24.2 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan
B

Kategori -

Sijunjung, beritasumbar.com – Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak 114 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok- kelompok pertanian di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ir.Ronaldi yang didampingi Kepala Bidang Sarana Prasarana Arwilson mengatakan Pemkab Sijunjung hanya sebagai penyalur atau sebagai menfasilitasi bantuan Alsintan dari dana Aspirasi Anggota DPRD Provinsi Sumbar untuk Kabupaten Sijunjung tahun 2021.

Peran pemerintah daerah hanya melakukan verifikasi kelompok-kelompok yang layak mendapat bantuan, mulai verifikasi anggota, aktivitas, alamat, sampai kelompok ini terdaftar dalam database kelompok yang ada di Dinas Pertanian.

Kelompok yang mendapat bantuan ini sudah dikukuhkan dengan Surat Keputusan Bupati Sijunjung, berarti kelompok yang dapat bantuan itu betul-betul sudah diakui keberadaannya minimal setahun berjalan dengan kegiatan kelompok beraktivitas secara terus menerus.

“Jadi kelompok yang baru berdiri tidak bisa dapat bantuan, harus masuk ke dalam daftar tunggu. Karena banyak kelompok binaan Dinas Pertanian yang antre untuk mendapatkan bantuan Alsintan, tentu kita utamakan yang betul-betul membutuhkan atau skala prioritas selalu kita jadikan patokan,” jelasnya.

Pada Jumat (2/7) sebanyak 10 unit telah diserahkan untuk 10 kelompok. Penyerahan yang 6 unit traktor roda dua langsung diserahkan oleh Riko Alviano anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa. Dalam penyerahan ini Riko Alviano didampingi anggota Fraksi PKB DPRD dan Ketua DPC beserta Pengurus PKB  Kabupaten Sijunjung.

Adapun kelompok yang mendapat bantuan traktor roda dua dari Riko Alviano diantaranya, kelompok Tunas Muda, Serumpun Melayu dari Aie Amo. Kelompok Labuah Luruik Sumpadang Palaluar, kelompok Payolawe Nagari Tanjung, Lindung Laweh Sibakur dan kelompok Baduah Muaro Balai Jorong Pematang Sari Bulan Nagari Muaro.

Riko Alviano di hadapan kelompok penerima Alsintan mengatakan” pergunakan trator ini dan rawat sebaik- baiknya, aturan pemakaiannya dengan anggota kelompok. Jangan sudah ada traktornyo terjadi persoalan. Ketua kelompok harus bisa mengatur manajemen kelompok dengan baik.

“Lakukan musyawarah dengan anggota kelompok, mulai dari sistem pemakaian dan biaya pemeliharaan, supaya bisa bermanfaat untuk peningkatan hasil usaha para anggota kelompok, semakin kita syukuri nikmat Allah hari, ke depannya nikmat itu akan bertambah,” ajaknya.

Empat kelompok lagi yang menerima alsintan pompa air dari aspirasi Anggota Fraksi Nasdem Taufik Sarial. Sedangkan alsintan dari anggota dewan yang lain belum diserahkan. Untuk penyerahannya kita tunggu waktu anggota dewan yang bersangkutan bisa langsung yang menyerahkan.

“Kita bisa menyerahkan langsung kepada kelompok bila ada mandat dari anggota dewan tersebut.  Pihak dinas pertanian Sijunjung berharap anggota dewan provinsi Sumbar bisa langsung menyerahkan kepada kelompok, kita dari dinas kabupaten bisa mendampingi pada saat penyerahan nantinya, kata Ronaldi. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).
- Advertisement -