29 C
Padang
Sabtu, Oktober 16, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan
B

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, beritasumbar.com – Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak 114 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok- kelompok pertanian di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ir.Ronaldi yang didampingi Kepala Bidang Sarana Prasarana Arwilson mengatakan Pemkab Sijunjung hanya sebagai penyalur atau sebagai menfasilitasi bantuan Alsintan dari dana Aspirasi Anggota DPRD Provinsi Sumbar untuk Kabupaten Sijunjung tahun 2021.

Peran pemerintah daerah hanya melakukan verifikasi kelompok-kelompok yang layak mendapat bantuan, mulai verifikasi anggota, aktivitas, alamat, sampai kelompok ini terdaftar dalam database kelompok yang ada di Dinas Pertanian.

Kelompok yang mendapat bantuan ini sudah dikukuhkan dengan Surat Keputusan Bupati Sijunjung, berarti kelompok yang dapat bantuan itu betul-betul sudah diakui keberadaannya minimal setahun berjalan dengan kegiatan kelompok beraktivitas secara terus menerus.

“Jadi kelompok yang baru berdiri tidak bisa dapat bantuan, harus masuk ke dalam daftar tunggu. Karena banyak kelompok binaan Dinas Pertanian yang antre untuk mendapatkan bantuan Alsintan, tentu kita utamakan yang betul-betul membutuhkan atau skala prioritas selalu kita jadikan patokan,” jelasnya.

Pada Jumat (2/7) sebanyak 10 unit telah diserahkan untuk 10 kelompok. Penyerahan yang 6 unit traktor roda dua langsung diserahkan oleh Riko Alviano anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa. Dalam penyerahan ini Riko Alviano didampingi anggota Fraksi PKB DPRD dan Ketua DPC beserta Pengurus PKB  Kabupaten Sijunjung.

Adapun kelompok yang mendapat bantuan traktor roda dua dari Riko Alviano diantaranya, kelompok Tunas Muda, Serumpun Melayu dari Aie Amo. Kelompok Labuah Luruik Sumpadang Palaluar, kelompok Payolawe Nagari Tanjung, Lindung Laweh Sibakur dan kelompok Baduah Muaro Balai Jorong Pematang Sari Bulan Nagari Muaro.

Riko Alviano di hadapan kelompok penerima Alsintan mengatakan” pergunakan trator ini dan rawat sebaik- baiknya, aturan pemakaiannya dengan anggota kelompok. Jangan sudah ada traktornyo terjadi persoalan. Ketua kelompok harus bisa mengatur manajemen kelompok dengan baik.

“Lakukan musyawarah dengan anggota kelompok, mulai dari sistem pemakaian dan biaya pemeliharaan, supaya bisa bermanfaat untuk peningkatan hasil usaha para anggota kelompok, semakin kita syukuri nikmat Allah hari, ke depannya nikmat itu akan bertambah,” ajaknya.

Empat kelompok lagi yang menerima alsintan pompa air dari aspirasi Anggota Fraksi Nasdem Taufik Sarial. Sedangkan alsintan dari anggota dewan yang lain belum diserahkan. Untuk penyerahannya kita tunggu waktu anggota dewan yang bersangkutan bisa langsung yang menyerahkan.

“Kita bisa menyerahkan langsung kepada kelompok bila ada mandat dari anggota dewan tersebut.  Pihak dinas pertanian Sijunjung berharap anggota dewan provinsi Sumbar bisa langsung menyerahkan kepada kelompok, kita dari dinas kabupaten bisa mendampingi pada saat penyerahan nantinya, kata Ronaldi. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img