26 C
Padang
Jumat, April 12, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Wisata Kuliner Di Pasar Pabukoan Limbukan
W

- Advertisement -

Payakumbuh-Beritasumbar.com-Pasar Pabukoan Limbukan cukup dikenal di Kota Payakumbuh, berada dihalaman Kantor KAN Kanagarian Limbukan Kota Payakumbuh.

Pasar pabukoan Limbukan telah ada sejak tahun 2000-an diinisiatif oleh pemuda Limbukan yang dulunya hanya ada beberapa orang pedagang saja, sekarang sudah diisi lebih dari 80-an pedagang, para pedagang yang berjualan disini tidak hanya dari warga sekitar tapi sudah banyak dari luar Limbukan.

Beraneka kuliner tradisional dijajakan di tempat ini, gulai cipuik, gulai jariang, gulai bungo jua, gulai kincuang, karabu baluik, karabu maco, pucuak ubi, asam padeh, pongek cubadak, dan bermacam lainnya yang menggunggah selera.Tidak lupa aneka minuman dingin dengan berbagai cara penyajiannya, Lamang Tapai adalah penganan yang paling dicari karena hanya ada pada saat bulan Ramadhan saja.

 

 

Pesatnya perkembangan pasar Pabukoan ini tidak terlepas dari dukungan KAN dan Pemuda Limbukan, dibuktikan telah dibangunnya tenda serba guna dengan pinjaman dana dari KAN Limbukan.

Ketua KAN Kenagarian Limbukan YB Dt Paduko Tuan mengatakan penyelenggaraan Pasar Pabukoan seperti yang ada di Kelurahan Limbukan mampu menggerakan perekonomian warga Limbukan selama bulan Ramadhan.

“Selain menjadi ajang ngabuburit warga setempat, sebetulnya event-event yang sengaja diciptakan selama Ramadhan termasuk Pasar Pabukoan ini mampu memberikan dampak ekonomi bukan hanya bagi pedagang tapi juga bagi para tukang parkir,” ujar Ketua KAN ini.

Menurut ketua panitia Raffy (20), “Pasar Pabukoan Ramadhan di Kelurahan Limbukan tidak sekadar sebagai wahana untuk jual beli makanan saja, Kegiatan itu juga bertujuan untuk menyemarakkan suasana Bulan Suci Ramadhan, kita juga mengadakan buka puasa bersama di tempat ini bersama para pedagang dan masyarakat nantinya, sebagai ajang silahturrahmi biasanya di akhir-akhir Ramadhan sekalian kita menjamu para perantau,” Imbuh Dt Paduko Tuan.

“Kita juga berharap kepada Pejabat Pemerintah Kota Payakumbuh agar menyempatkan diri untuk menyambangi Pasar Pabukoan Limbukan”. Pungkasnya. (John.a)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img