29.5 C
Padang
Thursday, October 29, 2020

Memperindah Wajah Kota, Pembangunan Pedestrian di Pusat Kota Payakumbuh Dilanjutkan

Payakumbuh, BeritaSumbar.Com — Bertekad ingin memperindah wajah kota serta menjadi pusat aktivitas baru yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi, Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat pada tahun ini akan melanjutkan pembangunan pedestrian di jalan utama kota, yakni Jalan Sudirman dan Jalan Soekarno-Hatta.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh Muslim mengatakan pembangunan pedestrian di pusat kota tersebut akan memberikan dampak yang banyak kepada sektor-sektor lainnya seperti ekonomi, pariwisata bahkan perdagangan.
Sebab, pedestrian ini nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti taman, tempat duduk, ruang terbuka dan beberapa titik yang dijadikan sebagai tempat kuliner.
“Sehingga pembangunan ini tidak hanya diperuntukkan untuk perwajahan kota, tapi juga berdampak dengan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Dinas PUPR Kota Payakumbuh saat menemui dan memberikan penjelasan langsung segala hal kepada warga yang terdampak karena pembangunan pedestrian ini pada beberapa bulan lalu.

Pembangunan ini juga akan menjadi salah satu tempat baru yang akan banyak dikunjungi masyarakat untuk aktifitas santai. Karena di pedestrian tersebut juga akan diberikan ruang bagi pelaku seni yang ada di Payakumbuh.
“Generasi muda serta pelaku seni lainnya yang memang mempunyai minat serta bakat dapat menggunakan pedestrian ini untuk memperkenalkan dirinya,” sebutnya.
Tidak hanya pelebaran jalan dan pembangunan pedestrian, pada saat yang bersamaan juga dilakukan perbaikan drainase dan instalasi kabel listrik di bawah tanah.
“Instalasi kabel listrik di bawah tanah ini juga akan membuat wajah kota lebih bagus dan tidak terganggu dengan banyaknya kabel yang bergelantungan. Sehingga masyarakat dan wisatawan akan lebih nyaman di Payakumbuh,” sebutnya.
Saat ini, kata Muslim pemenang tender sedang melaksanakan rekaya teknis pembangunan yang ditargetkan selesai dalam pekan ini.
“Jika rekayasa teknis ini sudah selesai, InsyaAllah akan dilanjutkan dengan pengerjaan yang ditargetkan selesai menjelang akhir tahun ini,” kata dia.
Jalan Sudirman Kota Payakumbuh yang akan dibangun pedestrian.

Ia mengetakan ruas jalan yang akan dilebarkan kurang lebih seluas 3,5 meter dengan anggaran sebesar Rp2,6 miliar. Pengerjaan di tahun ini merupakan tahap pertama dan akan dilanjutkan pada 2021.
“Pembangunannya dilaksanakan secara bertahap, yang tahun ini palingan baru selesai 35 persen dari rencana yang telah dibuat,” kata dia. (Adv)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dengan Semangat Gotong Royong, Warga Jorong Panti Pabalutan Rambatan Aktifkan Saluran Irigasi “Saisuak”

Tanah Datar, BeritaSumbar.com,- Puluhan warga jorong pabalutan dan jorong berjibaku dan saling bahu membahu gotong royong bersama memperbaiki jalur irigasi pertanian warga...

Amrizal Munaf Pimpin Tim Pemenangan Darma Tani Batipuah

Tanah Datar,- Puluhan orang yang tergabung dalam barisan pemenangan darma tani berkumpul sambil santap siang dirumah makan pak martin kota padang panjang...

Cuaca Ekstrim, Pemko Tata Pohon Pelindung Yang Berpotensi Tumbang Dan Patah

Payakumbuh --- Petugas kebersihan dinas lingkungan hidup Kota Payakumbuh tampak membenahi beberapa pohon pelindung yang ada di sepanjang Jalan Soekarno Hatta. Upaya...

Ini Sanksi Bagi Anggota Fraksi Gerindra Yang Tidak Laksanakan Instruksi Partai

Sijunjung, Berita Sumbar--Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Sijunjung, terancam dipecat dan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW), bila tidak melaksanakan instruksi partai...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Tanah Datar Selalu Imbau Pengunjung Pasar Batusangkar Gunakan Masker

Tanah Datar, www.beritasumbar.com- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres tanah Datar selalu mengimbau pengunjung Pasar Batusangkar agar tetap memakai masker, guna mencegah penyebaran...

Polres Limapuluh Kota Berhasil Mengamankan Dua Tersangka yang Miliki 135 Paket Besar Ganja

Limapuluh Kota, www.beritasumbar.com - Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota berhasil mengamankan dua tersangka penyalahgunaan narkotika berinisial RS dan YFA yang miliki 135...

Bawaslu Limapuluh Kota Telah Keluarkan Enam Peringatan Selama Masa Kampanye

Limapuluh Kota, BeritaSumbar - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota telah mengeluarkan enam peringatan tertulis kepada calon yang maju dalam Pilkada...

Peringati Sumpah Pemuda, Kodim 0310/SSD Gelar Penegakan Protokol Kesehatan

Sijunjung, www.beritasumbar.com - Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-92 tahun 2020 jajaran Komando Distrik Militer (KODIM) 0310/SSD menggelar penegakan disiplin protokol kesehatan kepada...
- Advertisement -