25 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

Bersama Bidan desa, Tim Pengabdian UNRI Lakukan Pendataan Warga Rentan Sakit dan Pengecekan Suhu Tubuh
B

Pesisir Selatan, BeritaSumbar.com,-Hingga saat ini, jumlah penderita dan kasus kematian akibat COVID-19 terus meningkat. Virus jenis ini sering menyebabkan gejala berat hingga kematian pada kelompok orang tertentu yang rentan terinfeksi virus. Salah satu bentuk upaya dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 adalah dengan melakukan pendataan penduduk rentan sakit dan berbarengan dengan kegiatan pengukuran suhu tubuh.
Sejalan dengan itu Tim Relawan Desa Lawan COVID-19 Universitas Riau yang melakukan pengabdian di Nagari Salido Sari Bulan bersama bidan desa melakukan kegiatan pendataan penduduk rentan sakit sekaligus pengecekan suhu tubuh pada hari Selasa (23/6) bulan lalu. Tim relawan ini berangggotakan Ainov Azharada dari program studi Ilmu Administrasi Publik, Zindy Afreza dari jurusan Ilmu Pemerintahan dan Annisa Lutfiah Rahmah dari program studi Teknologi Hasil Pertanian Universitas Riau.
“Kegiatan kami pada tanggal (23/6) tersebut adalah melakukan pendataan penduduk yang rentan sakit berdasarkan data kunjungan dan pengobatan pasien di Puskesmas Pembantu (Pustu) Nagari Salido Sari Bulan dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Kemudian juga sekaligus melakukan pengukuran suhu tubuh yang bersangkutan dengan menggunakan alat thermoscan”. ucap Ainov Azharada, Ketua Tim Relawan Desa Lawan COVID-19 Universitas Riau di Nagari Salido Sari Bulan.

Bidan Desa juga turut mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang dilakukan Mahasiwa Universitas Riau yang melakukan berbagai kegiatan pencegahan COVID-19 di Nagari Salido Sari Bulan.
Berdasarkan keterangan Bidan Desa di Pustu Nagari Salido Sari Bulan, hingga saat ini belum ada penduduk yang yang memiliki gejala COVID-19 secara persis. Namun hal tersebut tidak membuat lengah jika dikemudian hari dijumpai pasien yang memiliki gejala COVID-19 ataupun penduduk yang memiliki riwayat kontak dengan PDP ataupun suspect COVID-19.

Baca Juga: Memperindah Wajah Kota, Pembangunan Pedestrian di Pusat Kota Payakumbuh Dilanjutkan

“Kami sangat terbantu dengan adanya adik-adik mahasiswa yang mengabdi di Nagari ini terkait edukasi dan kegiatan pencegahan COVID-19 lainnya yang sudah dilakukan oleh karena itu kami mengucapkan banyak terima kasih. Kemudian terkait data yang ada, alhamdulillah dari beberapa bulan terakhir tidak ada pasien yang memiliki riwayat penyakit yang kemungkinan besar terpapar COVID-19.
Paling ada beberapa yang demam, namun tidak disertai sesak nafas dan gejala COVID-19 lainnya. Kalaupun nanti ada ditemui penduduk yang kontak dengan PDP ataupun suspect COVID-19 apalagi yang memiliki gejala COVID-19, kita akan segera lakukan rujukan kerumah sakit rujukan terdekat. Tentunya hal demikian harus ditindak secepat mungkin” ujar Mezi Chintia Dewi, Amd.Keb, Bidan Desa di Pustu Nagari Salido Sari Bulan.
Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan-kegiatan tim relawan COVID-19 Nagari Salido Sari Bulan, bisa dengan mengikuti official Instagram : @kukertarelawan.salidosaribulan, Youtube : Kukerta Relawan Covid19 Salido Sari Bulan, juga bisa diakses melalui kukertarelawancovid19salidosaribulan.blogspot.com.
Oleh : Tim Pengabdian Relawan COVID-19 Universitas Riau Nagari Salido Sari Bulan

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.
- Advertisement -

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).
- Advertisement -

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap

Bukannya Tobat, Malah Minta Dikirim Sabu

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Bulan Ramadhan bulan penuh ampunan dan berkah ternyata bukan dimanfaatkan bertobat. Namun tidak bagi Risky (21) tahanan narkoba Polres Pessel ini malah memesan kiriman narkotika dari temannya

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Ustadz Orange, Sampaikan Tausiah di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Ustadz Narlis Nazar, yang dikenal dengan Ustadz Orange ini, memberikan Tausiah agama di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Kamis (8/4).

Danlantamal II Teluk Bayur Siap Kerjasama Kembangkan Kampung Bahari Di Kawasan Mandeh

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Komandan Pangkalan Utama TNI AL/II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E.,M.M.,M.Si memastikan siap jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hal pengembangan potensi budidaya ikan kerapu di kawasan objek wisata bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Polres Pesisir Selatan mengadakan Survei Tata Kelola Eksternal Polres 2021 intuk mendorong perbaikan kinerja Kepolisian Republik Indonesia, khususnya di jajaran Polres Pesisir Selata. Penilaian Indeks Tata Kelola (ITK) tersebut bertempat di aula pertemuan Mapolres Pessel, Kamis (8/4/2021).

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...
- Advertisement -