25 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

Basaria Panjaitan: Pendidikan Benar Benar Bersih Dari Korupsi
B

Kategori -

Jakarta, BeritaSumbar.com,- Dalam pencegahan tindak pidana korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan. Salah satunya adalah kerja sama yang dilakukan KPK dengan para pendidik jenjang PAUD hingga universitas.Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Basaria Panjaitan mengatakan, pendidikan harus menjadi tempat yang benar-benar bersih dari korupsi.
“Dari tempat inilah diharapkan akan lahir manusia yang dapat membawa Indonesia bebas dari korupsi melalui penanaman nilai-nilai anti korupsi sejak dini (jenjang PAUD) hingga pendidikan tinggi seperti jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani (membela yang benar), adil, dan sabar, ujarnya saat Seminar Nasional Peran Perempuan dalam Pencegahan Korupsi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Gedung Ki Hajar Dewantara, Jakarta (19/3/2018). Seminar Nasional ini dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy.
Pada jenjang PAUD, nilai-nilai yang ditekankan kepada para pendidik agar menanamkan kejujuran, sementara untuk jenjang pendidikan tinggi pengenalan nilai-nilai anti korupsi dilakukan agar nantinya mahasiswa yang telah lulus dan masuk kerja, sudah mengetahui nilai-nilai anti korupsi dan tidak melakukan tindak korupsi di dunia kerja. “Salah satu pemicu dari korupsi adalah kerakusan dan tidak sabar atas keadaan,” ungkapnya.
Inti dari nilai pencegahan anti korupsi adalah karakter ibu yang mengajarkan dan mendidik anaknya. “Jangan harap pencegahan hanya dilakukan oleh KPK, lakukan terhadap diri sendiri dulu karena jujur tidak bisa dilihat, yang tahu jujur tidaknya adalah diri sendiri maka sejatinya nilai kejujuran harus ditekankan sejak dari linglungan keluarga agar nilai itu menjadi pegangan sepanjang hidup”. Ia menegaskan bahwa peran perempuan dalam pencegahan korupsi sangat masif dan penting. Oleh karena itu jika ada sesuatu yang tidak benar, para perempuan harus berani lapor ke pihak yang berwajib.
Inspektur Jenderal Kemendikbud, Daryanto, dalam laporannya mengatakan tema seminar ini diangkat dalam rangka memberikan inspirasi dan semangat kepada pegawai perempuan dan Dharma Wanita di lingkungan Kemendikbud untuk berperan aktif dalam pencegahan tindak pidana korupsi. “Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan komitmen bahwa Kemendikbud sebagai kementerian yang bebas dari korupsi,” tegasnya.
Seminar diikuti oleh pejabat eselon I beserta istri, perwakilan pegawai perempuan dari seluruh unit utama dan pengurus serta anggota Dharmawanita Kemendikbud dengan jumlah peserta 280 orang. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Basaria Panjaitan, menjadi pembicara utama dengan materi “Gerakan Saya Perempuan Anti Korupsi”. Kemudian ada tiga narasumber lain, yakni Inspektur Jenderal Kementerian Agama, M. Nur Cholid Setiawan,dengan materi “Praktik Baik Gerakan Saya Perempuan Anti Korupsi di Kemenag”; Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch , Ade Irawan, dengan materi “Peran Masyarakat dalam Mewujudkan Keluarga Anti Korupsi”; dan Penasehat Dharmawanita Pusat Kemendikbud, Wida Muhadjir Effendy, dengan materi “Peran Dharmawanita dalam Mendukung Pencegahan Korupsi di Lingkungan Kemendikbud”. Seminar dimoderatori oleh Inspektur I Itjen Kemendikbud, Karyaningsih.(IMO)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Goro Hingga Tengah Malam, Pemkot dan Masyarakat Telah Bersihkan Pasar Bawah yang Terbakar

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Setelah berjibaku, Minggu (12/9/2021), hingga tengah malam bergotong royong (Goro) membersihkan sisa-sisa kebakaran di Pasar Bawah Kota Bukittinggi, pasca kebakaran pada...
- Advertisement -

Tingkatkan Kedisiplinan Personil, Propam Polres Padang Pariaman Laksanakan Gaktibplin

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Usai melaksanakan apel pagi, Kasi Propam Polres Padang Pariaman Ipda Agus Zainal, SH memimpin Operasi Penegakan, Ketertiban, dan Disiplin...

Rumah Tidak Layak Huni tertimpa Pohon,Pj Walinagari Tigo Jangko Respon Cepat.

Rumah Tidak Layak Huni tertimpa Pohon,Pj Walinagari Tigo Jangko Respon Cepat. Tanah Datar,Beritasumbar.com - Rumah tidak layak huni di Guguak Tinggi Jorong Cendrawasi Nagari Tigo Jangko Kabupaten Tanah Datar tertimpa pohon Selasa pagi 14/09/2021.Pj Walinagari Tigo Jangko merespon cepat kejadian dengan langsung meninjau lokasi beserta BPBD dan pihak Kepolisian. Dra.Nita Jandru,Pj Nagari Tigo Jangko mengatakan,"kami dari aparatur pemerintahan nagari,cukup prihatin dengan adanya kejadian rumah warga tertimpa pohon rambutan yang tumbang tadi pagi. "Angin kencang dari Senin sore,mengakibatkan beberapa pohon disekitar tempat kejadian tumbang dan salah satunya menimpa rumah Yusneli (37) janda dengan tiga orang anak. "Rumah yang ditempati Yusneli tersebut memang tidak layak huni,hanya satu kamar dan sebagian ruang tamu bisa didiami."kebetulan ruangan itu yang ditimpa pohon. "Kita bersama BPBD dan Kepolisian Kabupaten Tanah Datar telah membersihkan lokasi bencana,"korban juga sudah diungsikan sementara sambil menunggu bantuan RTLH yang telah diajukan dan mencari bantuan lainnya untuk korban. "Kerugian ditafsir mencapai Rp.30 Juta dan Allhamdulillah tidak ada korban jiwa serta luka - luka serius katanya."(haries)
- Advertisement -

Wabup Lima Puluh Kota Buka Musrenbang Nagari Solok Bio Bio

Lima puluh kota,BeritaSumbar.com,-Nagari Solok Bio-Bio Kecematan Harau Kab. Lima Puluh Kota dalam hal ini melaksanakan Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Solok Bio-Bio Nagari Harau, Senin, (13/09/2021).

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tinjau Belajar Tatap Muka di Sekolah, Bupati: Kolaborasi Pemda dan Satgas Covid-19

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo meninjau dan langsung beberapa sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.

Bukittinggi Apresiasi Kerja Tim Pemadam yang Menjinakkan Api di Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tim pemadam kebakaran, yang terjun menjinakkan api membakar los dan kios...

Polres Padang Pariaman Amankan Pencuri Besi Rel Kereta Api

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Lubuk Alung telah menangkap tersangka pencurian besi padu rel...

dr. Reisa: Daftar Vaksin Sekarang Juga, Stok Vaksin Tersedia

Jakarta,- Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, mendorong masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendaftarkan dirinya. Menurutnya, Bio Farma telah menyatakan siap untuk mengirim 18 juta dosis vaksin Covid-19 ke seluruh Provinsi di Indonesia di bulan September ini.

Konsepsi: Harapan & Kecemasan

Artikel Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia (ABSAB) Seri 14/1000 “Konsepsi: Harapan & Kecemasan” ------------------------------------------------------------------------------------- Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sebuah ungkapan “kau datang, aku tunggu”, demikian...

Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Melalui webinar literasi digital yang digelar secara virtual baru-baru ini, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zahirman membeberkan tips memanfaatkan internet secara bijak dan produktif.

Sikapi Surat Bupati Padang Pariaman, Forkopimca Ulakan Tapakih Lakukan Pengawasan dan Penertiban Usaha Tambak di Wilayahnya.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Menindaklanjuti Surat Bupati Padang Pariaman nomor 300/313/DPMPTP/VIII-2021 tentang Pengawasan dan Penertiban Pelaksanaan Kegiatan Usaha Tambak Udang, diperintahkan kepada Camat yang ada di wilayah pesisir untuk berkoordinasi dengan Forkopimca dan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan.

Proyek Fisik di SMPN 1 Bukittinggi Terkesan Dikerjakan Secara Diam-diam

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Di tengah pendemi covid19, sejumlah kegiatan fisik di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi tetap berjalan, seperti yang terjadi di SMP...

Tiga Tantangan Besar Hambat Gerakan Perburuhan di Indonesia

Jakarta,- DPP Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 menyebutkan Tiga tantangan besar tengah menghambat pergerakan Serikat Buruh saat ini di Indonesia.
- Advertisement -