25 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Bersama Bidan desa, Tim Pengabdian UNRI Lakukan Pendataan Warga Rentan Sakit dan Pengecekan Suhu Tubuh
B

Pesisir Selatan, BeritaSumbar.com,-Hingga saat ini, jumlah penderita dan kasus kematian akibat COVID-19 terus meningkat. Virus jenis ini sering menyebabkan gejala berat hingga kematian pada kelompok orang tertentu yang rentan terinfeksi virus. Salah satu bentuk upaya dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 adalah dengan melakukan pendataan penduduk rentan sakit dan berbarengan dengan kegiatan pengukuran suhu tubuh.
Sejalan dengan itu Tim Relawan Desa Lawan COVID-19 Universitas Riau yang melakukan pengabdian di Nagari Salido Sari Bulan bersama bidan desa melakukan kegiatan pendataan penduduk rentan sakit sekaligus pengecekan suhu tubuh pada hari Selasa (23/6) bulan lalu. Tim relawan ini berangggotakan Ainov Azharada dari program studi Ilmu Administrasi Publik, Zindy Afreza dari jurusan Ilmu Pemerintahan dan Annisa Lutfiah Rahmah dari program studi Teknologi Hasil Pertanian Universitas Riau.
“Kegiatan kami pada tanggal (23/6) tersebut adalah melakukan pendataan penduduk yang rentan sakit berdasarkan data kunjungan dan pengobatan pasien di Puskesmas Pembantu (Pustu) Nagari Salido Sari Bulan dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Kemudian juga sekaligus melakukan pengukuran suhu tubuh yang bersangkutan dengan menggunakan alat thermoscan”. ucap Ainov Azharada, Ketua Tim Relawan Desa Lawan COVID-19 Universitas Riau di Nagari Salido Sari Bulan.

Bidan Desa juga turut mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang dilakukan Mahasiwa Universitas Riau yang melakukan berbagai kegiatan pencegahan COVID-19 di Nagari Salido Sari Bulan.
Berdasarkan keterangan Bidan Desa di Pustu Nagari Salido Sari Bulan, hingga saat ini belum ada penduduk yang yang memiliki gejala COVID-19 secara persis. Namun hal tersebut tidak membuat lengah jika dikemudian hari dijumpai pasien yang memiliki gejala COVID-19 ataupun penduduk yang memiliki riwayat kontak dengan PDP ataupun suspect COVID-19.

Baca Juga: Memperindah Wajah Kota, Pembangunan Pedestrian di Pusat Kota Payakumbuh Dilanjutkan

“Kami sangat terbantu dengan adanya adik-adik mahasiswa yang mengabdi di Nagari ini terkait edukasi dan kegiatan pencegahan COVID-19 lainnya yang sudah dilakukan oleh karena itu kami mengucapkan banyak terima kasih. Kemudian terkait data yang ada, alhamdulillah dari beberapa bulan terakhir tidak ada pasien yang memiliki riwayat penyakit yang kemungkinan besar terpapar COVID-19.
Paling ada beberapa yang demam, namun tidak disertai sesak nafas dan gejala COVID-19 lainnya. Kalaupun nanti ada ditemui penduduk yang kontak dengan PDP ataupun suspect COVID-19 apalagi yang memiliki gejala COVID-19, kita akan segera lakukan rujukan kerumah sakit rujukan terdekat. Tentunya hal demikian harus ditindak secepat mungkin” ujar Mezi Chintia Dewi, Amd.Keb, Bidan Desa di Pustu Nagari Salido Sari Bulan.
Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan-kegiatan tim relawan COVID-19 Nagari Salido Sari Bulan, bisa dengan mengikuti official Instagram : @kukertarelawan.salidosaribulan, Youtube : Kukerta Relawan Covid19 Salido Sari Bulan, juga bisa diakses melalui kukertarelawancovid19salidosaribulan.blogspot.com.
Oleh : Tim Pengabdian Relawan COVID-19 Universitas Riau Nagari Salido Sari Bulan

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Puncak Cemara Sawahlunto Pukau Decak Kagum Bundo Kanduang Sumbar Rezka Oktoberia

Anggota DPR-RI dari fraksi Demokrat dari daerah pemilihan Sumatera Barat Rezka Oktoberia didampingi Putri Yoan Clara Teken, kembali melanjutkan silaturrahmi ke kota tambang penuh sejarah Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (23/1).
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keberadaan Rumah Tahfiz Alkahfi, Wadah Penerus Hafal Al- Quran dan Relegius

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.Ik bersama - sama Humas Polda Sumatera Barat, Sabtu (23/1) kemarin sekira pukul 13.30 Wib meresmikan Rumah Tahfiz Alkahfi.

Gerak Cepat, Tim Opsnal Satnarkoba Polres Pessel Ciduk Tersangka dan BB

Tidak berhenti dalam memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel kembali menciduk tersangka penyalagunaan narkoba jenis sabu - sabu, Jumat (20/1) di kampung Sikabu, Kenagarian Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...
- Advertisement -