranya  STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat),  Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), tidak buang air besar sembarangan tempat, serta pemanfaatan sarana air bersih. Terhadap pencapaian 5 pilar itu, boleh dikatakan sudah membudaya di kota ini. Malahan, pemanfaatan air bersih PDAM sudah mencapai 98% dari jumlah penduduk. Tinggal lagi, membebaskan seluruh kelurahan dari buang air besar pada sembarangan tempat, tambah Elzadaswarman.

Sekarang ini, tambah Rida,  di 62 kelurahan, proses prilaku hidup sehat di tengah masyarakat, sudah bergeser menjadi kultur budaya yang baik. Meski belum 100%, tapi sosialisasi terus dipergencar jajaran kesehatan dan Forum Kota Sehat, termasuk ke sekolah-sekolah dan pasar tradisional.  Dalam beberapa tahun terakhir, Payakumbuh juga telah memperoleh gelar juara UKS Nasional dan Piala Adiwiyata,  ungkapnya.

Menurut  Elzadaswarman,  sejak 2004, Payakumbuh sudah menerima penghargaan dari Presiden RI sebagai Kota Sehat. Dimulai dari tingkat terendah, yaitu tingkat pemantapan, tingkat pembinaan dan tingkat pengembangan. Khusus tingkat pengembangan,  sudah tiga kali berturut-turut 2009, 2011 dan terakhir 2013 diraih Payakumbuh. Gelar keempat di tahun 2015 ini, harus kita rebut lagi, tegasnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.
- Advertisement -

Ny.Nevi Syafaruddin Dt Bandaro Rajo Lantik Ketua PKK Kecamatan Kapur IX

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Senin 2/8 Ketua PKK Kecamatan Kapur IX dilantik. Pelantikan tersebut dilansungkan di gedung UDKP Kecamatan Kapur IX.

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -