Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,– Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Payakumbuh, Ryan Abdullah Putra terus mematangkan pelayanan bagi pasien Program Rujuk Balik (PRB) diwilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh meliputi, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh.

Terlihat Senin 2 Juli 2018, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Payakumbuh, Ryan Abdullah Putra melakukan pertemuan dengan Apotik PRB se-Kantor Cabang Payakumbuh dalam rangka optimalisasi PRB. Melalui pertemuan itu berbagai permasalahan bisa diatasi dan dicarikan solusinya, seperti ketersediaan obat di Apotik PRB.

Tampil sebagai nara sumber pada pertemuan BPJS Kesehatan dengan Apotik PRB yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, Asmarani, Apoteker Apotik Bersama Farma dimana Apotik tersebut sudah memiliki ID e-Purchasing sehingga bisa lansung memesan obat berdasarkan e-Catalog seperti Provider milik Pemerintah.

Apoteker, Asmarini membagikan informasi bagaimana proses untuk pemesanan obat berdasarkan e-catalog melalui website e-monev serta langkah-langkah mendapatkan ID e-purchasing Apotek PRB lainnya yang langsung dipraktikkan memakai laptop.

Pada pertemuan tersebut diminta komitmen Apotek untuk berkoordinasi dengan FKTP dalam penyediaan obat PRB terutama FKTP di kabupaten yang letaknya jauh dari apotek PRB untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan obat.

BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh pada kesempatan itu juga menyampaikan Rencana Pembaruan konsep pelayanan PRB yaitu PRB berbasis Medication Therapy Management.

Dimana dengan MTM ini dapat mengoptimalkan peran Farmasi dalam program PRB dengan memantau kepatuhan peserta dalam mengkonsumsi obat secara tepat dan benar serta memantau outcome pengobatan secara komprehensif.

“Penatalaksanaan terapi medikamentosa yang komprehensif dengan MTM ini melibatkan multiprofesi yaitu Dokter Spesialis/Sub Spesialis, Dokter / Tenaga Kesehatan lain di FKTP dan Apoteker dengan tujuan “Pengobatan yang berkualitas, efektif dan tepat guna bagi peserta PRB,” begitu disampaikan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Payakumbuh, Ryan Abdullah Putra.

“Melalui MTM bisa meningkatkan pelayanan bagi pasien PRB. Mengingat, dengan ketersediaan obat di Apotik PRB tentu masyarakat pengguna JKN yang berobat bisa mendapatkan kemudahan pelayanan didaerah terdekat dari tempat tinggalnya” tambahnya. (*)

loading...