26.2 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Warga Rimbo Canduang Pasaman Barat Bangun Jalan Tani
W

Kategori -

Simpang Ampek – Masyarakat Jorong Rimbo Canduang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), membangun jalan usaha tani untuk melepaskan keterisoliran daerah itu.

“Pembangunan jalan usaha tani tersebut dilakukan dengan memanfaatkan dana Alokasi Dana Nagari (ADN) tahun anggaran 2015,”kata Kepala Jorong Rimbo Canduang, Safri Y di Simpang Ampek, Senin.

Ia mengatakan jalan usaha tani yang dibangun itu sepanjang 1.050 meter yang menghubungkan perkampungan dengan areal perkebunan warga.

Ia menyebutkan 1.050 meter pembukaan jalan usaha tani itu merupakan pembukaan lahan baru dan sebagian?pekerjaannya rabat beton dan pengerasan.

Saat ini pekerjaannya sedang berlangsung.Diperkirakan dalam bulan ini semua item pekerjaan akan selesai sebagai mana yang diharapkan.

Menurutnya kendala utama dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan ruas jalan itu adalah cuaca yang kurang mendukung. Terutama diawal mulainya pekerjaan yang hujan turun hampir tiap hari.

Selain itu, juga dilakukan pembangunan satu unit MCK dengan menggunakan anggaran dana?desa (ADD) tahun 2015.

Wali Nagari (kepala desa) Lingkuang Aua, Rosdi mengatakan selain di Jorong Rimbo Canduang juga ada beberapa kejorongan lain yang mendapat kucuran dana ADN dan ADD tahun 2015 ini.

Diantaranya Jorong Jambak, Pasaman Baru, Jorong Rimbo Binuang dan Tanjuang Pangka Kecamatan Pasaman.

Ia menghararapkan dalam pelaksanaan pekerjaan diharapkan agar pelaksana selalu mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

Sebab apa yang dibangun adalah milik masyarakat. Pelaksanaannya dilakukan oleh masyarakat dan nantinya dipergunakan untuk masyarat juga.

“Saya tegaskan laksanakan pekerjaan sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan bermain-main karena ini adalah untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan dengan terbuka dan siapnya ruas jalan tersebut tentunya akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. (Ant/Oleh Altas Maulana)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam

Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan Pembentukan Kampung Dan Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti hasil rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, Pemko Payakumbuh menggelar rapat persiapan pembentukan kampung tangguh dan program sekolah tangguh yang bertempat di Ruang Randang Kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat(8/1/2021).

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.

LIMAPIA Gelar Diskusi Dan Bedah film Bersama HMI, XTC Dan Institut Petarung

Sabtu (9/1) Malam Minggu lingkaran mahasiswa Piaman (LIMAPIA) mengadakan diskusi dan bedah film bersama Kawan-kawan HMI, XTC, Institut petarung untuk mengembalikan budaya literasi di kalangan pemuda dan mahasiswa agar generasi penerus bangsa (Iron Box).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...

Dinkes Payakumbuh Kirim Data Petugas Kesehatan Yang Akan Divaksin

Payakumbuh, beritasumbar.com -Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat telah mengirimkan nama-nama petugas kesehatan ke pemerintah pusat untuk nantinya dilakukan vaksin COVID-19. "Seluruh petugas...
- Advertisement -