23 C
Padang
Sabtu, Januari 22, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Ady Surya SH.MH, PDAM Kota Payakumbuh Harus Melakukan Tata kelola Perusahaan Yang Baik Dan Bersih
A

- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Mulai Oktober 2018 ini PDAM Kota AKan menaikan tarif dasar air untuk setiap golongan pelanggan. Nominal kenaikan di angka 100 rupiah/kubik air. Hal ini disampaikan direktur PDAM Payakumbuh saat menggelar konfrensi pers pada Senin 17/9 kemaren.
Baca juga: Mulai Oktober Mendatang PDAM Akan Naikan Tarif Dasar Air
Kenaikan tarif dasar air PDAM Kota Payakumbuh ini dilakukan karena meningkatnya biaya operasional serta pihak sumber air PDAM yang ada di 3 titik di Limapuluh Kota juga meningkatkan permintaan kontribusinya ujar Herry Iswahyudi didampingi Andriandanoes dari Dewan Pengawas PDAM.
Menyikapi hasil pers rilis tersebut, Ady Surya SH.MH praktisi hukum Luak Limopuluah saat di mintai komentarnya oleh BeritaSumbar.com pada Selasa 18/9 siang mengatakan  “PDAM kota payakumbuh harus melakukan tata kelola perusahaan yang baik dan bersih (good coorporate governance). Baik dari sisi manajerial maupun tata kelola keuangan yang transparan dan accountable.
Sisi manajerial harus ada perubahan struktur Perusahaan yang mewakili kepentingan sumber daya air, konsumen dan Pemda sehingga seluruh stake holder dengan korelasi PDAM terwakili . Sisi tata kelola keuangan yang baik dan transparan serta accountable seluruh sirkulasi keuangan baik keuntungan maupun kerugian serta bagi hasil dengan pemilik sumber daya air harus ada partisipasi publik dan keterbukaan terhadap publik”. Ujar Ady Surya SH.MH.
Sementara itu Yoserizal Teja Kabag Hubungan Langganan PDAM Kota Payakumbuh saat di konfirmasi awak media tentang kenaikan tarif dasar air ini menerangkan bahwa beban inflasi sudah tinggi. Perubahan tarif tidak terjadi sejak 2014 sampai hari ini. “Sementara, telah disepakati dengan pemilik sumber air, dari 8 persen pembiayaan harga air menjadi 12,5 persen,” ungkap Yoserizal Teja
Beban instalasi pelanggan pun, makin banyak. Seiring dengan kesadaran nilai konsumen pelanggan, Kabag Pelayanan Pelanggan Yoserizal Teja mengaku menerima banyak komplain. Secara umum komplain pelanggan dapat diatasi dengan baik.
“Sekaligus, jadi pembelajaran bagi kami ke depan agar kian cermat melayani pelanggan. Jumlah pelanggan PDAM di Kota Payakumbuh saat ini mencapai 28 ribu sambungan rumah (SR) terpasang,” aku Teja.(red)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img