25 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Wawako Buka Sosialisasi Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup Berbasis Jasa Ekosistem bagi OPD Se Kota Payakumbuh
W

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Payakumbuh bekerjasama dengan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia mengadakan Kegiatan Sosialisasi Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup Berbasis Jasa Ekosistem bagi Organisasi Perangkat Daerah se Kota Payakumbuh. Kegiatan berlangsung di Aula Lantai III, Balaikota Bukik Sibaluik pada Kamis (29/3).
Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz didampingi Kepala Dinas LH, Jhon Kenedi. Hadir selaku Narasumber, Kepala P3E Sumatera, Drs.Amral Fery, M.Si, serta diikuti oleh pimpinan 16 OPD se Kota Payakumbuh.
“Sosialisasi kali ini hanya melibatkan 16 OPD se Kota Payakumbuh, dimana OPD ini nantinya akan terlibat dalam menyusun rencana daya dukung daya tampung lingkungan hidup berbasis jasa ekosistem di Kota Payakumbuh,” ujar John Kenedi dalam laporannya.
Dikatakan, saat ini Kota Payakumbuh telah menyelesaikan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).sesuai dengan amanat  UU No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
“Sesuai dengan undang-undang 32/2009, pemerintah dan pemerintah daerah wajib membuat KLHS untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana dan/atau program,” jelas John Kenedi.
Sementara Wakil Walikota Payakumbuh dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa Lingkungan Hidup merupakan suatu hal yang sangat penting dan perlu ditempatkan sebagai prioritas urusan pemerintah daerah.
“Lingkungan hidup itu sangat strategis dan prioritas utama. Tanpa mengecilkan dinas lain, jika hanya ada lima kedinasan di Kota Payakumbuh, maka Dinas Lingkungan Hidup masuk salah satunya, sedemikian pentingnya posisi LH ini,” ujar Wakil Walikota Erwin Yunaz.
Dikatakan, pihaknya meminta agar Kota Payakumbuh dapat memiliki cetak biru (blue print) yang jelas untuk sebuah penataan lingkungan. Blue print itu harus terimplementasi secara nyata ditengah-tengah masyarakat.
“Kota Payakumbuh layak dijual (dipromosikan-red) dengan prediket Kota Sehat, Kota Adipura, dan lain-lain. Mari betul-betul diwujudkan dalam arti yang sesungguhnya, sebab orang bisa lihat dan pantau keadaan kota kita melalui teknologi hari ini, seperti apa sih kota sehatnya Payakumbuh itu,” ujar Wawako Erwin mengingatkan.
Ditambahkan, berbagai prediket tersebut harus hadir dalam arti yang sebenarnya ditengah-tengah masyarakat, sehingga Kota Payakumbuh dapat menjadi contoh dan rujukan bagi kota lain di Indonesia.
“Salah satu ciri kota sehat itu adalah keteraturan, seperti kawasan pedestrian yang layak bagi pejalan kaki, jumlah kendaraan bermotor yang berimbang luas jalan, adanya kawasan hutan kota dengan udara yang segar, serta masih banyak indikator lain yang perlu kita wujudkan,” jelas Erwin.
Wawako berharap, dengan adanya sosialisasi daya dukung daya tampung lingkungan hidup ini, penataan lingkungan hidup di Kota Payakumbuh akan semakin baik.
“Kita ingin kawasan hijau yang sudah dimiliki secara kuantitas tidak berubah mengacu kepada Perda RT/RW. Jika persentasenya bisa dijaga bahkan diperhijau, maka Payakumbuh betul-betul bisa menjadi Kota Sehat yang sesungguhnya,” pungkas Wawako Erwin.(*/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.
- Advertisement -

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.
- Advertisement -

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).
- Advertisement -