23 C
Padang
Senin, Maret 8, 2021
Beritasumbar.com

Bupati Harapkan Nagari Bisa Sisihkan Dana Desa Untuk Bantu Rumah Miskin
B

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Setiap nagari diharapkan bisa mengalokasikan dana desa minimal untuk 1 rumah. Hal ini, diungkapkannya ketika meresmikan Kampung KB dan pembangunan nagari dalam pemanfatan dana desa di Kenagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Sabtu (10/3)kemaren.
“Seperti kita ketahui, pada 79 nagari yang ada di Kabupaten ini, diyakini ada rumah-rumah yang tidak layak dihuni. Untuk itu, jika satu nagari bisa menyisihkan alokasi untuk 1 RTLH, berarti sudah ada 79 rumah yang mendapatkan perbaikan di Limapuluh Kota,”ujarnya.
Dirinya juga menegaskan, seluruh kepala Jorong jangan hanya diam ditempat dalam melayani masyarakat, tetapi bagaimana bisa mendata seluruh kebutuhan masyarakat yang ada dimasing -masing jorongnya.
“Buatlah perencanaan yang matang dan bikin perioritas yang bagus. Seluruh Jorong seharusnya mencatat rumah rumah yang tidak layak dan dimasukkan kedalam program nagari,” sebutnya.
Diakui Irfendi, bahwa penanganan kemiskinan bukanlah hal yang mudah, namun dirinya meyakini Pemkab bersama pemerintahan nagari bisa mencapai hasil yang maksimal melalui program-program dalam pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan sosial.
“Apabila program ini dirumuskan dengan bagus, kita yakin angka kemiskinan dikabupaten Limapuluh Kota akan terus berkurang.Kita akui masih banyak yang memerlukan perbaikan, setidaknya berapa waktu belakangan ini kita telah berangsur melakukan perbaikan dalam upaya pengentasan kemiskinan,”ujarnya.
Dijelaskannya, dana desa merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh nagari. Untuk itu, besarnya dana yang mengalir di nagari harus dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat.
“Kehadiran dana ini harus memberi dampak yang besar bagi masyarakat dan juga pembangunan sarana dan prasarana pendukung dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat di setiap nagari,” tuturnya.
Terkait peresmian kampung KB, Irfendi meminta masyarakat untuk memahami program dari Kampung KB tersebut, kerena Kampung KB tidak semata sekedar perencanaan memiliki keturunan saja, jauh dari itu Keluarga Berencana juga merupakan program untuk generasi-generasi berencana.
“Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta sektor terkait lainnya. Seperti kesehatan, pendidikan maupun pertanian,” pungkasnya.
Sementara itu, walinagari Simpang Kapuak, Feliadi mengatakan, akan terus mewujudkan nagari Simpang Kapuak sebagai kampung KB di Limapuluh Kota. “Mudah-mudahan kampung KB yang di adakan ini membawa hikmah bagi masyarakat. Dengan adanya program tersebut kita meyakini akan dapat mengurangi resiko pernikahan dini di nagari ini,”sebutnya.
Ikut hadir, anggota DPRD Limapuluh Kota, Yos Hariadi, walinagari Simpang Kapuak, Feliadi, kepala OPD beserta undangan lainnya.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...
- Advertisement -

Usai Dilantik, Benny Dan Radi Serius Garap Pertanian Di Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Belum genap seminggu masuk kantor sejak dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung sudah bergerak cepat. Baik itu kunjungan, Rapat Program maupun acara undangan.

Kelurahan Padang Karambia Gelar Pemilihan Ketua LPM Dan Karang Taruna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - "Mamiliah Badunsanak" begitu slogan dalam pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Ketua Karang Taruna (KT) Kelurahan Padang Karambia yang dilaksanakan bak pemilihan Kepala Daerah ini, yang dilaksanakan di MTI Tarbiyah Padang Karambia, Minggu (07/03).
- Advertisement -

3 Orang Bandar Dan Pemakai Narkoba Dibekuk Tim Sapu Jagat Polres Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Opsnal Sapu Jagat Resnarkoba Polres Pesisir Selatan menangkap tiga orang pemakai dan pengedar narkoba jenis ganja juga sabu - sabu di dua tempat berbeda. Di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan. Rabu (3/3).

Kelurahan Padang Karambia Gelar Pemilihan Ketua LPM Dan Karang Taruna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - "Mamiliah Badunsanak" begitu slogan dalam pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Ketua Karang Taruna (KT) Kelurahan Padang Karambia yang dilaksanakan bak pemilihan Kepala Daerah ini, yang dilaksanakan di MTI Tarbiyah Padang Karambia, Minggu (07/03).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sempat Resahkan Warga, Seekor Harimau Dahan Masuk Perangkap BKSDA Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Beberapa hari belakangan warga Jorong Sikabu Kabu digemparkan dengan ditemukan hewan ternak mereka mati dikandang. Hewan peliharaan berupa kambing warga tersebut mati dengan luka di leher. Melihat kondisi tersebut warga lansung menduga ada binatang buas yang memangsa ternak mereka dan lansung melaporkan ke pihak Nagari dan diteruskan kepada BKSDA Limapuluh Kota.

Percepatan Penuntasan Pembangunan Monumen PDRI, Pemkab Limapuluh Kota Rakor Dengan Kemenkopolhukam

Jakarta, beritasumbar.com - Untuk menuntaskan pembangunan Monumen Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Tinggi, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator...

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar

Padang, beritasumbar.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harnely Mahyeldi melantik 11 orang Ketua Dekranasda kabupaten dan kota daerah itu...

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...

Target Vaksinasi Melebihi Penduduk, Dinkes Padang Panjang Pertanyakan Data Pemprov Sumbar

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar petugas publik, Pemrov Sumbar  memberikan target kepada Pemko Padang Panjang  dengan sasaran sebanyak 59.516...

Bupati Dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Pimpin Apel Gabungan Perdana

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri memimpin apel gabungan perdana di halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Selasa, (2/3/2021).

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Harmonisasi Kepala Daerah, Ketua DPRD Lima Puluh Kota: Jangan Seperti Bupati-Wabup Sebelumnya

Sarilamak, beritasumbar.com - Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra agar pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin, Dt Bandari Rajo dan...
- Advertisement -