29.2 C
Padang
Monday, October 26, 2020

KEMENSOS RI Sigi Permasalahan Sosial Payakumbuh

Berbagai permasalahan sosial di Kota Payakumbuh, dipetakan  Tim Penyuluhan Sosial Kementerian Sosial  RI.  Kegiatan pra kondisi permasalahan sosial itu,  dalam rangka kegiatan Ekspedisi Kemanusiaan Kelompok Marjinal (EKKM) 2014. Sesuai jadwal rombongan EKKM  akan tiba di kota ini, Kamis (30/1). Sebelum EKKM sampai, tim penyuluhan sudah mendapatkan input tentang permasalahan sosial di kota ini. Tim penyuluhan  juga sudah memahami tingkat partisipasi aktif warga kota, dalam  mengantisipasi  segala permasalahan  sosial di Payakumbuh.

 

Selama di Payakumbuh, 27-28 Januari 2014, Tim Penyuluhan Kementerian Sosial dipimpin Lusia Mangiwa, S.Sos, M.Si, dengan anggota  masing-masing Sayutiningsih, Supriatna Hendrayatna, Ruspandi, Wisnu, itu  mengambil  sample penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS)  pada sejumlah kelurahan di Payakumbuh.

 

Kemudian, juga memberikan penyuluhan dalam acara pelatihan kepada 30-an pemuka masyarakat,  meliputi tokoh adat, bundo kanduang, tokoh agama, karang taruna dan pekerja sosial masyarakat serta cerdik pandai, dalan acara di aula Kantor Camat Payakumbuh Timur, Selasa (28/1). Pelatihan  juga bertujuan  menumbuhkan kembali rasa sosial dan solidaritas yang ada di tengah masyarakat. Peserta diharapkan, bergairah menjadi tenaga penyuluh sosial.

Dua hari di Payakumbuh, tim  didampingi  Drs. Muchtar Lutfi Hasan dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat dan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Drs. Yummardius serta Kabid Sosial Idris, sempat  melakukan kopi bareng dengan sejumlah tokoh masyarakat. Data yang diperoleh, akan dibahas di tingkat kementerian, untuk selanjutnya  akan dipertajam,  guna menyusun program permasalahan sosial  di Payakumbuh secara khusus dan di tingkat nasional secara luas.

Menurut Lusia Mangiwa,  ketika tim penyuluhan datang ke tengah masyarakat, serta bertatap muka dengan tokoh masyarakat, tim menilai, semangat kegotongroyongan atau kebersamaan warga di Payakumbuh, terbilang cukup tinggi. Makanya, penanganan segala permasalahan sosial di kota ini, akan lebih cepat terwujud dari  provinsi lainnya.

“Tinggal lagi, bagaimana ke depan, Pemko memberdayakan seluruh  elemen masyarakat, agar berperan aktif bersama pemerintah,  menekan segala bentuk permasalahan sosial, seperti mengurangi angka kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, ketunaan sosial, kebencanaan, eksploitasi dan diskriminasi,” tegasnya.

Sementara, kegiatan Ekspedisi Kemanusiaan Kemensos di Payakumbuh, direncanakan  berlangsung, Kamis (30/1). Tapi, bisa saja bergeser beberapa hari, karena  faktor cuaca yang masih ekstrim. EKKM  bergerak dari Aceh sampai ke Nusa Tenggara Timur,  melewati  beberapa kota/kabupaten di Sumut, Riau, Jambi, Sumsel dan Lampung. Dari tanah Jawa, tim akan melanjutkan perjalanannya ke Bali dan berakhir di NTT.

Di Payakumbuh, EKKM melibatkan pejabat eselon I Kemensos,  akan memberikan bantuan, di antaranya,  dana perbaikan rumah tidak layak huni Lansia miskin, sebanyak 20 unit rumah, paket barang sandang senilai Rp100 ribu untuk 100 Lansia, serta bantuan pembuatan kaki/tangan palsu buat 15 penyandang cacat.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Alzam Deri : Ashelfine-Sarikal Dengan Rasa Satu Langkah Menuju Kemenangan Pilkada 2020

Bermodalkan Asa dan Rasa untuk perubahan Sijunjung, mereka bekerja sebagai relawan yang benar-benar sukarela, dan itu sangatlah berat. Tidak semua Paslon bisa...

Tanyakan Kinerja DPRD, Aliansi Mahasiswa Tanah Datar Gelar Unjuk Rasa

Tanah Datar,- Aliansi Mahasiswa Tanah Datar kembali lakukan aksi masa ke DPRD setempat. Lain halnya dengan aksi unjuk rasa tolak omnibuslaw lalu,...

Weekend, 9 WARGA PAYAKUMBUH POSITIF CORONA, Sembuh 5 Orang

Payakumbuh --- Libur akhir pekan atau weekend, Sabtu dan Minggu (24-25/10), kasus positif covid-19, di Kota Payakumbuh masih terjadi. Selama dua hari...

Prima dan Tesi Lolos Seleksi MC MTQ Nasional ke 28

Limapuluh Kota,- Untuk suksesnya suatu acara yang bersifat publik tentu butuh MC yang profesional dan mahir membawakan acara. Begitu juga halnya dengan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -