26.1 C
Padang
Sabtu, Oktober 23, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Aksi Sosial Karyawan RSUD Sijunjung Perlu Ditiru, Selamatkan Biaya Berobat Puluhan Masyarakat Kurang Mampu
A

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, beritasumbar.com – Kepedulian dan kemanusiaan terhadap keluarga yang kurang mampu perlu ditumbuhkan dalam diri manusia, sehingga nilai- nilai tersebut perlu dikembangkan dan dipupuk di lingkungan kerja, rumah tangga, serta masyarakat sekitar lingkungan kita.

Direktur RSUD Sijunjung Dr.Diana Oktavia.Sp PD, Rabu (24/3) mengatakan aksi sosial itu mulai dihidupkan oleh lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung, yang mana karyawan RSUD mengumpulkan uang dari infaq, sedekah, serta zakat untuk membantu pasien yang kurang mampu.

“Peduli terhadap pasien kurang mampu ini telah mereka lakukan sejak  dua tahun belakangan ini,” katanya.

Menurutnya selama ini masyarakat yang berobat dengan latar belakang yang berbeda, kadang kala ada yang berobat dengan memakai BPJS, ada juga yang berobat umum, ada juga orang-orang yang kurang mampu dari segi ekonomi.

Masyarakat yang kurang mampu dari segi ekonomi ini, perlu diberikan pengobatan secara baik sesuai dengan kondisi penyakit yang mereka alami.

Untuk pasien yang seperti ini, dibantu dari uang yang dikumpulkan dari infaq, sedekah, dan zakat dari karyawan

Pada tahun 2019 ada sebanyak 11 pasien yang kurang mampu dibantu, ada sekitar Rp.17 juta lebih biaya pengobatan mereka yang dibantu pihak RSUD, dengan berbagai jenis penyakit yang dialami masyarakat Sijunjung.

Pada tahun 2020 sekitar 20 orang pasien kurang mampu yang dibantu pihak  RSUD Sijunjung dengan total biayanya Rp.49.830.700.

“Jadi uang yang dikumpulkan dari karyawan- karyawati RSUD ini, digunakan sepenuhnya untuk bantuan kemanusian bagi warga kita yang membutuhkan uluran tangan dari semua pihak,” katanya.

Kemudian RSUD juga menerima bantuan makanan dan sebagainya untuk pasien-pasien yang kurang mampu. Kalau ada masyarakat yang mau menyumbang untuk warga yang kurang mampu yang sedang dirawat di RSUD Sijunjung juga diberikan peluang untuk berpartisipasi dalam rangka meringankan beban keluarga pasien.

“Peduli terhadap keluarga yang kurang beruntung ini, akan selalu dikembangkan dan akan menjadi program primadona bagi karyawan RSUD Sijunjung secara berkesinambungan,” pungkas dr. Diana (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img