29 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Bisnis sapi dengan pola Membeli,memelihara,dan Menjual
B

Kategori -

Payakumbuh,Beritasumbar.com-Pola bisnis sapi dengan prinsip 3 M ( membeli, memelihara, dan menjual). Pada saat Ini bisnis sapi merupakan suatu peluang yg sangat bagus untuk ditekuni di negara Indonesia ini.Khususnya Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Apalagi dengan telah di resmikannya Rumah Potong Hewan Internasional di Kota Payakumbuh Oleh Gubernur Sumbar beberapa waktu lalu. Juga kondisi alam Luak Limopuluah yang sangat mendukung bagi bisnis peternakan sapi.

Untuk kebutuhan bibitpun BPTU Padang mengatas di kecamatan Luhak Limapuluh Kota salah satu sentra bibit sapi Nasional.Hal ini bisa dimanfaatkan bagi pemilik modal untuk bisnis peternakan sapi.

Ada beberapa faktor yang membuat bisnis sapi menjadi primadona usaha di sumatera Barat yang perlu kita ketahui antara lain: 1. Lahan yg luas dan iklim tropis yg sangat mendukung untuk peternakan  2. Ketersediaan hijauan yang banyak dan limbah limbah pertanian yang banyak dan belum termanfaatkan 3. Kebutuhan yang sangat tinggi untuk kebutuhan dalam negeri.Bahkan sampai saat ini untuk kebutuhan dalam negeri saja masih mengimport dari luar. 4. Dukungan pemerintah yang sangat serius dalam pengembangan peternakan sapi. 5. Dan masi banyak faktor-faktor pendukung lainnya.

Kalau kita lihat lebih jeli dengan peluang yang ada maka bisa disimpulkan bahwa bisnis sapi akan menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk kedepannya di Sumatera Barat. Dalam berbisnis sapi prinsip 3 M sangat membantu dalam menjalankan bisnis sapi di Sumatera Barat.

Mengapa harus dengan program 3 M. 1. Membeli : untuk membeli kita harus mempunyai keahlian dalam memilih jenis sapi yang bagus, postur yang bagus dan lain sebagainya. 2. Menjual : dalam menjual banyak faktor yang perlu kita pahami dan pelajari. Mulai dari kapan harga naik atau turun, jenis sapi yang lebih di nikmati oleh konsumen, dll. 3. Memelihara : dalam memelihara sapi mungkin tidak terlalu sulit, karena sapi selagi terpenuhi kebutuhan makannya sesuai kebutuhan (10 % dari bobot badan), ditambah dengan konsentrat maka sapi akan tumbuh dengan baik.

Dalam bisnis sapi 3 M ini, sebenarnya tidak jauh beda dengan kebiasaan para ppeternak pada umumnya. Para peternak biasanya Membeli, memelihara, menjual. Tetapi dalam bisnis sapi 3 M ini, kita melakukan penjualan setelah pembelian. Tetapi kalau seandainya tidak terjual baru kita lakukan pemeliharaan. Adapun ke untungan berbisnis sapi dengan prinsip 3 M adalah : 1. Keuntungan lebih besar. 2. Perputaran bisnis lebih cepat. 3. Resiko kerugian lebih kecil. 4. Dan masih banyak keuntungan lain yang akan kita dapatkan.(Toto Setiawan Alumni Politekinik Pertanian Negeri Payakumbuh Jurusan Peternakan,cp 082390616822)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.
- Advertisement -

Turun Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor, Kapolres Pessel Serahkan Bantuan

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.Ik turun menuju lokasi longsor di Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Lokasi longsor ini ada sekitar 35 km dari jalan nasional yang melintasi kabupaten ini.

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -