30.1 C
Padang
Rabu, Mei 18, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Yuk, Belajar Bisnis dari Nol! Begini Caranya
Y

- Advertisement -

Bidang bisnis sampai sekarang masih diminati oleh begitu banyak orang. Peluang untung dalam berbisnis begitu besar dan sangat menjanjikan, selama ditekuni dengan cara yang benar. Bagi Anda yang tak punya pengalaman berbisnis sama sekali, kesempatan tetap terbuka lebar. Anda bisa belajar bisnis dari nol dan meraup keuntungan besar dari bisnis tersebut.

6 Tips Sukses Bangun Bisnis dari Nol

Sebagai masyarakat awam yang ingin berbisnis, tentu saja penting sekali untuk mempelajari teknik bisnis yang tepat. Belajar bisnis harus dimulai dari kemauan yang kuat. Jika sudah ada kemauan dan niat, pasti akan lebih mudah untuk belajar bisnis sampai sukses. Berikut adalah 6 tips sukses membangun bisnis dari nol yang mungkin bisa jadi inspirasi bagi Anda:

1.                 Buat Persiapan Bisnis yang Matang

Langkah pertama, kamu harus membuat persiapan bisnis yang matang. Ini sangat penting untuk dilakukan agar kamu bisa menjalankan rencana bisnis lebih mudah. Tentukan jenis produk apa yang ingin dijual dan siapa saja yang menjadi target pasar Anda. Anda harus memiliki gambaran yang jelas mengenai bisnis yang akan dijalankan.

Penyusunan business plan ini menjadi langkah awal bagi semua pebisnis. Bahkan pebisnis besar sekalipun akan memulainya dari nol dengan menyusun rencana yang pada awalnya mungkin terlihat mustahil. Jika Anda bingung memulai usaha apa, cobalah untuk mencari referensi sebanyak-banyaknya dan temukan produk yang paling cocok.

2.                  Berpikirlah Out of The Box

Hindari cara berpikir yang itu-itu saja. Anda harus bisa memikirkan sesuatu yang anti-mainstream atau out of the box. Lakukan brainstorming dan cari sebanyak mungkin referensi. Jalankan bisnis Anda dengan cara yang tidak biasa. Ini akan membuat bisnis Anda punya karakter dan identitas. Hal itulah yang dibutuhkan di dunia bisnis zaman sekarang. Harus ada sisi unik dan karakter tersendiri.

3.                 Ikuti Webinar atau Seminar Bisnis

Anda bisa mulaibelajar bisnis dagangdengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada saat ini. Ikutilah webinar atau seminar bisnis yang saat ini banyak diadakan. Dari sana Anda bisa mendapatkan ilmu-ilmu menarik tentang proses pengembangan bisnis. Perlu diingat bahwa bisnis tidak hanya butuh modal uang tapi juga modal ilmu.

Jika Anda sudah mulai menjalankan bisnis perlahan-lahan, maka tetap tak ada salahnya untuk belajar. Ini akan menjadi cara yang efektif untuk mencari tahu apakah strategi bisnis Anda sudah tepat atau belum. Terbukalah pada setiap kesalahan dan ilmu-ilmu baru agar semakin mahir mengembangkan bisnis.

4.                  Buat Perhitungan Modal

Tak bisa dipungkiri bahwa modal uang memang sangat penting dalam proses berbisnis. Saat Anda mulai belajar bisnis dari nol maka jangan melewatkan tahap belajar menghitung modal. Persiapkan modal Anda sebaik mungkin dan catat dari mana saja sumbernya. Setelah itu tuliskan berapa banyak modal yang dimiliki untuk memulai bisnis.

Bagaimana jika modal masih sangat terbatas? Solusi termudahnya adalah dengan menjalankan jenis bisnis modal ringan. Selain itu bisnis online juga bisa jadi pilihan apabila modalnya sangat terbatas. Apalagi sekarang ada sistem bisnis dropship dan reseller yang mempermudah pelaku bisnis untuk berjualan dengan modal ringan.

5.                  Tentukan Strategi Marketing

Selanjutnya, silakan mulai menentukan strategi marketing seperti apa yang akan dijalankan. Ini juga menjadi bagian penting dalam proses berbisnis. Bisnis Anda bisa berkembang pesat dengan penerapan strategi marketing yang benar. Apalagi di tengah persaingan bisnis yang ketat seperti sekarang, strategi marketing yang efektif akan sangat membantu Anda untuk berkembang.

Setelah membuat rencana produk dan menghasilkan produk tersebut maka segera bersiaplah untuk melakukan pemasaran. Digital marketing bisa jadi pilihan yang tepat karena saat ini media digital memegang peran yang sangat besar di tengah masyarakat. Jika Anda menerapkan strategi digital marketing, maka peluang untuk menjangkau target konsumen juga pasti lebih besar.

6.                  Jalankan Bisnis secara Online

Di tengah era modern seperti sekarang ini, menjalankan bisnis secara online menjadi pilihan yang sangat tepat. Masyarakat saat ini lebih banyak berbelanja secara online. Online shop menjadi tren di tengah masyarakat dan hal ini bisa jadi peluang bagi Anda untuk meraup banyak keuntungan. Referensi untuk belajar cara memulai bisnis online dari nol juga sangat mudah untuk ditemui saat ini.

Media untuk berjualan online kini juga semakin lengkap. Tidak hanya lewat media sosial tapi juga bisa melalui e-commerce. Jika Anda memanfaatkan media online, maka jangkauan konsumen jauh lebih luas. Artinya, nilai keuntungan yang bisa didapatkan juga akan lebih besar karena angka penjualan lebih tinggi.

Mulai Bisnis Sekarang Juga di Blibli!

Anda bisa memulai sekarang juga untuk mendapatkan untung memuaskan dari dunia bisnis. Bisnis online kini bisa dijalankan lebih mudah berkat adanya banyak platform e-commerce dan salah satu yang terbaik adalah Blibli. Melalui Blibli, Anda bisa menjalankan bisnis online dengan peluang keuntungan yang besar. Apalagi cara daftar online shop di Blibli sangat mudah dan cepat.

Melalui Blibli Anda bisa menjual beragam jenis produk. Jangkauan pasar juga bisa lebih luas jika Anda membuka toko online di Blibli. Menariknya lagi, Blibli sudah banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia yang ingin berbelanja online. Jadi bisa dikatakan bahwa toko online di Blibli akan menawarkan penjualan yang cukup menguntungkan.

Tak mudah memang belajar bisnis dari nol tanpa pengalaman sama sekali. Namun jika dimulai dengan niat yang kuat dan kemauan, maka impian bisnis Anda pasti bisa terwujud. Tetaplah konsisten dan kelola bisnis dengan ketekunan agar Anda bisa mengembangkannya lebih besar lagi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img