25.5 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Bupati Apresiasi Kinerja Pemnag Situjuah Batua
B

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kenagarian Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Limapuluh Kota patut mendapatkan acungan jempol dalam pencegahan covid-19. Tidak saja terdepan dalam penyediaan tempat isolasi mandiri bagi masyarakatnya secara gratis, nagari ini juga sangat transparan dalam penyaluran bantuan Langsung Tunai (BLT).
Tak kalah menariknya, jauh hari sebelum penerapan era kenormalan baru di Kabupaten Limapuluh Kota, nagari ini sudah lebih duluan membuka masjid dan melaksanakan ibadah shalat berjamaah di rumah ibadah itu dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta membatasi jemaah khusus bagi warga setempat.
Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi sangat mengapresiasi kebolehan nagari yang dipimpin Wali Nagari Don Vesky Dt. Tan Marajo tersebut.
“Nagari Situjuah Batua hebat. Ketika orang masih memikirkan dan merencanakan tempat karantina pada masa pandemi covid-19, nagari ini justru sudah duluan memiliki lokasi isolasi mandiri yang dibiayai berbagai pihak di nagari itu tanpa menggunakan dana pemerintah,” ungkap Irfendi Arbi di Situjuah Batua, kemaren.
Dengan adanya tempat isolasi tersebut, setiap warga yang baru datang dari luar daerah tidak repot lagi mencari tempat karantina dan tidak perlu pula memikirkan biaya karena semuanya sudah ditanggung nagari.
“Kita senang dan bangga dengan Situjuah Batua. Berbagai pihak di nagari ini benar-benar kompak dan mampu bekerjasama dalam upaya mencegah penularan virus corona di nagarinya. Tak heran, Situjuah Batua hingga kini mampu mengantisipasi adanya penularan virus mematikan itu di nagarinya,” tutur Irfendi.
Begitu pula dalam penyaluran berbagai bantuan sosial bagi masyarakatnya, pemerintah Nagari Situjuah Batua juga dikenal sangat terbuka. Untuk transparansi penyaluran hak orang tidak mampu tersebut, nama-nama para penerimanya di umumkan secara gamblang di tempat-tempat umum yang ramai didatangi masyarakat termasuk di kedai-kedai.
“Dengan adanya pengumuman daftar nama penerima bantuan sosial tersebut, tentunya semua pihak di nagari bisa mengawasi dan mengawal penyaluran bantuan dimaksud. Dengan begitu, tentunya penyaluran berbagai bantuan sosial termasuk BLT dana desa di Situjuah Batua ini akan terlaksana secara baik dan tepat sasaran,” papar Irfendi.
Selain itu, Situjuah Batua juga diketahui lebih duluan selangkah dalam pelaksanaan kenormalan baru terutama dalam pelaksanaan ibadah di masjid. Karena masih dalam suasan PSBB, nagari ini membuat, jemaah yang dibolehkan datang ke masjid itu hanya terbatas bagi warga setempat dengan kewajiban mentaati protokol kesehatan secara ketat.
“Apa yang dilakukan Nagari Situjuah Batua ini perlu ditularkan kepada nagari lain dalam pandemi Covid-19 dewasa ini,” ujar Irfendi.
Tidak saja Situjuah Batua, nagari-nagari lainnya di Kabupaten Limapuluh Kota juga diketahui maksimal dalam memerangi penularan covid-19, salahsatunya Kenagarian Taram Kecamatan Harau. Merasa tidak berhak karena kondisi perekonomian lebih baik, sejumlah warga di Kenagarian Taram menolak menerima BLT dana desa.
“Kita juga sangat mengapresiasi dan bangga dengan masyarakat Taram yang secara sukarela menolak menerima BLT dan memberikannya kepada warga lain yang mereka lebih berhak. Ini harus menjadi contoh teladan bagi seluruh masyarakat kita,” ucap Irfendi.
Dalam kesempatan itu Irfendi juga memuji komitmen dan koordiansi yang baik seluruh nagari, kecamatan dan berbagai pihak terkait lainnya di daerah ini dalam mengantisipasi covid-19.(relis)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Indonesia Records Rilis 3 Versi Lagu ‘Bahagia Untukmu’ dari Rara Zen, Luddy Roos, dan Nay X Zul

Indonesia Records akan mengukir sejarah baru di industri musik Indonesia. Label musik tersebut merilis lagu Bahagia Untukmu karya Bagus Aryanto, Musisi asal Kota Malang, Jawa Timur. Lagu tersebut dirilis secara serentak dalam 3 versi pada 23 April 2021 di platform YouTube dan digital musik stores.
- Advertisement -

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).
- Advertisement -

Pelaksanaan Ibadah Ramadhan Dibolehkan di Masjid Dan Mushola Dengan Terapkan Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Menyikapi surat edaran dari Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mengizinkan Masjid dan Mushalla untuk melaksanakan shalat tarawih berjamaah selama Ramadhan 1442 Hijriyah, namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....
- Advertisement -