25.8 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Bupati Apresiasi Kinerja Pemnag Situjuah Batua

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kenagarian Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Limapuluh Kota patut mendapatkan acungan jempol dalam pencegahan covid-19. Tidak saja terdepan dalam penyediaan tempat isolasi mandiri bagi masyarakatnya secara gratis, nagari ini juga sangat transparan dalam penyaluran bantuan Langsung Tunai (BLT).
Tak kalah menariknya, jauh hari sebelum penerapan era kenormalan baru di Kabupaten Limapuluh Kota, nagari ini sudah lebih duluan membuka masjid dan melaksanakan ibadah shalat berjamaah di rumah ibadah itu dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta membatasi jemaah khusus bagi warga setempat.
Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi sangat mengapresiasi kebolehan nagari yang dipimpin Wali Nagari Don Vesky Dt. Tan Marajo tersebut.
“Nagari Situjuah Batua hebat. Ketika orang masih memikirkan dan merencanakan tempat karantina pada masa pandemi covid-19, nagari ini justru sudah duluan memiliki lokasi isolasi mandiri yang dibiayai berbagai pihak di nagari itu tanpa menggunakan dana pemerintah,” ungkap Irfendi Arbi di Situjuah Batua, kemaren.
Dengan adanya tempat isolasi tersebut, setiap warga yang baru datang dari luar daerah tidak repot lagi mencari tempat karantina dan tidak perlu pula memikirkan biaya karena semuanya sudah ditanggung nagari.
“Kita senang dan bangga dengan Situjuah Batua. Berbagai pihak di nagari ini benar-benar kompak dan mampu bekerjasama dalam upaya mencegah penularan virus corona di nagarinya. Tak heran, Situjuah Batua hingga kini mampu mengantisipasi adanya penularan virus mematikan itu di nagarinya,” tutur Irfendi.
Begitu pula dalam penyaluran berbagai bantuan sosial bagi masyarakatnya, pemerintah Nagari Situjuah Batua juga dikenal sangat terbuka. Untuk transparansi penyaluran hak orang tidak mampu tersebut, nama-nama para penerimanya di umumkan secara gamblang di tempat-tempat umum yang ramai didatangi masyarakat termasuk di kedai-kedai.
“Dengan adanya pengumuman daftar nama penerima bantuan sosial tersebut, tentunya semua pihak di nagari bisa mengawasi dan mengawal penyaluran bantuan dimaksud. Dengan begitu, tentunya penyaluran berbagai bantuan sosial termasuk BLT dana desa di Situjuah Batua ini akan terlaksana secara baik dan tepat sasaran,” papar Irfendi.
Selain itu, Situjuah Batua juga diketahui lebih duluan selangkah dalam pelaksanaan kenormalan baru terutama dalam pelaksanaan ibadah di masjid. Karena masih dalam suasan PSBB, nagari ini membuat, jemaah yang dibolehkan datang ke masjid itu hanya terbatas bagi warga setempat dengan kewajiban mentaati protokol kesehatan secara ketat.
“Apa yang dilakukan Nagari Situjuah Batua ini perlu ditularkan kepada nagari lain dalam pandemi Covid-19 dewasa ini,” ujar Irfendi.
Tidak saja Situjuah Batua, nagari-nagari lainnya di Kabupaten Limapuluh Kota juga diketahui maksimal dalam memerangi penularan covid-19, salahsatunya Kenagarian Taram Kecamatan Harau. Merasa tidak berhak karena kondisi perekonomian lebih baik, sejumlah warga di Kenagarian Taram menolak menerima BLT dana desa.
“Kita juga sangat mengapresiasi dan bangga dengan masyarakat Taram yang secara sukarela menolak menerima BLT dan memberikannya kepada warga lain yang mereka lebih berhak. Ini harus menjadi contoh teladan bagi seluruh masyarakat kita,” ucap Irfendi.
Dalam kesempatan itu Irfendi juga memuji komitmen dan koordiansi yang baik seluruh nagari, kecamatan dan berbagai pihak terkait lainnya di daerah ini dalam mengantisipasi covid-19.(relis)
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo Siapkan 10.000 Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan

LIMAPULUH KOTA,- Program dalam memimpin Limapuluh Kota kedepan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo...

Tanyakan Kinerja DPRD, Aliansi Mahasiswa Tanah Datar Gelar Unjuk Rasa

Tanah Datar,- Aliansi Mahasiswa Tanah Datar kembali lakukan aksi masa ke DPRD setempat. Lain halnya dengan aksi unjuk rasa tolak omnibuslaw lalu,...

Kasatlantas Polres Tanah Datar, Gelar Silaturahmi Bersama Wartawan

Tanah datar, - Puluhan wartawan yang bertugas di tanah datar, berkumpul mengadakan silaturahmi dan cofee morning bersama IPTU M Nasir Kasatlantas Polres...

Buayan Sayang Pak Kiai

Catatan kecil tentang KH Abdullah Syukri ZarkasyiOleh: A. Fuadi Saya seperti sekarang ini, antara lain karena pernah diayun-ayun di...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Irfendi Arbi inginkan masyarakat taati Aturan Protokol Kesehatan

Lima Puluh Kota,- Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi terus berupaya mensosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pakai masker bila keluar rumah,...

Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo Siapkan 10.000 Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan

LIMAPULUH KOTA,- Program dalam memimpin Limapuluh Kota kedepan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo...

Prima dan Tesi Lolos Seleksi MC MTQ Nasional ke 28

Limapuluh Kota,- Untuk suksesnya suatu acara yang bersifat publik tentu butuh MC yang profesional dan mahir membawakan acara. Begitu juga halnya dengan...

SMPN 1 Luak Launching Radio Sekolah

Limapuluh Kota- Berinovasi dimasa pandemi Covid 19, Jajaran Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1, Kecamatan Luak meluncurkan...
- Advertisement -