25 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Wawako, Sekdako dan DANDIM Panen Demplot Ar-Rahman
W

Kategori -

Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar gandeng Sekdako H. Benni Warlis,  Dandim 0306/50 Kota Letkol. Inf. Trisno Widodo, Asisten I Yoherman dan Kadis Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Iqbal Bermawi, turun ke sawah. Para petinggi kota itu,  melakukan panen padi milik Keltan Arrahman Kelurahan Talang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Selasa (28/1).

Panen padi bersama Camat Payakumbuh Barat Nurdal, Pengurus DPC  PPNSI (Perhimpunan Petani Nelayan Sejahtera Indonesia)  Irza,   serta puluhan PPL itu, ingin memperlihatkan hasil produksi yang dilakukan Keltan Arrahman, setelah memakai pupuk organik Nutrimas. Setelah dilakukan ubinan, tercatat peningkatan produksi yang lumayan memuaskan. Dari sebelumnya 5,5 ton  per hektar, naik menjadi 7,6  per hektar.

Tekhnologi pertanian seperti itu, kata Wawako Suwandel Muchtar, seyogianya  dikembangkan  kelompok tani lainnya di Payakumbuh, dalam rangka peningkatan produksi hasil pertanian ke depan.  Demplot dengan pemakaian nutrimas, jika lebih baik, tidak ada salahnya dikembangkan oleh keltan lainnya.

Walau begitu, seperti ditekankan Sekdako Benni Warlis, yang juga punya disiplin ilmu pertanian,   sentuhan pola tanam dengan memakai nutrimas,   benar-benar dilakukan melalui pengkajian yang komperehensif. Termasuk kajian usaha tani.  Sehingga,  petugas penyuluhah pertanian di lapangan, mampu menjelaskannya kepada petani secara detail.

Menurut Wawako Suwandel dan Sekdako Benni,  demplot yang dilakukan keltan sebuah usaha yang pantas diparesias Pemko. Karena itu, setiap keltan didorong melakukan inovasi-inovasi dalam memacu peningkatan produksi padi di kota ini.

Malahan Walikota  Payakumbuh Riza Falepi, dalam setiap keempatan bersama petani,  berharap, jika seluruh petani memanfaatkan tekhnologi pertanian secara tepat dan benar, target hasil 10 ton per hektar, akan bisa diwujudkan.

“Saya optimis, jika seluruh petani benar-benar memanfaatkan tekhnologi secara tepat dan benar, kemudian mampu menekan  kehilangan produksi, bukan tidak mungkin target 10 ton per hektar akan dapat dicapai,” ucap Walikota sebelumnya.

Kadis Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Iqbal Bermawi, didampingi Kepala BPP Payakumbuh Barat, Yosefrizal,  mengatakan, pihaknya bersama PPL tak henti-hentinya mendorong petani untuk mengembangkan usaha taninya dengan baik. Pihaknya, juga tidak akan memaksa petani menggunakan sebuah merek dagang, untuk meningkatkan produksi.  Terpenting, petani punya semangat meningkatkan produksi dan mampu mengkaji usaha tani secara akurat, dalam rangka peningkatan pendapatan, kata Iqbal.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"
- Advertisement -

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).
- Advertisement -

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.

Promosikan Wisata Di Kota Tambang, Rezka Oktoberia Gelar Sepeda Sehat Explore Sawahlunto

Ikut promosikan wisata sehat di kota Sawahlunto, Rezka Oktoberia Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Sumbar bekerja sama dengan Rebana Foundation menggelar event Sepeda Sehat Explore Wisata Sawahlunto pada Minggu (24/01/2021) pagi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -