24.8 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Basaria Panjaitan: Pendidikan Benar Benar Bersih Dari Korupsi
B

Kategori -

Jakarta, BeritaSumbar.com,- Dalam pencegahan tindak pidana korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan. Salah satunya adalah kerja sama yang dilakukan KPK dengan para pendidik jenjang PAUD hingga universitas.Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Basaria Panjaitan mengatakan, pendidikan harus menjadi tempat yang benar-benar bersih dari korupsi.
“Dari tempat inilah diharapkan akan lahir manusia yang dapat membawa Indonesia bebas dari korupsi melalui penanaman nilai-nilai anti korupsi sejak dini (jenjang PAUD) hingga pendidikan tinggi seperti jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani (membela yang benar), adil, dan sabar, ujarnya saat Seminar Nasional Peran Perempuan dalam Pencegahan Korupsi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Gedung Ki Hajar Dewantara, Jakarta (19/3/2018). Seminar Nasional ini dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy.
Pada jenjang PAUD, nilai-nilai yang ditekankan kepada para pendidik agar menanamkan kejujuran, sementara untuk jenjang pendidikan tinggi pengenalan nilai-nilai anti korupsi dilakukan agar nantinya mahasiswa yang telah lulus dan masuk kerja, sudah mengetahui nilai-nilai anti korupsi dan tidak melakukan tindak korupsi di dunia kerja. “Salah satu pemicu dari korupsi adalah kerakusan dan tidak sabar atas keadaan,” ungkapnya.
Inti dari nilai pencegahan anti korupsi adalah karakter ibu yang mengajarkan dan mendidik anaknya. “Jangan harap pencegahan hanya dilakukan oleh KPK, lakukan terhadap diri sendiri dulu karena jujur tidak bisa dilihat, yang tahu jujur tidaknya adalah diri sendiri maka sejatinya nilai kejujuran harus ditekankan sejak dari linglungan keluarga agar nilai itu menjadi pegangan sepanjang hidup”. Ia menegaskan bahwa peran perempuan dalam pencegahan korupsi sangat masif dan penting. Oleh karena itu jika ada sesuatu yang tidak benar, para perempuan harus berani lapor ke pihak yang berwajib.
Inspektur Jenderal Kemendikbud, Daryanto, dalam laporannya mengatakan tema seminar ini diangkat dalam rangka memberikan inspirasi dan semangat kepada pegawai perempuan dan Dharma Wanita di lingkungan Kemendikbud untuk berperan aktif dalam pencegahan tindak pidana korupsi. “Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan komitmen bahwa Kemendikbud sebagai kementerian yang bebas dari korupsi,” tegasnya.
Seminar diikuti oleh pejabat eselon I beserta istri, perwakilan pegawai perempuan dari seluruh unit utama dan pengurus serta anggota Dharmawanita Kemendikbud dengan jumlah peserta 280 orang. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Basaria Panjaitan, menjadi pembicara utama dengan materi “Gerakan Saya Perempuan Anti Korupsi”. Kemudian ada tiga narasumber lain, yakni Inspektur Jenderal Kementerian Agama, M. Nur Cholid Setiawan,dengan materi “Praktik Baik Gerakan Saya Perempuan Anti Korupsi di Kemenag”; Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch , Ade Irawan, dengan materi “Peran Masyarakat dalam Mewujudkan Keluarga Anti Korupsi”; dan Penasehat Dharmawanita Pusat Kemendikbud, Wida Muhadjir Effendy, dengan materi “Peran Dharmawanita dalam Mendukung Pencegahan Korupsi di Lingkungan Kemendikbud”. Seminar dimoderatori oleh Inspektur I Itjen Kemendikbud, Karyaningsih.(IMO)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Buntut Tertangkapnya Pembunuh OK, Warga Tanjung Gadang Datangi Mapolres

Buntut dari penangkapan tersangka pembunuhan Ok, Warga Nagari Tanjung Gadang mendatangi Mapolres Sijunjung, Rabu (20/1).
- Advertisement -

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -