31 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Badan Kesbangpol Sumbar Gelar Dialog Politik di Payakumbuh
B

Kategori -

Dialog politik antara pemerintah dengan pengurus parpol, ormas dan tokoh masyarakat Payakumbuh, berlangsung di aula Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Selasa (12/5).  Kegiatan yang dihelat Badan Kesbangpol Sumbar bersama Kantor Kesbangpol Payakumbuh itu, dibuka Walikota Riza Falepi. Dari dialog politik itu, ke depan, diharapkan partisipasi warga Sumatera Barat, khususnya Payakumbuh, menyukseskan Pilkada, Pileg dan Pilpres kian meningkat.

Sepanjang dialog politik itu, ikut jadi peserta Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Kapolresta AKBP Yuliani, SH, serta Dandim 0306/50 Kota  diwakili Perwira Penghubung Mayor Inf. M. Khomsah, Kepala Kesbangpol Payakumbuh Dra. Elfriza Zaharman Sementara itu, tampil sebagai nara sumber Kepala Badan Kesbangpol Sumbar Irvan Khairul Ananda, SE, M.Si, Dekan FISIP Unand Prof. Dr.Nursyirwan Effendi, dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi.

Walikota Riza Falepi dalam sambutannya mengatakan, pada era reformasi sekarang ini,  arti demokrasi banyak disalah artikan sebagian masyarakat. Caci maki dan perkataan tidak sopan, dilontarkan sebagian masyarakat untuk menyampaikan kritikan kepada pemerintah.

Padahal, sebagai anak bangsa yang berbudaya, memiliki karakter yang sesuai dengan kaedah agama dan Pancasila, seyogianya sebuah sindiran itu disampaikan dengan bahasa yang santun dan baik. Menurut walikota,  kritikan yang konstruktif dan solusi yang tepat, akan  membawa perubahan kepada kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

 Karena itu, keterlibatan seluruh parpol, ormas dan tokoh masyarakat, sangat diharapkan pemerintah, dalam membangun karakter anak negeri ini.  Musyawarah dan mufakat untuk mencapai tujuan,  budaya yang harus dipelihara dan dikembangkan, karena merupakan adat istiadat Minangkabau yang sangat relevan dengan Pancasila. Peran parpol sangat diharapkan dalam menciptakan pembangunan politik di kota ini, sebut walikota.

Kepala Badan Kesbangpol Sumbar Irvan Khairul Ananda, menyampaikan, gol yang ingin dicapai dari dialog politik itu, selain terciptanya pembangunan politik yang makin baik, juga makin tingginya tingakt partisipasi masyarakat Sumbar pada pemilihan gubernur dan bupati/walikota serentak di Sumbar, 9 Desember 2015.

Dikatakan, pada pemilihan anggota legislatif 2014, tercatat 70% lebih angka partisipasi masyarakat  yang ikut pemilu. Tapi, pada Pilpres tahun yang sama, angkanya jadi turun menjadi 65,19%.  Harapannya, pada pilkada serentak, melibatkan 13 kota/kabupaten dan pilgub Sumbar nanti, mudah-mudahan keterlibatan masyarakat mencapai 75%. Dari dialog politik secara maraton di Sumbar ini, target keikutsertaan warga pada Pilkada nanti akan tercapai,” tegasnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...
- Advertisement -

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang

HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.

Angka Positif Covid-19 Naik Lagi Di Kalangan Guru, Pemko Payakumbuh Gencar Sidak Sekolah

Masih didominasi tenaga pendidik, Payakumbuh terus mendapatkan peningkatan kasus positif Covid-19. Prediksi dinas kesehatan setempat akan terus bertambah, karena saat ini baru setengah dari target 3600 guru dan tenaga pendidik yang dites swab.
- Advertisement -

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.
- Advertisement -