29 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Jerry Massie : Kebijakan New Normal Tidak Satu Line
J

Kategori -

Jakarta,-Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai kebijakan new normal membuat sesuatu sesuatu menjadi normal, tapi ada sebab akibatnya tak serta merta dikatakan sudah berhasil. Atau dengan kata lain ada tahapan yag harus dilalui.
Tapi dia menilai saat ini negeri ini belum normal dimana angka kematian belum turun. Dicatat hampir 2000 orang yang meninggal dan terkonfirmasi 33.076 korban.
“Memang ada negara-negara seperti Korsel, Jerman, Hongkong, China dan juga Australia yang mencoba membuka kembali tapi ada saja korban jiwa dimana di Korsel 79 kasus baru dan 200 sekolah kembali dibuka. Begitu pula, dengan Arab Saudi,” ujarnya dalam diskusi webinar lewat aplikasi Zoom Selasa (09/6/2020).
Jerry menambahkan, saat ini aturan new normal diterapkan di 102 daerah, PSBB 20 wilayah dan lockdown ada 7 daerah disaat awal pandemi corona. Ini bagi saya tidak linear atau satu line (garis).
“Saya erharap baik goverment and public policy itu searah, misalkan penerapan kebijakan new normal. Sementara ujarnya, saat mudik dibuka maka penyebaran Covid-19 kian masif. Daerah yang awalnya green zone (zona hijau) berubah jadi red zone sampai black zone (zona hitam). Itulah akibatnya kalau kebijakan takl sejalan. Bikin kebijakan harus rational policy (kebijakan rasional) bukan irrational policy,” kata Jerry. Untuk itu kata peneliti kebijakan publik dibeberapa negara maju ini, sinergiras antara legislatif dan eksekutif dan lembaga terkait harus berjalan beriringan jangan berbenturan.
Barangkali ujarnya, ini sebuah pilihan antara freedom and healthy (kebebasan dan kesehatan). Bagi saya new normal sudah sendiri-sendiri kita menyelamatkan diri kita bahasa dasarnya pemerintah sudah hands up (angkat tangan), kita yang tentukan arah dn tujuan. Bahasa new normal beda tipis dengan Herd Immunity seperti yang dilakukan pemerintah Swedia namun gagal total.
“Saya tidak yakin new normal akan berhasil jika melihat kurva yang tak kunjung turun baik angka kematian, PDP dan terinfeksi Covid-19. Makanya, perlu opsi yang paten,” jelasnya.
Bisa saja tandasnya, gunakan rumus achieviable and measurable and timely system dimana dapat diukur dan dicapai dan tepat waktu dalam menentukan sikap.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sikapi Keresahan Warga Akan Balapan Liar, Polres Pasbar Gelar Razia Malam

Akhir akhir ini warga Pasaman Barat di resahkan dengan maraknya balapan liar. Sikapi keresahan warga tersebut, Polres Pasaman Barat melalu jajarannya lakukan razia. Sabtu 23/1 malam sekira pukul 22.00 wib razia digelar di Simpang Empat Pasbar.
- Advertisement -

Sempat 4 Tahun Kosong, Pengadilan Negeri Payakumbuh Sekarang Miliki Wakil Ketua

Sudah 4 tahun lamanya Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh tidak memiliki pejabat wakil ketua. Akhir-akhir ini, beberapa pengadilan negeri di Sumatera Barat memang kekurangan pejabat struktural, salahsatunya untuk jabatan wakil ketua, seperti di Payakumbuh.

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.
- Advertisement -

Senin (25/1), Kasus Positif Nol, 17 Guru Sembuh Dari Covid-19

Baru saja kemarin payakumbuh mendapatkan kabar 2 guru telah bebas dari Covid-19, pada hari Senin (25/1), kabar baik datang dari 17 orang tenaga pendidik yang dikabarkan telah bebas dari isolasi, karena mereka sudah negatif Covid-19.

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Berontaknya Alam di Provinsi Kalimantan Selatan

Seminggu yang lalu kita dikejutkan denganbencana banjir yang parah yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Mengapa saya katakan parah? Karena banjir ini melanda hampir seluruh kabupaten/kota di Kalsel. Barang kali ini adalah banjir yangterparah yang pernah terjadi di wilayah provinsi ini.Sekali lagi, mengapa bisa separah ini? Sebelum tahun 1990Provinsi Kalsel terkenal dengan hutan tropikalnya,dan saat itu hasil tambang yang dikenal masyarakat umum hanyalah intan.

Mimpi bertemu sang Ayah, “Sang Datuk” nya anak-anak; Ceracau soal Wanita hingga Virus Corona

Lama tak berjempa dengan beliau, seingat kami sejak kasus Aksi Panas 4 Maret 2004 bersama Forum Aksi Demokrasi Arus Bawah Univ. Negeri Padang yang berujung di tahannya 20 aktivis UNP oleh sang Rektor waktu itu, beliau mangkat pas seminggu sebelum usai kami dibebas tahankan tepatnya 4 Mei 2004; baru sekali beliau datang dalam mimpi panjang. Entah apa hikmahnya gerangan, hanya Allah SWT yang lebih tahu.

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Keuntungan Berbisnis Kotoran

Mungkin agak tekesan jorok istilah keuntungan berbisnis kotoran ini kita dengar. Tapi hal ini sangat membantu meningkatkan ekonomi para petani. Kotoran disini yang dimaksud adalah kotoran binatang ternak seperti sapi, kambing, kerbau atau lainnya yang banyak di pelihara masyarakat.

Universitas Bung Hatta Padang Tekan MoU dengan Yayasan Madani

Kamis 17 Desember 2020, bertempat di ruang Rektorat Universitas Bung Hatta Padang telah ditanda tangani kesepakatan atau MOU antara universitas Bung Hatta Padang dengan Yayasan Madani yang mempelopori gerakan Kembalikan Marwah Minangkabau.

Politik Dinasti dan Gerbang Meritokrasi

Bagi banyak individual, tata aturan kekerabatan tidaklah secara teoritis mengesampingkan aturan politik. Menurut definisi morgan terdahulu, kekerabatan megatur keadaan socitas dan yang kedua mengatur civitas. Atau menggunakan terminologi yang sering digunakan sekarang ini yang pertama merujuk pada struktur-struktur respositas dan kedua merujuk pada dikotomi yang jelas.

Simalakama Pandemi: Liburan atau Stay at Home?

Oleh : Niken Februani dan Siska Yuningsih - Mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Andalas Corona sudah menjadi beban dunia sejak pertama kalinya China melaporkan adanya penyakit...
- Advertisement -