26.4 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Bisnis sapi dengan pola Membeli,memelihara,dan Menjual
B

Kategori -

Payakumbuh,Beritasumbar.com-Pola bisnis sapi dengan prinsip 3 M ( membeli, memelihara, dan menjual). Pada saat Ini bisnis sapi merupakan suatu peluang yg sangat bagus untuk ditekuni di negara Indonesia ini.Khususnya Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Apalagi dengan telah di resmikannya Rumah Potong Hewan Internasional di Kota Payakumbuh Oleh Gubernur Sumbar beberapa waktu lalu. Juga kondisi alam Luak Limopuluah yang sangat mendukung bagi bisnis peternakan sapi.

Untuk kebutuhan bibitpun BPTU Padang mengatas di kecamatan Luhak Limapuluh Kota salah satu sentra bibit sapi Nasional.Hal ini bisa dimanfaatkan bagi pemilik modal untuk bisnis peternakan sapi.

Ada beberapa faktor yang membuat bisnis sapi menjadi primadona usaha di sumatera Barat yang perlu kita ketahui antara lain: 1. Lahan yg luas dan iklim tropis yg sangat mendukung untuk peternakan  2. Ketersediaan hijauan yang banyak dan limbah limbah pertanian yang banyak dan belum termanfaatkan 3. Kebutuhan yang sangat tinggi untuk kebutuhan dalam negeri.Bahkan sampai saat ini untuk kebutuhan dalam negeri saja masih mengimport dari luar. 4. Dukungan pemerintah yang sangat serius dalam pengembangan peternakan sapi. 5. Dan masi banyak faktor-faktor pendukung lainnya.

Kalau kita lihat lebih jeli dengan peluang yang ada maka bisa disimpulkan bahwa bisnis sapi akan menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk kedepannya di Sumatera Barat. Dalam berbisnis sapi prinsip 3 M sangat membantu dalam menjalankan bisnis sapi di Sumatera Barat.

Mengapa harus dengan program 3 M. 1. Membeli : untuk membeli kita harus mempunyai keahlian dalam memilih jenis sapi yang bagus, postur yang bagus dan lain sebagainya. 2. Menjual : dalam menjual banyak faktor yang perlu kita pahami dan pelajari. Mulai dari kapan harga naik atau turun, jenis sapi yang lebih di nikmati oleh konsumen, dll. 3. Memelihara : dalam memelihara sapi mungkin tidak terlalu sulit, karena sapi selagi terpenuhi kebutuhan makannya sesuai kebutuhan (10 % dari bobot badan), ditambah dengan konsentrat maka sapi akan tumbuh dengan baik.

Dalam bisnis sapi 3 M ini, sebenarnya tidak jauh beda dengan kebiasaan para ppeternak pada umumnya. Para peternak biasanya Membeli, memelihara, menjual. Tetapi dalam bisnis sapi 3 M ini, kita melakukan penjualan setelah pembelian. Tetapi kalau seandainya tidak terjual baru kita lakukan pemeliharaan. Adapun ke untungan berbisnis sapi dengan prinsip 3 M adalah : 1. Keuntungan lebih besar. 2. Perputaran bisnis lebih cepat. 3. Resiko kerugian lebih kecil. 4. Dan masih banyak keuntungan lain yang akan kita dapatkan.(Toto Setiawan Alumni Politekinik Pertanian Negeri Payakumbuh Jurusan Peternakan,cp 082390616822)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Pengurus KAN Koto Nan Ompek Dikukuhkan Wali Kota Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai Pucuak Undang, Wali Kota Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Limbago Anak Nagari, dan Puti Bungsu Koto Nan Ompek Periode 2021-2026 di Balai Adat Balai Nan Duo, Rabu (7/4).
- Advertisement -

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 8 Rumah Warga di Jorong Sianggai-Anggai

Kabupaten Solok ,BeritaSumbar.com,- Angin puting beliung menerjang rumah warga di Jorong Sianggai-anggai, Nagari Sarik Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada sore hari Jum'at (09 April 2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.

Rani Fitriana Jambak Lauching Karya Seni Suara Minangkabau

Mari hadiri, dukung, apresiasi dan sebarluaskan diskusi dan peluncuran karya dunsanak kita Rani Fitriana Jambak @Rani Fitriana Jambak (Seniman, musisi dan penggerak lingkungan) generasi keturunan ke 3 Minangkabau di Kota Medan beserta karya soundscape tentang kampung asal leluhurnya "SUARA MINANGKABAU" tentang darek, pasisia dan rantau (yang diterjemahkan pengkarya beliau sebagai anak rantau) serta minangkabau urban. Setelah sebelumnya telah juga menghasilkan karya "SOUND OF MEDAN" tentang suara urban kota Medan kerjasama bersama GOETHE Institut - Singapura
- Advertisement -