24.8 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

BPJS Apresiasi Irfendi Arbi Atas Dukung program UHC Di Limapuluh Kota
B

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi memperoleh penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan  Sosial (BPJS) Kesehatan atas dukungannya mewujudkan program Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Limapuluh Kota.
Apresiasi BPJS tersebut diserahkan PPS Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Asfurina, SKM, AAAK didampingi Kepala Kabupaten Limapuluh Kota Ina Mutia Farina atas nama Direktur BPJS Kesehatan Fachmi Idris kepada Irfendi Arbi usai acara penandatangan sekaligus Launching Nagari Taram sebagai Desa Swadaya Jaminan Kesehatan Nasional (Swa-JKN) Dalam Upaya Mencapai Cakupan Semesta Program JKN-Kartu Indonesia Sehat (KIS) tahun 2019 di Kabupaten Limapuluh Kota bertempat di halaman kantor Wali Nagari Taram, Senin (5/3).
“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Limapuluh Kota yang telah mendukung program JKN di daerahnya. Salahsatu bentuk dukungannya adalah melauching Nagari Taram sebagai Desa Swa-JKN Dalam Upaya Mencapai Cakupan Semesta Program JKN-Kartu Indonesia Sehat (KIS) tahun 2019 di Kabupaten Limapuluh Kota,” ungkap Asfurina dalam sambutannya usai menyerahkan plakat penghargaan tersebut.
Dikatakan, pujian terhadap bupati itu tidak terlepas dari perolehan anugerah Nagari Taram sebagai Nagari Pelopor Swa-JKN karena telah membuat terobosan bergotong royong membayar iuran BPJS secara berkelompok melalui Desa`Swa-JKN. Bahkan Taram tercatat sebagai nagari yang pertama sekali melaksanakan Swa-JKN di Provinsi Sumatera Barat.
Tidak saja mendukung Swa-JKN di Nagari Taram, jauh hari sebelumnya Bupati Irfendi juga diketahui senantiasa mengajak masyarakat di berbagai nagari agar terdaftar pada BPJS Kesehatan. Menariknya lagi, selama pemerintahan Bupati Irfendi seluruh perangkat nagari sudah masuk BPJS.
“Kami melihat selama ini Bupati Irfendi cukup antusias mensosialisasikan BPJS Kesehatan dalam berbagai acara di nagari dan setiap pertemuannya dengan masyarakat. Tak kalah menggembiarakannya, seluruh perangkat nagari di daerah ini sudah terdaftar sebagai peserta PBJS Kesehatan,” sela Ina Mutia Farina,
Diakuinya Ina, jaminan kesehatan bagi perangkat nagari itu baru terlaksana di beberapa kabupaten saja di Sumatera Barat. Artinya, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota memang terbilang antisias mewujudkan jaminan kesehatan masyarakat dan perangkat di daerahnya.
Dengan dukungan Bupati tersebut, lanjut Asfurina, pihaknya optimis program JKN-KIS yang kini dilaksanakan  di Nagari Taram akan membuka jalan bagi nagari lain di daerah ini melakukan hal serupa. Begitu pula peserta Swa-JKN di Taram yang kini baru sebanyak 176, diyakini akan terus bertambah hingga seluruh masyarakatnya terdaftar sebagai peserta Swa-JKN.
“Kita berharap semua nagari di Kabupaten Limapuluh Kota ke depannya juga melaksanakan program Swa-JKN. Untuk mewujudkan hal ini, tentunya kita tetap berharap dukungan Bupati dan berbagai pihak lainnya,” tutur Asfurina.
Dikatakan, pihaknya berharap seluruh penduduk Kabupaten Limapuluh Kota yang berjumlah sekitar 374 ribu jiwa itu sudah tercakup pada BPJS menjelang tanggal 31 Desember 2018, atau setidaknya mencapai angka 95% dari jumlah penduduk.
“Kami optimis target UHC bisa dicapai di Kabupaten Limapuluh Kota,” tuntas Asfarina yang dianggukan Ina.
Sementara itu Bupati Irfendi dalam sambutannya berharap Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan pemerintahan nagari untuk terus mencari terobosan baru yang inovatif, agar seluruh masyarakat terutama keluarga miskin di daerah ini terdaftar sebagi peserta JKN-KIS. Disamping pemerintah, Irfendi juga mengajak berbagai pihak termasuk warga yang hidup kaya menjadi donatur yang mendonasikan sebagian uangnya untuk JKN-KIS warga tidak mampu.
“Kita berharap, dengan adanya Swa-JKN ini, masyarakat bisa menjadi peserta JKN-KIS tanpa harus mengeluarkan biaya. Dengan begitu, mereka tidak terbebani lagi dalam mendapatkn pelayanan kesehatan,” tutur Irfendi sembari mengatakan setiap warga diharapkan masuk BPJS karena ia tidak mau mereka panik dan menangis ketika masuk rumah sakit
Dikatakan Irfendi, selama ini tidak jarang warga yang cenderung menunggu jaminan kesehatan yang gratis. Menyikapi itu, Pemerintah Nagari Taram telah berhasil membuat program Swa-JKN dengan menggerakan semangat bergotong royong melalui Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag)-nya.
“Kita akan terus mengajak nagari lain di daerah ini agar bisa mengikuti jejak Nagari Taram untuk ikut berinovasi memberikan jaminan kesehatan bagi warganya,” ucap Irfendi.
Ikut hadir dalam acara itu kepala Dinas DPM-PM Kabupaten Limapuluh Kota Ahmad Zuhdi Perama Putra.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap
- Advertisement -

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...
- Advertisement -